Identifikasi Array Di Malam Hari

Dari judul yang saya buat pasti orang akan kaget dengan maksud dan tujuan saya menggunakan judul tersebut,oke jadi akan saya jelaskan mengapa sih menggunakan judul tersebut.

Sebagai contoh analogi :

Ketika pergi ke Jakarta dan kita memesan sebuah tiket bis,maka kita akan mendapatkan sebuah tempat duduk,nah tempat duduk ini kita ibaratkan array,”Jadi array itu ibarat bis yang bisa menampung banyak penumpang,dan nomor kursi di bis adalah isi dari array”.

Untuk mengambil sebuah data yang banyak dari tabel,biasanya programmer akan menggunakan array dan menampilkannya menjadi List agar dapat dilihat oleh user.Terus apa sih Array itu ??

Pengertian Array

Array adalah sebuah struktur dari sebuah data yang menyimpan beberapa variabel/data,hebatnya lagi array juga bisa menyimpan lebih dari satu data saja lho. Setiap value bisa kita akses melalui angka-angka index. index suatu array dimulai dari indeks 0 bukan 1, masih bingung?? begini…

Sebagai contoh jika A merupakan sebuah array dengan tipe integer, maka notasi dari array A adalah: A[n], dengan n merupakan angka index dari array tersebut misal:

A[0]=10
A[1]=20
A[2]=30
A[3]=40

dari array di atas bisa kita simpulkan: array A di atas memiliki tipe data integer(bisa dilihat dari value yang ada), memiliki panjang array 4, array dengan indeks ke-0 memiliki value 100, indeks ke-1 bervalue:200, indeks ke-2 bervalue:300…dst… mudah bukan…:)

Array dalam java
Logika yang sama dengan bahasa pemrogaman lain,dalam pemograman java, pendeklarasian suatu array bisa ditulis dalam bentuk: 
int [ ] a; 
statemen diatas hanya mendeklarasikan variabel b sebagai variabel bertipe array integer, untuk membuat(construct) array kita tulis dengan menggunakan operator ‘new’ seperti contoh berikut:
int [ ] a = new int[20];
statement diatas berarti telah dibuat array dengan nama a bertipe integer dan memiliki kapasitas 100 value, ingat indeks mulai dari 0–99, tidak ada indeks ke-100 (a [100]). 
#bila kita paksakan mengakses indeks ke [100] maka akan muncul exception “array index out of bounds”.#
dalam pengisian value sebuah array kita bisa lakukan dengan melakukan metode looping seperti:

int [ ] a = new int[100];
for (int i = 0 ; i < blablabla ; 100 ; i++)
a [ i ] = i; // isi array a dengan value 0–99

untuk mengetahui ukuran / panjang dari suatu array, kita gunakan syntaks: namaaray.length
contoh : System.out.println(a.length); akan mencetak ukuran dari array a, yaitu sebanyak 100.

contoh pengisian array dengan menggunakan looping: 
for (int i = 0 ; i < jumlah; a.length ; i++)
System.out.println(a [ i ]);

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.