Freeport Tahun Ini Untung Rp 21 Triliun, Jatah Pemerintah Berapa?

Berapa Keuntungan Yang Diperoleh Pemerintah dari Freeport? | PT Rifan Financindo Berjangka

Diketahui, Freeport belum lama ini kembali mendapatkan izin ekspor konsentrat dari Kementerian ESDM. Perusahaan tersebug diperbolehkan menjual hasil tambanganya ke luar negeri hingga 11 Januari 2017.

Bisnis pertambangan PT Freeport Indonesia ditaksir menerima keuntungan hingga USD 1,6 miliar atau sekitar Rp 21 triliun pada 2016. Sementara keuntungan yang diperoleh pemerintah dari kontrak karya tersebut adalah sekitar USD 719 juta atau sekira Rp 9,43 triliun.

Epi mengatakan, untuk taksiran cadangan Sumber Daya Alam (SDA) di Bumi Papua itu masih ada sekitar 1,46 miliar ton. Rinciannya, cadangan SDA yang terdiri atas tembaga, emas, dan perak adalah 804,2 juta ton. Dimana satu persen dari jumlah itu adalah emas.

“Sedangkan SDA terukur adalah seberat 472 juta ton. Dari jumlah itu, ada 0,6 gram/ton emas yang bisa diambil,” jelas Epi.

“Dari Rencana Kerja Anggaran dan Biaya (RKAB) Freeport 2016, laba bersih yang didapat 1,6 miliar Dollar AS. Pendapatan negara sejumlah 719 juta Dollar AS,” kata Anggota Direktorat Litbang KPK, Epikartika di kantornya, Selasa (30/8).

Indonesia Bisa Dapat Untung Bersih Dari Freeport USD 1.000 | PT Rifan Financindo Berjangka

Seperti diketahui, PTFI belum lama ini kembali mendapatkan izin ekspor konsentrat dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. PTFI diperbolehkan menjual hasil tambanganya ke luar negeri hingga 11 Januari 2017.

Epi menambahkan, taksiran cadangan sumber daya alam di Papua sekitar 1,46 miliar ton. Rinciannya, cadangan SDA terbukti tembaga, emas dan perak 804,2 juta ton. Satu persennya adalah emas.

Sedangkan SDA terukur seberat 472 juta ton. “Dari jumlah itu, ada 0,6 gram perton emas yang bisa diambil,” jelas Epi.

Anggota Direktorat Litbang Komisi Pemberantasan Korupsi Epikartika mengatakan, pemerintah Indonesia ditaksir bisa mendapatkan USD 719 juta dari kegiatan pertambangan PT Freeport pada 2016 ini. Sebab, PT Freeport Indonesia tahun ini ditaksir meraup keuntungan USD 1,6 miliar.

“Dari Rencana Kerja Anggaran dan Biaya (RKAB) Freeport 2016, laba bersih yang didapat bisa mencapai USD 1,6 miliar. Pendapatan negara sejumlah USD 719 juta,” ujar Epi di kantor KPK, Selasa (30/8).

Freeport Indonesia Ditaksir Untung Rp 21 T pada 2016 | PT Rifan Financindo Berjangka

Seperti diketahui, Freeport belum lama ini kembali mendapatkan izin ekspor konsentrat dari Kementerian ESDM. Perusahaan asal Amerika Serikat ini diperbolehkan menjual hasil tambanganya ke luar negeri hingga 11 Januari 2017.

Kegiatan penambangan yang dilakukan PT Freeport Indonesia sepanjang tahun 2016 ditaksir meraup keuntungan sekitar US$ 1,6 miliar (Rp 21,3 triliun). Dari jumlah tersebut, PT Freeport Indonesia menyetor ke pemerintah sekitar US$ 719 juta (Rp 9,6 triliun).

“Dari Rencana Kerja Anggaran dan Biaya (RKAB) Freeport 2016, laba bersih yang didapat US$ 1,6 miliar. Pendapatan negara sejumlah US$ 719 juta,” kata Epakartika, anggota Direktorat Litbang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (30/8).

Dari jumlah tersebut, cadangan SDA yang terbukti tembaga, emas dan perak adalah 804,2 juta ton. Sebanyak 1 persen diantaranya atau sekitar 80 juta ton merupakan emas.

“Sedangkan SDA terukur adalah seberat 472 juta ton. Dari jumlah itu, ada 0,6 gram/ton emas yang bisa diambil,” jelas Epakartika.

Jumlah tersebut, katanya belum termasuk unsur-unsur mineral lain yang bukan tidak mungkin hanya ada di Indonesia.

Epakartika mengatakan, berdasar RKAB tahun 2016 itu, di lahan konsesi PT Freeport Indonesia di area tambang Grasberg, Papua, terdapat cadangan sumber daya alam (SDA) sekitar 1,46 miliar ton.


Originally published at mimijemari.livejournal.com.

Show your support

Clapping shows how much you appreciated Mimi Jemari’s story.