Sign in

25°63 · Dalam desain grafis dan budaya visual. Tulisan lain bisa dibaca di blog.masinomaman.com
Ilustrasi Qabil memakamkan Habil dalam sebuah manuskrip Islam via Wikimedia Commons

Agama-agama samawi mengenal kisah Habil/Habel/Abel dan saudaranya Qabil/Kain/Cain. Dua anak Adam yang kemudian terlibat dalam kasus pembunuhan yang paling pertama. Kisah pembunuhannya disebutkan di dalam Al Qur’an dan juga Injil. Namun, Al Qur’an melengkapi dengan kisah tentang pemakamannya.

Sebagai insan desain, saya melihat ada sesuatu yang menarik dalam kisah pemakaman Habil oleh Qabil ini. Sesuatu yang sebenarnya cukup dekat dengan kehidupan sehari-hari, namun tak banyak yang menyadarinya: design thinking. Mari kita bahas secara lebih lanjut!

Design Thinking dalam Pemakaman Habil

Allah SWT berfirman dalam surat Al Maidah ayat 31, yang artinya,


Sampul The Vignelli Canon via dokumentasi Text Context

Tahun 2009, tepatnya pada bulan Januari Massimo Vignelli merilis versi e-book The Vignelli Canon secara gratis. Versi cetaknya terbit satu setengah tahun kemudian tepatnya pada bulan September 2010. Buku tersebut ditulis Vignelli dalam rangka membagi pengetahuan profesionalnya, juga untuk membantu para desainer muda dalam berkembang.

Di awal buku, Vignelli menyebut ada tiga aspek dalam desain yang baginya penting, salah satunya adalah aspek semantik. Semantik berasal dari bahasa Yunani semantikos. Kata dasarnya sema yang berarti tanda. Ia biasa dikaitkan dengan dua aspek lain yaitu aspek sintaksis dan aspek pragmatik. Ketiga aspek inilah yang juga disebut Vignelli di awal buku.

Membahas ketiganya…

Reno Abdurrahman

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store