Pabrik Le Minerale Mendorong Roda Ekonomi di Pandeglang

Sumber Mata Air Le Minerale - PT Tirta Fresindo Jaya (TFJ), anak Mayora Grup yang memproduksi air minum kemasan Le Minerale segera beroperasi di Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang. Beroperasinya pabrik tersebut diyakini akan mendorong investor lain masuk ke Pandeglang.

Apalagi, PT TFJ melalui dana CSR nya bisa digunakan untuk membantu pembangunan di sekitar pabrik. Bisa juga dalam bentuk bangunan fisik maupun bantuan pendidikan. Menurutnya, jika pabrik sukses dioperasikan maka akan mendatangkan investor lain dari sektor yang berbeda untuk menanamkan modalnya di Kabupaten Pandeglang.”Jadi bisa dikatakan, kehadiran PT. Tirta Fresindo Jaya menjadi tolok ukur masuknya investor lain. Kalau PT TFJ telah berhasil membangun pabriknya, maka di belakang TFJ banyak yang siap siap masuk untuk berinvestasi,” tuturnya

Bupati Pandeglang, Irna Dimyati mengatakan, kehadiran investor akan menguntungkan dan bisa menggerakan roda ekonomi daerah. Tidak hanya membuka lapangan kerja tetapi juga akan menggerakan sektor ekonomi lainnya. Misalnya saja orang yang bekerja di pabrik tentu membutuhkan tempat makan yang lebih banyak. Tempat tinggal, transportasi dan lain lain. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis bagi masyarakat Pandeglang.

Sebagai informasi, pembangunan pabrik minuman olahan milik PT Tirta Fresindo Jaya dalam perjalanannya menemui banyak penolakan karena dinilai merugikan masyarakat sekitar. Anak usaha Mayora Group ini mulai masuk ke Banten di tahun 2012. Di Desa Cadasari, yang posisinya berada di perbatasan antara Kabupaten Pandeglang dan Serang, ada mata air yang masih jernih juga melimpah, yaitu Mata Air Gunung Karang.

Dari situ, baru lah warga tahu pabrik didirikan untuk pengelolaan air minum kemasan. Dan, delapan mata air yang mengalir dari Gunung Karang ditimbun.Sejak itu, gelombang protes hingga aksi demo dari petani, peternak, ulama, dan santri bermunculan. Alasannya, Kecamatan Cadasari dalam kawasan resapan air dan kawasan lahan pertanian pangan berkelanjutan (LP2B).