Microsoft Besut Feature Phone Nokia 216, Sekedar Nostalgia kah?

Microsoft Meliris Nokia 216 | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Medan

Microsoft baru saja mengumumkan feature phone dasar baru dengan brand Nokia, yaitu Nokia 216. Ponsel ini juga tersedia dalam model dual-SIM. Tanpa embel-embel, Nokia 216 merupakan pilihan yang beralasan untuk pengguna yang gaptek. Dapat juga digunakan sebagai perangkat cadangan ketika daya baterai smartphone Netters yang Cuma satu hari habis.

Nokia 216 dilengkapi dengan LCD warna 2,4” dengan resolusi 320 x 240 piksel. Begitu pula resolusi video pada kedua kamera VGA yang dapat direkam pada 15 fps. Kamera tersebut terletak di bagian belakang dan depan. Masing-masing didampingi dengan flash LED sendiri.

Dimensi dari Nokia 216 adalah 118 x 50.2 x 13.dan berat 82.6 gram. Berat tersebut sudah termasuk baterai dengan kapasitas 1.020 mAh yang bisa dicopot. Ponsel ini tersedia di India dengan harga INR 2.495 atau setara dengan Rp 490 ribu. Pilihan warnanya adalah putih, hitam atau mint. Ketersediaan ponsel ini secara global masih belum jelas.

Jaringan yang didukung untuk menggunakan Nokia 216 adalah konektivitas dasar, yaitu pada spektrum 2G GSM 900 MHz dan 1800 MHz. Sementara untuk konektivitas antar perangkat didukung oleh Bluetooth 3.0 dan port micro USB 1.1. Tak ada dukungan WiFi pada ponsel ini, sehingga Netters harus puas dengan koneksi data GPRS yang disediakan oleh operator. Sebagai hiburan, Netters bisa mendengarkan radio FM dengan earphone yang ditancapkan pada jack 3.5 mm.

Feature Phone ini dibekali RAM 16 MB, cukup untuk menjalankakn sistem operasi Series 30+, Opera Mini dan aplikasi penting lainnya dari Opera Mobile Store. Kapasitas media penyimpanan bergantung pada kapasitas microSD yang Netters sisipkan, maksimal 32 GB ya. Kerennya pada Phonebook, ponsel ini mampu menampung hingga 2000 kontak. Mudah-mudahan cukup bagi yang memiliki begitu banyak relasi, teman dan sanak keluarga untuk dihubungi.

Belum Mati, Microsoft Luncurkan Nokia 216 Berfitur Standar | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Medan

Microsoft baru saja meluncurkan Nokia 216. Setelah menjual lisensi ke Foxconn ternyata Microsoft masih bisa membuat featured phone.

Nokia sendiri sudah mengumumkan bahwa mereka akan kembali menjual ponsel akhir tahun ini. Hanya saja tidak seperti di masa kejayaannya dimana mereka melakukannya sendiri, kali ini Nokia akan bekerjasama dengan Foxconn dan HMD Mobile untuk memproduksi dan memasarkan smartphone Nokia bersistem operasi Androidd. Sementara Microsoft memutuskan untuk tidak lagi menjual ponsel bermerek Lumia, dan beralih ke Surface Phone.

Tahun 2016 menjadi kemunduran yang besar bagi Microsoft. Setelah penjualan Lumia yang kian menurun, Microsoft memutuskan untuk tidak lagi memproduksi smartphone Lumia. Microsoft bahkan menjual lisensi featured phone Nokia ke Foxonn. Namun bisnis ponsel Microsoft belum mati, perusahaan ini kembali meluncurkan ponsel berfitur standar, Nokia 216.

Sebagai featured phone, Nokia 216 menawarkan fitur yang biasa-biasa saja. Sebut saja layar LCD berwarna seluas 2,4 inci beresolusi 320 x 240 piksel. Ponsel ini juga membawa kamera VGA yang bisa merekam video pada 15fps yang didampingi lampu flash LED. Kamera ada di dua posisi, depan dan belakang.

Microsoft akan menjual Nokia 216 di India dengan harga INR 2.495 (sekitar Rp 489 ribu) yang tersedia dalam pilihan warna putih, hitam dan mint.

Untuk memori, pengguna bisa mengandalkan memori penyimpanan microSD hingga 32GB untuk menampung file. Selain itu ada pula memori RAM 16MB. Memori buku telepon bisa menyimpan kontak hingga 2000 kontak. Sedangkan baterainya berkapasitas 1.020mAh.

Spesifikasi lainnya termasuk Bluetooth 3.0, radio FM, jack headphone 3.5mm dan port microUSB 11. Ponsel ini berdimensi 118 x 50,2 x 13.5mm dengan bobot 82,6 gram. Bekerja di spektrum GSM 900MHz dan 1800MHz.

Sistem operasinya, ponsel ini menjalankan Series 30+. Untuk berinternet ria pun pengguna bisa mengandalkan browser dari Opera Mini. Selain itu tersedia pula beberapa aplikasi Opera lainnya seperti Opera Mobile Store.

Mengenang Masa Lalu, Nokia Keluarkan Feature Phone Baru | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Medan

Microsoft rupanya tak melupakan kejayaan Nokia di masa lalu di pasar feature phone. Perusahaan asal Redmond itu baru saja memperkenalkan feature phone dengan nama Nokia 216.

Belum diketahui segmen ponsel ini dan berapa harganya. Sekadar informasi, Nokia di masa lalu sukses dengan ponsel bersistem operasi Java dan Symbian.

Kendati demikian, Nokia mulai tenggelam dan menghilang begitu kemunculan OS BlackBerry, iPhone dan Android. Perusahaan Finlandia itu akhirnya dipangku Microsoft dan memproduksi Lumia yang bersistem operasi Windows Phone.

Nokia 216 membawa layar 2,4 inci QVGA dengan kamera 0,3MP di depan dan belakang. Perangkat ini berjalan dengan OS Series 30 dengan browser bawaan Opera Mini.

“Nikmati panggilan suara berkualitas tinggi, daya tahan baterai yang luar biasa, senter built-in, FM Radio3, MP3 dan video player, hingga 18 jam waktu bicara, hingga 24 hari waktu siaga, 4 Bluetooth 3.0 dan Bluetooth yang mendukung audio untuk headset. Penyimpanan cukup hingga 2.000 kontak,” demikian deskripsi Microsoft.

Rifanfinancindo

Like this:

Like Loading…

Related


Originally published at ptrifanfinancindoberjangkablog.wordpress.com on September 21, 2016.

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.