NICU dan Peralatannya

Ruang NICU

NICU (Neonatal Intensive Care Unit) merupakan salah satu ruang diantara sekian banyak ruang yang ada di rumah sakit dan klinik. Fungsi ruangan tersebut yaitu untuk melakukan perawatan intensive terhadap Neonatal (Bayi baru lahir) yang mengalami beberapa permasalahan klinis atau penyakit tertentu. Umumnya hal ini dialami oleh bayi yang terlahir prematur.

NICU adalah unit khusus penanganan intensif khusus bayi bari lahir dengan berbagai macam keluhan hingga dapat bertahan hidup sedemikian rupa sehingga seperti kondisi bayi normal lainnya. Ada banyak sekali proses perawatan dan juga treatment yang dilakukan di sini. Oleh karena itu, di NICU dilengkapi dengan berbagai macam alat medis khusus. Berikut peralatan yang digunakan di ruang NICU rumah sakit.

  1. Inkubator Bayi

Secara khusus alat ini merupakan alat yang digunakan hanya untuk pasien bayi. Inkubator yang dimaksud di sini yaitu sama dengan inkubator pada kebanyakan. Yaitu berfungsi untuk inkubasi atau membesarkan (pertumbuhan) bayi yang terlahir prematur tidak bisa dilakukan di tempat pada umumnya.

Di dalam inkubator terdapat sensor dan pengatur suhu sehingga suhu ruangan bisa diseting senyaman mungkin untuk bayi. Dan masih banyak juga pengaturan yang lainnya. Harga inkubator bayi cukup mahal sehingga alat ini jarang dimiliki oleh pribadi, selain itu juga karena harus terdapat perawatan lain selain menggunakan inkubator.

2. Infant Warmer

Infant Warmer yaitu alat yang digunakan untuk memanaskan bayi. Atau lebih tepatnya untuk penghangat. Alat ini juga terdapat di dalam ruangan NICU untuk penanganan bayi lahir yang mengalami hipotermia. Yaitu satu kondisi dimana suhu tubuh bayi belum mampu menyesuaikan diri dengan suhu lingkungan. Dalam kondisi seperti ini bayi terus mengalami kedinginan, oleh karena itu sebelum bayi dipindahkan ke ruang rawat inap biasa, terlebih dahulu diterapi menggunakan alat infant warmer.

3. Alat Oksigenasi

Oksigen merupakan unsur terpenting dalam kehidupan manusia. Hal ini juga berlaku untuk bayi yang baru lahir. Untuk mereka yang mengalami gangguan pernapasan, alat oksigenasi harus tersedia karena harus diberikan secara cepat dan berkesinambungan. Alat Oksigenasi biasanya terdiri dari tabung oksiegen + regulator dan juga selang berikut masker.