UX Case Study : Bank Jago “Last Wish”

Mochamad Kevin
4 min readNov 3, 2021

--

Halo teman-teman semua, ini adalah artikel pertama saya di Medium, dan kali ini saya akan membahas mengenai “UX Case Study ” yang saya sudah lakukan untuk Bank Jago yang berkolaborasi dengan Skilvul dalam mendesain sebuah fitur dan tampilan baru dalam aplikasi Bank Jago

DISCLAIMER : Ini adalah sebuah project based yang di adakan oleh KEMKOMINFO yang bekerjasama dengan Skilvul dan Bank Jago sebagai challenge partner

Intro

Jago adalah layanan finansial digital yang memiliki fokus pada keseharian pengguna, dengan jaringan ekosistem terbesar di Indonesia. Masalah hidup dalam keseharian seseorang sangat banyak jenisnya, namun tidak luput ada produk-produk finansial yang dipakai dalam memenuhi kebutuhan tersebut. Pada tahap awal ini saya dan beberapa rekan saya (2 Orang) melakukan tahap awal yaitu dengan mulai menyusun sebuah desain tampilan aplikasi berupa Layanan bernama Jago Last Wish untuk Bank Jago dengan menggunakan figma.

Emphatize

Define & Ideate

Dalam proses ini saya dan tim melakukan pembuatan proses :

  • List Pain Point
  • How-Might We
  • Solution Idea
  • Prioritization Idea

User Flow

Di tahap ini saya dan tim lain melakukan eksekusi User Flow sesuai dengan hasil Define & Ideate yang telah dilakukan sebelumnya.

UI Design : Bank Jago Last Wish

Kali ini saya dan rekan tim diminta untuk membuat salah satu UI Design untuk Bank Jago Last Wish dalam bentuk “Low Fidelity” yang nantinya Design ini berhubungan langsung dengan “High Fidelity” Prototype. Dan juga fitur ini yang nantinya akan dibentuk sedemikian rupa menjadi sebuah design fitur yang dapat digunakan oleh user

UX Writing, Research & Prototyping

Setelah proses panjang tadi, selanjutnya tugas kami adalah melakukan Prototyping desain yang sudah disepakati bersama dan juga langsung turun ke lapangan unuk melakukan riset pasar dan juga pengguna berdasarkan kualifikasi yang sudah ditentukan untuk dilakukan Interview singkat dan nantinya data akan dikumpulkan untuk menlai seberapa baik Desain Antarmuka & Pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi dan juga fitur yang ada di dalamnya .

Wireframe

Wireframe & Alur Aplikasi

Semua Aset Font, Warna, Icon merupakan hasil pencocokan dari riset menggunakan aplikasi Bank Jago.

Pratinjau & Testing

Prototype (Live)

Testing Results & Insights

What to do next

Setelah mendapat feedback dari salah satu user, kemudian kami bersegera mengimplementasikan beberapa perubahan pada UI Design

Beberapa dari mereka mengalami kendala berupa button yang tidak bisa dan ilustrasi yang masih kurang. Maka dari itu saya dan tim bergegas untuk menyelesaikan masalah tersebut dan terbentuklah hasil akhir seperti ini.

Terima kasih atas ketersediaan waktunya untuk membaca artikel ini, semoga bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk teman-teman desainer diluar sana yang sedang baru ataupun memulai mendesain UI dan Prototype.

--

--