Komnas HAM Kritik Pimpinan Freeport Berlatar Belakang Militer

Mantan KSAU menjaat jadi Presdir Freeport | PT Rifan Financindo Berjangka

Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Natalius Pigai mempertanyakan penunjukan mantan Kepala Staf Angkatan Udara Chappy Hakim sebagai Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI). Natalius berpendapat seharusnya sosok yang lebih cocok menjabat posisi tersebut adalah orang yang berlatar belakang bisnis.Posisi Presiden Direktur Freeport kosong sejak ditinggalkan Maroef Sjamsoeddin pada 18 Januari 2016 kemarin. Maroef yang mundur setelah skandal rekaman yang bocor terkait permintaan saham, posisinya digantikan sementara oleh Robert Schroeder yang menjabat Director and Executive Vice President Freeport Indonesia.Chappy bukan orang baru di PT Freeport Indonesia. Sebelumnya ia telah menjadi penasihat senior Freeport Indonesia. Selain berkarir di TNI Angkatan Udara, Chappy pernah menjabat sebagai Ketua Tim Nasional Evaluasi Keselamatan dan Keamanan Transportasi. Di samping itu sebagai anggota staf ahli di Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan penasehat di Asosiasi Perindustrian.”Kenapa berlatar belakang tentara? Kenapa bukan sipil atau profesional?” kata Pigai”Mereka (militer) sudah mengurus keamanan, pertahanan, pembangunan infrastruktur di Papua, dan sekarang mereka mengurus sektor bisnis di Papua.”Pigai menyoroti penunjukkan Chappy setelah Freeport Indonesia berkonsultasi dengan pemerintah. Menurut dia, hal tersebut membuktikan bahwa pemerintah masih mengedepankan pendekatan pendekatan militer dalam menangani persoalan di Papua.Pigai juga mengkritik Presiden Joko Widodo yang mengabaikan kesempatan bagi putra dan putri asli Papua untuk menduduki jabatan Presdir Freeport Indonesia.”Sebab ada fakta-fakta yang bisa diduga bahwa operasi-operasi yang melanggar HAM yang terjadi di wilayah PTFI yang melibatkan aparat bisa diduga didukung oleh PTFI,” ujarnya.Pigai mengkhawatirkan keterlibatan militer bakal mempengaruhi penegakan HAM di Papua. Apalagi, kata dia pemerintah belum menindaklanjuti laporan soal pelanggaran HAM di Papua yang terjadi di wilayah Freeport Indonesia.”Dulu Presiden pernah meminta tiga nama orang Papua melalui Pak Luhut Binsar Pandjaitan untuk dipilih sebagai Presdir PTFI. Tapi sekarang malah menunjuk orang berlatar militer. Ini menyakiti orang Papua,” kata Pigai.Mantan KSAU Chappy Hakim ditunjuk sebagai Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, proses enunjukan masih menunggu persetujuan para pemegang saham, di antaranya pemerintah Indonesia yang memiliki saham 9,36 persen.Menurut Riza, hingga kini belum ditentukan jadwal rapat umum pemegang saham (RUPS) terkait pengangkatan Chappy.“Penunjukan tersebut telah dilakukan setelah berkonsultasi dengan Pemerintah Indonesia dan sedang dalam proses untuk memperoleh persetujuan resmi dari pemegang saham,” kata juru bicara PT Freeport Indonesia Riza Pratama.

