Aksi Nyata Pembelajaran Berdiferensiasi — Topik 1

Maulida Agus Tiarma
2 min readOct 2, 2023

--

Photo by CDC on Unsplash

Refleksi aksi nyata:

  1. Apakah Anda puas dengan proses belajar pada topik ini? Mengapa?

Saya merasa puas dengan topik pertama pada mata kuliah pembelajaran berdiferensiasi ini karena saya dapat mengetahui perbedaan karakteristik setiap murid dan teori-teori yang mendasarinya.

2. Ide apa yang Anda dapatkan setelah belajar pada topik ini?

Ide yang saya dapatkan setelah belajar pada topik ini adalah saya akan mempelajari bagaimana caranya memenuhi kebutuhan setiap gaya belajar yang dimiliki oleh peserta didik

3. Bagaimana caranya supaya Anda dapat merealisasikannya?

Cara yang dapat saya lakukan adalah melakukan studi mandiri, pengamatan di kelas, mengikuti pelatihan / seminar tentang pemenuhan kebutuhan setiap gaya belajar

4. Apa yang melatarbelakanginya?

hal yang melatarbelakangi ide saya tersebut adalah keinginan untuk mengembangkan kemampuan diri sehingga dapat menyebut diri sendiri sebagai guru yang profesional

5. Apa tujuannya dari kegiatan tersebut?

Tujuan yang ingin dicapai adalah mampu memberikan pembelajaran yang berdiferensiasi terhadap peserta didik

6. Apa indikator keberhasilannya?

  • keterampilan peserta didik meningkat dari hard skill dan soft skill
  • peningkatan kesuksesan/kemampuan peserta didik dimulai dari titik awal sampai dengan akhir pembelajaran

7. Bagaimana langkahnya?

  • membekali diri dengan pengetahuan akan pembelajaran berdiferensiasi
  • menentukan tujuan pembelajaran dengan memperhatikan karakteristik peserta didik
  • memetakan kebutuhan belajar peserta didik
  • menetukan asesmen yang akan dilaksanakan
  • menentukan kegiatan pembelajaran yang berdiferensiasi

--

--