Pola pikir yang harus dimiliki startup founder di Indonesia

Kita sadar, negara kita Indonesia memiliki banyak permasalahan yang membuat negara kita sulit untuk berkembang. Tetapi dibalik semua permasalahan yang ada kita juga harus sadar bahwa Indonesia memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan untuk menjadi sebuah Negara yang maju. Indonesia merupakan negara berpenduduk terbesar No 4 di dunia, dengan total populasi 255,5 Juta jiwa dan dengan potensi alam dan keberagaman budaya yang sangat kaya.

Dari kondisi ini, Sudah saatnya para pelaku Bisnis dan Startup Founder di Indonesia, Khusus nya Anak-anak muda Indonesia agar dapat memanfaatkan modal dan potensi yang kita miliki, Dan membangun Indonesia menjadi Indonesia yang lebih Baik!

Dari potensi dan modal yang kita miliki, dan jika dipadukan dengan teknologi digital, ini adalah modal dan potensi yang besar untuk menghasilkan sebuah inovasi dan menjadi sebuah solusi untuk permasalahan yang terjadi di masyarakat ” — Chief Executive KIBAR, Yansen Kamto.

Gerakan Nasional — 1000 Startup Digital

Di tahun ini, pemerintah Indonesia secara resmi membentuk Gerakan Nasional untuk melahirkan para Startup Founder baru yang akan menjadi awal untuk meningkatkan masa depan ekonomi dari sector teknologi digital Indonesia. Pemerintah Indonesia mendukung penuh para pelaku bisnis atau Startup Founder dan kreator agar dapat bekerjasama untuk mewujudkan Indonesia menjadi world’s biggest digital power, bukan hanya di South East Asia tetapi juga di Dunia. Hal ini bertujuan agar tercapai nya target GDP Indonesia pada tahun 2020.

Syarat utama yang harus dimiliki seorang Founder

Untuk menjadi Startup founder bukanlah hal yang mudah, mental yang Gigih dan Disiplin terhadap diri sendiri merupakan syarat utama yang harus dimiliki setiap founder.

Tantangan terbesar dari membangun starup adalah bukan Modal, bukan orang lain ataupun hal lainya, melainkan diri sendiri ” — Andreas Senjaya CEO of Igrow

Menjadi Startup Founder juga harus terus belajar untuk meningkatkan domain expert yang dimilki, Jangan pernah berhenti untuk belajar “Knowledge is Power”, dan Belajarlah dari pengalaman-pengalaman kita sebelumnya.

Baru setelah itu kita dapat mengajak seseorang menjadi co-founder atau team yang dapat mengisi kekurangan kita.

Team yang sehat itu saling menutupi kekurangan team lain “ — indrasto Budisantoso CEO of jojonomi

Jangan takut untuk gagal

Hal yang menarik jika ingin menjadi Founder yang sukses adalah Gagal lah terlebih dahulu, ini memang terdengar menyeramkan, Tetapi dengan kegagalan terlebih dahulu, Seorang founder yang mempunyai mental gigih dan berjiwa besar menjadikan kegagalan menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi seorang untuk bangkit dan menjadi lebih baik dikemudian hari.

1 dari 10 startup tidak berhasil atau gagal dengan startup nya adalah karena founder nya sendiri yang tidak mampu untuk bangkit dari kegagalan nya.

Mengalami kegagalan memanglah tidak semudah berkata, tetapi janganlah menyerah hanya karena anda gagal. Jika Anda ingin menjadi founder yang sukses. Terimalah kegagalan itu dan belajalah dari kagagalan itu.

cepatlah gagal dan belajarlah dari kegagalan itu  — andreas sanjaya CEO of igrow

Apa yang kamu dapat berikan untuk masyarakat

Sebuah startup yang sukses adalah startup yang dapat memberikan manfaat dan impact yang positif kepada masyarakat.

Ubahlah mindset anda jika dari awal yang anda pikirkan adalah apa yang Anda dapatkan, Gantilah menjadi Apa yang dapat Anda berikan.

Jangan tanya apa yang negara berikan untuk kita, tapi tanya kepada diri kita sendiri apa yang dapat kita berikan untuk Negara kita.

sudah saatnya kita bergerak untuk bangkit membangun negeri Indonesia menjadi lebih baik.

#1000StartupDigital