Sign in

I didn’t master anything. https://nauv.al

Bukan masalah yang menjadi masalah pada CSS

Saya asumsikan kamu sudah paham CSS dan kegunaannya. Bila belum bisa baca di mana gitu, jangan di sini, di sini nggak ada soalnya.

Cara memahami suatu hal, seringkali perlu mem-breakdown kata per kata. Misal, “CSS Preprocessor”, kita harus tahu dulu “CSS” itu apa, dan “Preprocessor” itu apa.

Kita akan bahas sedikit CSS-nya dulu, CSS itu merupakan lembar gaya untuk sebuah dokumen HTML atau XML (termasuk SVG, MathML dan XHTML). Jadi, kita bisa bikin website dengan HTML aja, kan? Nah, website kita akan terlihat boring atau gak ada style-nya. Maka dari itu kita perlu menambahkan lembar gaya untuk memberikan style terhadap…


Tidak sedikit yang mengenal saya dari tulisan saya di Medium soal Mempelajari TailwindCSS dalam 30 menit. Kemudian sekitar 1 tahun berikutnya saya merilis situs TailwindCSS.id. Ya, saya membutuhkan waktu setidaknya 1 tahun untuk membuat situs tersebut.

Sebenarnya, saya bisa saja membuat situs tersebut dan merilisnya dalam waktu yang cepat. Namun, itu bukan gaya saya. Saya ingin menulis apa yang saya tahu dan apa yang bisa saya pertanggungjawabkan. Saat itu Tailwind bahkan belum rilis dalam versi stable. Jadi, saya fokuskan diri saya dulu untuk mempelajari framework ciptaan Adam Wathan tersebut.

Tidak terasa 1 tahun sudah berlalu, banyak pengalaman yang saya dapatkan…


Iya kali

Ya

Ok, saya nggak tau harus menulis apa sebagai kalimat pembuka artikel ini. Tapi, dari judulnya saja kamu pasti sudah tahu maksudnya apa, atau mungkin belom paham? Gpp.

Bootstrap

̶J̶a̶d̶i̶ ̶g̶i̶n̶i̶,̶ ̶a̶n̶d̶a̶ ̶t̶a̶u̶ ̶*̶*̶*̶?̶. Jadi gini, kamu tahu framework Bootstrap, kan? Ya, masa sih nggak tau udah 2020 begini. Framework Bootstrap termasuk ke framework UI kit, sama seperti Bulma, Spectre, Foundation atau semacamya (yang memiliki konsep serupa) — berbeda dengan Tailwind CSS. Di dalam Bootstrap terdapat banyak UI kit atau komponen UI, seperti button, card, carousel dan masih banyak lagi.

Komponen-komponen tersebut memiliki default style yang diberikan oleh developer Bootstrap atau yang…


Sebenarnya kita tidak butuh framework CSS~

Figma

Saya punya teman seorang Back-end developer; masih muda — yang pasti lebih muda dari saya — kemampuannya di bidang Back-end sangat baik, namun, tidak begitu baik di dalam CSS.

Pernah suatu waktu ia “protes” kepada saya kenapa kode CSS-nya tidak mau bekerja sesuai dengan yang ia mau. Saat itu ia sedang mencoba melampirkan sebuah foto sebagai background ke dalam sebuah elemen. Setelah mencoba berkali-kali, ia tetap gagal. Akhirnya ia mengirim potongan kode yang ia tulis kepada saya; kode yang ia tulis seperti ini:

background-image: image.jpg;

Reaksi pertama saya adalah terkejut terheran-heran. Apakah ini sintaks baru untuk memuat gambar sebagai background?


Kamu harus pake Composer!

Apa ya

Sebenarnya ini tulisan lama saya di blog lama, tapi, saya pindahin ke sini supaya lebih enak aja, sih.

Basa-basi

Sebagai programmer yang baik, mau nggak mau kita harus tau teknologi-teknologi baru yang membantu atau bahkan memudahkan kita pada saat membangun sebuah project. Seperti halnya yang satu ini yaitu Composer. Ketika mendengar kata Composer apa yang ada dipikiran kamu? Atau nggak ada sama sekali? Oke nggak apa-apa.

Composer

Sekarang kita akan membahas Composer. Sebagai seorang programmer PHP kamu harus tau alat yang satu ini, kenapa? Karena, ini sangat memudahkan kamu dalam me-manage librarylibrary yang kamu gunakan. …


Ya coba aja sendiri!

