Season 2nd Poster Design Review.

Medio Rahmat
4 min readJul 31, 2014

(for fuck sake, i must write this. walaupun design gue juga enggak sempurna. tapi jujur saja saya kurang sreg…)

Jadi pas itu gue baru bangun dari masa berkalong ria gue…

Gue buka hape gue untuk sekedar lirik timeline as usual

Eh, banyak temen gue ternyata retweet design poster untuk Season 2nd

Gue bukalah itu poster…

Tanpa mengurangi rasa hormat gue terhadap yang buat itu Poster, sebagai Chief Design Pensi Season 1st (Fadhil lebih ngurus ke Cup soalnya :p) gue langsung melek dan mengatakan…

duh.

seriously, ini kecil banget!

Dengan tema “Push Your Limit” background udeh pas. Yak, intergalaxy for infinity and beyond…

Tapi, buat font, well, jujur saja tidak nyambung dengan tema yang sudah “intergalaxy” tersebut, plus fontnya terlalu mainstream. Harusnya toh dicucokin sama tema. Ya kalo emang future/intergalaxy gitu, harusnya fontnya yang berbau sci-fi juga.

Well untuk branding, logotext + logogram dalam ringkup ini, sebenernya ini salah gue kalau gue lupa titip pesan bahwa kalo kurang, ya tambahin. Boleh redesign, tapi jangan hilangin kesan yang udah team design buat: a international class design (jyah) for a simple venue.

Dan gue masih heran si Fadhil designnye keren abis, sampe sekarang, faaaak!

Well, buat guest star. Yang buat (mungkin) enggak liat kalo di Syarat & Ketentuan yang dikasih Provoke! ditulis line ini:

PEMENANG WAJIB MEMBUAT PENSI SESUAI POSTER YANG DIBUAT

Lah mbok toh kemaren kita ngundang guest star aja susah abis, apalagi ngundang A7X? Realistis aja…

Jadinya toh, saya buat concept art buat tema “Push Your Limit”nya Season 2nd.

Buat Typhographnya gue sedikit comot punya LabsProject ‘14 punya…

Bro, pinjem designnya yak..

Buat tata letak, gue comot dari poster Season 1st…

dan jadilah hasilnya begini…

(Karena ini cuma Concept ya gue buat seadanya…)

Karena tema “Push Your Limit” ini make latar sebuah galaxy. Pastinya font yang gue pilih yang temanya “Sci-fi” dan minimalis, enggak ngejreng banget.

Logo fontnya pake Code Bold. Karena terlihat lebih tegas dan ‘wah’ buat temanya. Kalo Tulisan Push Your Limit pake Anita Semisquare dan SEGA Presents pake Zekton Regular.

Ohiya, that glow effects make it glows like stars, yeah…

Buat logo, well jujur aja gue buntu. Font sih udah okelah. Sebenernya mau gue samain konsepnya sama logo Season 1st…

Dengan tema Seni Alam Budaya Indonesia, Fadhil nyetel logonya pake font Indonesiana Serif. Plus, di tengah huruf “O” itu logo OSIS Sapphire.

Ada pikiran mau taro rajawali-nya Griffin diatas tulisan “SON” tapi shitnya imajinasi gue agak susah buat diterapkan dan disesuaikan…

Dengan prinsip desain font untuk sebuah desain jangan kebanyakan (kalo kata pro typhography sih jangan lebih dari 3/4 gitu) ya gue manfaatin lagi Code Bold plus drop shadow…

Guest star gue pilih berdasarkan harapan gue dulu pas Season 1st…

Dan berdasarkan keegoisan gue, muahahahaha

Nah, balik ke design, untuk logo artist, biar “nempel” sama background, modifikasi dikit lah. Gue ambil contoh diatas karena logo kayak Raisa/BLP aselinya ngambil warna gelap, so kalo ditempel without a little modification ada kesan aneh aja IMHO. So, gue trace ulang logonya dan gue jadiin warna putih.

Buat MC, gaperlu lah nempel palanya Kemal Pahlevi, every teen knows Kemal Pahlevi

gobloknya, yang nulis gatau siapa doi :)))))))))

Kalo buat CP, gue bener-bener ngikutin poster Season 1st, because gue pikir no problem dan not broken. so, i don’t fix it

Untuk favicons media sosial, nah, kalo usernamenya sama, gabungin aja, lumayan hemat space. Kecuali kalo beda username baru pisah kayak Instagram plus Twitternya Season 1st…

Ya begitulah saran design dari gue…

Kalo mau ngikutin ya silahkan, kalo diacuhkan yo wes rapopo hahaha.

Harapan gue sih, semoga Season 2nd lebih sukses dari yang pertama.

Kalo ada kritik, saran, atau kalian mau minta bantuan toh, feel free untuk kontak saya ;)

bukan feel free yang ini tapi ya…

wtf syahrini, wtf.

--

--