Berbagai Manfaat Merayakan Ulang Tahun Sang Buah Hati

Waktu pelaksanaannya, tidak sedikit keluarga tertentu yang memiliki rezeki yang melimpah, mereka mengadakan syukuran ulang tahun anak secara mewah. Bahkan sebagian orang berkecukupan menyelenggarakannya di restauran, pusat hiburan, café, hotel dan lain-lain. Ada pula yang menyelenggarakan pesta anaknya di tempat-tempat sosial seperti tempat anak cacat, panti asuhan dan di tempat penampungan anak-anak di jalanan.

Tak jarang, keluarga yang hanya mengadakan perayaan ulang tahun anaknya dengan susunan acara ulang tahun kreatif dan berkesan di rumah sendiri atau di tempat khusus Mereka makan bersama-sama anggota keluarga atau hanya mengundang keluarga besar saja. Kemudian di akhir acara melakukan narsis ria satu keluarga besar. Tapi ada pun keluarga yang memang tidak pernah memperingati ulang tahun anaknya. Karena acara itu dianggap buang-buang waktu. Bisa juga karena ada urusan lain, sehingga tidak bisa menyelenggarakan seperti itu.

Sejujurnya, mau dirayakan atau pun tidak, ulang tahun si anak, penyelenggaraannya tergantung masing-masing orangtua dan itu merupakan haknya. Perayaan ulang tahun selama tidak berlebihan tetap mempunyai arti dan berguna. Terutama berkaitan dengan dasar diri anak yang baik. Anak diperhatikan oleh orangtuanya. Buktinya, setiap hari kelahirannya selalu diapresiasi, diingat dan dihargai. Anak akan merasa bahagia karena eksistensinya telah diapresiasi oleh orangtuanya.

Dia juga merasa bukan anak yang dibiarkan melainkan dimengerti. Namun, wujud apresiasi ini pun tidak dilihat dari mewahnya pesta dan besarnya uang yang sudah didikeluarkan orangtua. Anak yang tidak pernah dirayakan ulang tahunnya, tidak berarti pula memiliki dampak pada konsep diri negatif. Meski bisa saja ada anak yang ‘membatin’, tapi dia sanggup belajar menerima kondisi. Hal ini akan memperbaiki kualitas dirinya lebih positif.

Nantinya Kelak ia akan berkembang menjadi anak yang lebih tabah terhadap suatu kondisi yang tidak menyenangkan. Sebagian Besar justru anak-anak dari keluarga yang seperti ini menjadi lebih tahan banting. Jika ulang tahunnya dirayakan dia akan senang dan jika tak menjadi persoalan dan mereka tidak terpuruk. Berbeda dengan anak yang banyak berada di zona nyaman atau selalu tidak pernah kesusahan. Begitu ada satu atau beberapa keinginan yang tidak langsung terwujud anak menjadi mudah menyerah, lebih rentan, mudah depresi dan lain lain.

Perlu diperhatikan juga, perayaan ulang tahun hanyalah acara pelengkap. Artinya, hal yang sesungguhnya paling utama adalah bagaimana komunikasi orangtua dan anak sepanjang tahunnya, dari momen pesta memperingati tersebut hingga momen ulang tahun berikutnya. Tidak akan banyak berarti ulang tahun tersebut bila selama setahun orangtua miskin interaksi dengan anak. Mungkin waktu ulang tahun orangtua dan anak ada interaksi, tapi setelahnya tidak ada lagi komunikasi yang terjadi, misalnya karena orangtua tidak bersama dan tinggal di tempat yang berbeda.

Sehingga nilai ulang tahunnya hanya seremonial. Padahal yang perlu digarisbawahi justru bagaimana penghayatan yang dirasakannya sebagai seorang anak. Apakah ia diperhatikan, didukung dan dicintai. Jadi harus terjalin komunikasi yang sifatnya resiprokal (dua arah) sepanjang tahun. Jadi, pentingkah pesta ulang tahun untuk anak? Semuanya tergantung kepada orangtua.

Manfaat Ulang Tahun bagi Anak

Tidak ada salahnya untuk tahu apa itu kegunaan merayakan ulang tahun bagi anak. Bisa sebagai pertimbangan atau inspirasi dalam mengambil keputusan mau dibuat perayaan atau tidak. Karena memang acara ulang tahun bukan sesuatu yang wajib dirayakan. Berikut Manfaat Ulang Tahun:

1. Bertemu Dengan Saudara
Pesta ulang tahun anak dapat mendekatkan kita dengan keluarga dan saudara. Dengan memeriahkan ulang tahun anak, kita mampu berkumpul, bercengkrama, bertemu dengan saudara dan keluarga dekat. Kesibukan yang padat baik pekerjaan ataupun urusan lain kadang menjadi halangan bagi kita dapat bertemu keluarga dan saudara dekat, tetapi faktanya ulang tahun anak bisa menjadi momen yang tepat untuk berkumpul dengan saudara & keluarga! asik!

2. Anak Belajar untuk Bersosialisasi
Anak bisa belajar untuk bersosialisasi melalui kegiatan makan bersama, bernyanyi, bermain dengan keluarga dan teman-teman semua. Dari semua kegiatan yang dijalankan waktu perayaan ulang tahunnya, anak dapat belajar bahwa bersosialisasi merupakan hal yang menyenangkan.

3. Mengajarkan Anak untuk Berbagi
Dengan merayakan ulang tahunnya, anak belajar untuk merasakan keindahan dari aktivitas berbagi dengan orang lain, contohnya saudaranya dan teman-temannya.

4. Mengajarkan Pentingnya Bertanggung Jawab
Pada usia sekecil mungkin, anak harus mulai belajar tentang tanggung jawab. Mengajarkan tanggung jawab bisa dilakukan dengan beberapa aktivitas, salah satunya yaitu merayakan ulang tahun. Ketika anak telah menginginkan pesta ulang tahunnya sendiri, dan meminta tema-tema yang lucu, disinilah anda bisa memulai pembelajaran tanggung jawab itu. Biarkan si anak terlibat dalam pemilihan dekorasi, baju yang digunakan, tempat. Mereka akan belajar tanggung jawab dengan sendiri.

5. Mengedukasi Anak untuk Dapat Menghargai
Lewat perayaan ulang tahun, anak bisa diajarkan untuk menghargai hasil jerih payah orang tua, dan menghargai perayaan ulang tahun yang telah dibuat oleh orang tuanya.

6. Memberikan Kenangan Indah untuk Anak
Merayakan ulang tahun anak bisa memberi kenangan atau memori tersendiri untuk orangtua dan anak. Pernahkah kamu merayakan ulang tahun saat anak-anak? Apa yang tergiang dalam hati dan pikiran anda? Apakah anda sedang tersenyum sekarang? Jika, ya, berarti perayaan ulang tahun tersebut memiliki arti yang spesial bagi kamu, entah mengingat kalau ada teman yang lucu, ada badut yang pintar melemparkan tebak-tebakannya, dan sebagainya.

Nah itulah 6 kegunaan merayakan ulang tahun anak kita.