Hmmm

Galat atau error merupakan bukan hal yang asing lagi. Terkadang error yang muncul pada kode yang kita tulis sekilas tidak masuk akal, misal jumlah kode kita hanya sampai 80 namun error yang muncul menunjukkan ke baris 83. Bukan hanya itu, pada beberapa bahasa pemograman salah satunya adalah PHP memiliki tampilan error yang tidak bagus dan kurang begitu informatif.

Pada hari ini, kita akan mencoba menggunakan library bernama Whoops yang dibuat oleh @filp untuk mengganti error handler pada PHP. Kenapa harus Whoops? Ada beberapa alasan kenapa kamu harus menggunakan Whoops, diantaranya adalah:

  • Gratis dan Open source
  • Memiliki tampilan yang baik dan…


Pokoknya lebih mantep, deh!

PHP-REF

Debugging merupakan kegiatan yang tidak asing lagi dilakukan oleh programmer bahasa pemograman apapun itu. Kegiatan ini dilakukan untuk menelusuri kode, mencari kesalahan, lalu memperbaiki kesalahan tersebut, seperti untuk mengetahui informasi isi dari array, object, jenis variable dan sebagainya.

PHP tidak memiliki debugger secara bawaan, namun PHP memberikan opsi untuk menggunakan debugger pihak ketiga yang direkomendasikan. Untuk melakukan basic debugging kita dapat menggunakan fungsi yang tersedia pada PHP, yaitu var_dump dan print_r. Kedua fungsi tersebut memiliki tujuan yang sama namun ada sedikit perbedaanya.

var_dump

Fungsi ini menampilkan informasi terstruktur tentang satu atau lebih ekspresi yang menyertakan jenis dan nilainya.


Fitur Eloquent yang akan membuat hidup kamu lebih bergembira~

Didesain menggunakan Figma

Laravel memiliki banyak sekali fitur yang sangat membantu kita untuk membangun sebuah app dengan cepat, seperti facade, collection, migration, eloquent ORM, blade dan lain sebagainya.

Framework yang diciptakan oleh Taylor Otwell ini juga merupakan framework yang tidak terlalu sulit untuk dipelajari – bagi saya. Semakin kita mendalami Laravel, semakin kita tidak ingin untuk meninggalkan framework ini.

ORM & Eloquent

Oke, kali ini kita akan membahas seputar Eloquent ORM. Laravel memiliki Eloquent ORM yang memungkinkan kita berinteraksi dengan database tanpa harus menulis SQL.

ORM itu sendiri tidak terikat dengan Laravel dan Eloquent-nya; ORM juga tidak hanya ada pada Laravel. Jadi, apa itu ORM? ORM…


Abstraksi logic untuk kehidupan yang lebih baik~

maaf typo h3h3

Saya tidak akan membahas sejarah peradaban ataupun menulis teori yang sangat panjang untuk service layer ini — kamu bisa mencarinya sendiri.

Service Layer merupakan sebuah design pattern yang intinya memisahkan logic, agar logic tersebut dapat digunakan lagi tanpa kita menulis ulang logic yang sama. Bila masih bingung dengan definisi tadi, tidak apa-apa.

Bila sudah membicarakan design pattern, berarti kita bukan berbicara satu bahasa pemrograman saja — kita berbicara soal software engineering. Karena design pattern merupakan sebuah solusi umum pada design software. Jadi, cara implementasi design pattern pastinya berbeda-beda dan bergantung pada bahasa pemrograman yang digunakan.

Segitu aja mukadimahnya, ya. Supaya…


Jangan membuat pengunjung web menunggu terlalu lama

JavaScript merupakan bahasa yang paling banyak digunakan selama 6 tahun berturut-turut hingga 2018 menurut StackOverflow Development Survey. Pada tulisan ini saya asumsikan kamu sudah paham dengan asynchronous, HTTP, client/server dan tentunya JavaScript object.

Mukadimah

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah protokol yang di gunakan World Wide Web (WWW) untuk mengirim data antar 2 sistem, yang selanjutnya disebut Client & Server, HTTP Client itu bentuknya beragam, bisa Browser, Headless Browser, cURL dan lainya, untuk HTTP Server juga beragam, dan ditulis di berbagai bahasa pemrograman atau web server, misalnya PHP, GoLang, NGINX, APACHE, NodeJS HTTP Server, dan banyak lagi.

XHR atau XMLHttpRequest merupakan browser…

Nauval

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store