Chappy Hakim Jadi Presdir Freeport, Ini Kata Pemerintah | PT Rifan Financindo Berjangka

Juru Bicara (Jubir) Freeport Indonesia Riza Pratama mengatakan, perusahaan melakukan penunjukan tersebut setelah adanya pembicaraan dengan pemerintah Indonesia. Selanjutnya, kata dia, pengesahan Chappy Hakim secara resmi sebagai bos baru Freeport akan dilakukan usai memperoleh persetujuan dari pemegang saham.”Pak Chappy Hakim akan ditunjuk sebagai Presiden Direktur PT Freeport Indonesia. Penunjukan tersebut telah dilakukan setelah berkonsultasi dengan Pemerintah Indonesia dan sedang dalam proses untuk memperoleh persetujuan resmi dari pemegang saham,” ujarnya kepada wartawan di Jakarta.Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi dan Kerja Sama Kementerian ESDM Sujatmiko mengatakan, pengajuan bos baru tersebut sudah sesuai dengan ketentuan. Semua perusahaan Kontrak Karya (KK) disebutkan harus mengajukan perubahan susunan dewan direksi dan komisaris kepada Kementerian ESDM.Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan, PT Freeport Indonesia (PTFI) telah resmi mengajukan nama Chappy Hakim sebagai Presiden Direktur (Presdir) perusahaan yang baru. Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) ini menggantikan Maroef Sjamsoeddin yang mengundurkan diri.”Kementerian ESDM selanjutnya mengevaluasi permohonan tersebut. Setelahnya ada pemrosesan berikutnya,” pungkas Sujatmiko.Setelah ada pengajuan direksi atau komisaris, kata dia, pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap laporan itu. Selanjutnya diproses sesuai ketentuan yang berlaku.”Pihak Freeport yang mengajukan permohonan penunjukkan direksi ke pemerintah. Sesuai ketentuan kontrak karya dan peraturan perundang-undangan, PTFI wajib mengajukan secara resmi perubahan susunan direksi atau komisaris kepada Kementerian ESDM,” ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Minggu (20/11/2016).

Freeport Butuh Kekuatan Baru, Alasan Chappy Hakim Jadi Presdir? | PT Rifan Financindo Berjangka

Kepala Pusat Kajian Energi Universitas Indonesia Iwa Garniwa mengatakan, penunjukan Chappy Hakim menjadi presiden direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) bisa saja terkait dengan posisi Freeport Indonesia yang begitu strategis bagi Amerika Serikat (AS). Untuk itu, butuh kekuatan tambahan dari pihak yang dapat mendekatkan diri dengan pemerintah.Chappy Hakim merupakan tokoh militer yang pernah menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) pada periode 2002 hingga 2005. Setelah pensiun, Chappy dikenal sebagai pengamat penerbangan.“Ini strategis, tentu perlu orang yang punya kekuatan, dan kelihatannya yang dianggap memiliki kekuatan itu dari kalangan TNI,” ujarnyaSaat ini, Chappy Hakim memang belum resmi dilantik sebagai Dirut Freeport. Namun, hingga berita ini diturunkan, Chappy Hakim belum merespons saat dikonfirmasi oleh Okezone mengenai ditunjuknya dirinya sebagai Dirut Freeport.Namun, lanjutnya, perlu dilihat lebih lanjut sepak terjang dari Chappy. Diharapkan, penunjukkan Chappy ini juga berdampak positif pada Indonesia.Sekadar informasi, belum lama ini beredar surat Interoffice Memorandum dari President and Chief Executive Officer Freeport McMoran Richard C Adkerson dan ditujukan kepada PT Freeport Indonesia (PTFI). Dalam Interoffice Memorandum tersebut, diumumkan bahwa Chappy Hakim akan ditunjuk sebagai Presiden Direktur (Presdir) PTFI.“Freeport itu kita harap kontribusi dan keuntungannya pada Indonesia. Tapi nanti kita tunggu saja,” tutupnya.

“Dengan gembira saya mengumumkan bahwa Chappy Hakim akan ditunjuk sebagai Presiden Direktur PT Freeport Indonesia. Penunjukkan tersebut telah dilakukan setelah konsultasi dengan pemerintah Indonesia dan sedang dalam proses untuk memperoleh persetujuan resmi dari pemegang saham,” tulis Richard, seperti terungkap dalam surat Interoffice Memorandum.

Tags: pt rifan financindo berjangka


Originally published at mimijemari.livejournal.com.