Perusahaan Pembuat Helm Gojek Ingin Eksis di Ajang Balap Moto2

Helm Merek RSV Akan Menjadi Sponsor Salah Satu Tim Moto2 | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Medan

Paling cepat pada musim balap tahun depan helm RSV akan terpampang di tim balap Gressini Moto2.

“Mereka sedang menghabiskan sisa seri musim tahun ini. Diharapkan tahun depan kami sudah bisa menjadi sponsor motor balap tim Gressini,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Ramopro Performance berdiri pada 2012 yang dimulai dengan membuka usaha repaint helm. Perusahaan itu juga memproduksi helm untuk perusahaan ojek online Gojek pada 2015.

Produsen helm asal Bandung, Jawa Barat, Ramopro Performance, berencana mengibarkan nama produknya, RSV, di kancah balap internasional Moto2 musim depan. Langkah ini terbilang nekat mengingat posisinya di industri helm Indonesia masih seumur jagung.

Ia memastikan helm produksi RSV akan memenuhi spesifikasi atau standar keamanan ajang balap kelas dunia tersebut. Ramopro Performance juga sudah melakukan penjajakan dan mengajukan penawaran kepada tim Gressini Moto2.

“Kami sudah berbicara langsung dengan tim Gressini Moto2 melalui telefon. Akhir tahun ini kami akan bertemu dengan manajemen tim balap tersebut,” ungkap Ilham.

Namun dengan tekad ingin membuktikan bahwa kualitas produk dalam negeri bisa bersaing dengan produk luar, maka anggapan nekat itu dikesampingkan.

Tak muluk-muluk, tahun depan helm merek RSV ditargetkan sudah terpampang di tim Gressini Moto2.

“Kami merencanakan akan menjadi sponsor di salah satu tim Moto2, yakni tim Gressini,” ungkap Ilham Pratama, chairman Ramopro Performance, Senin 29 Agustus 2016.

Pembuat Helm Gojek Siap Jadi Sponsor Balap Moto2 | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Medan

Helm RSV memang buatan Bandung. Namun, proses produksi dilakukan di Balaraja, Tangerang. Untuk tahun ini, produksi helm mencapai 2.000 unit per bulan.

Jika ditelisik, Ramo Pro Performance rupanya berasal dari Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di bidang perlengkapan otomotif.

Nama mereka melejit kala hadirnya ojek berbasis aplikasi, yakni Gojek. Ya, Gojek mendapat suplai helm berkelir hijau itu dari mereka.

Merek helm RSV memang belum terlalu tenar di Indonesia. Namun, meski baru beredar di pasaran sekitar 2015, RSV siap go international.

Helm RSV atau Ramopro Style Variantion dihadirkan perusahaan lokal, Ramo Pro Performance, yang berencana masuk ke international melalui ajang balap Moto2.

Menurut Marketing Director Rama Pro Perfomance, Richard Ryan, RSV sedang melakukan penjajakan untuk bekerja sama dengan tim Gressini Moto2.

“Rencananya, musim tahun depan kerja sama. Saat ini sudah melakukan perbincangan. Nanti kami akan bertemu manajemen tim Gressini Moto2,” ucap Richard saat ditemui VIVA.co.id, di kawasan Senayan, Jakarta.

Richard menuturkan, meski merek lokal, namun soal kualitas tak perlu diragukan. Sebab, helm ini telah memiliki lisensi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Department Of Transportation (DOT) untuk standar Amerika Serikat.

Jika nanti menemukan kesepakatan dengan tim Gressini Moto2, merek helm RSV akan dipasang di sepeda motor yang ditunggangi pembalap Sam Lowes. “Mungkin nama RSV nanti akan ditempel di bagian depan,” katanya.

Kata Ilham, untuk memasuki pasar yang lebih luas, kualitas helm akan lebih ditingkatkan, baik dari segi performa, desain maupun keamanan.

“Kami juga sedang persiapkan helm bahan karbon. Kalau merek-merek lain banyak, tapi harganya memang tinggi. Kita akan cari di tengah, kualitas namun harganya masih terjangkau,” ungkapnya.

Diperkirakan, harga helm karbon RSV bisa dipasarkan dengan banderol sekitar Rp700–900 ribuan. Sedangkan di pasaran, harga helm karbon biasanya dijual di atas Rp1,5 jutaan.

Menurut Chairman Ramo Pro Performance, Ilham Pratama, helm untuk Gojek telah sesuai dengan standar SNI. Oleh karena itu, sejumlah perusahaan lain ikut memesan helm RSV.

Pakai Helm Itu Gaya | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Medan

RSV memiliki tagline, “When Helmet Meet Fashion” hadir dengan tema Supercolor yang menghadirkan warna-warna solid yang mencolok. Saat ini RSV hanya menghadirkan model halfface yang memiliki pet dan visor yang dapat dibongkar pasang sesuai kebutuhan.

Produk yang baru didistribusikan empat bulan lalu ini dibuat di pabrik Tangerang dengan produksi mencapai 2.000 buah setiap bulannya. Sebelumnya RPP menggarap pasar promosi melalui media helm ke beberapa korporasi. Produknya digunakan di seluruh armada Go-Jek di Indonesia.

Ramo Pro Performance (RPP) produsen helm RSV, memiliki strategi tersendiri untuk merebut pasar helm yang didominasi pemain besar. Merek helm asal kota Bandung ini akan menjadikan helm sebagai bagian dari gaya anak muda.“Helm saat ini mengarah ke gaya hidup. Fashion yang mengidentikkan jiwa muda dari kepala sampai kaki. Sasarannya di sana. Itu strategi kami,” ucap Richard Ryan, Marketing Driector RPP saat ditemui Otomania, Senin (29/8/2016).

Menurut Ryan, pasar helm berkembang karena pembeli helm pengguna sepeda motor berusia muda menginginkan helm yang terlihat trendi dan tidak ketinggalan mode. Pasar ini adalah mereka yang mengunjungi distro-distro dan outlet jual beli baju untuk mempertahankan ciri khas mereka.

“Kalau kita lihat manekin peraga baju di outlet-outlet bagian kepalanya tidak menggunakan apa-apa. Kami ingin menempatkan RSV hadir sebagai produk fashion juga,” ucap Richard.

Kedepannya, selain dapat ditemui di toko helm, produk RSV akan hadir di sentra fashion anak muda yang tersebar di kota-kota besar.

PT Rifan Financindo

Like this:

Like Loading…

Related


Originally published at ptrifanfinancindoberjangkanews.wordpress.com on August 30, 2016.

Like what you read? Give Mimi Jemari a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.