XL MILLENNIAL APPRENTICE PROGRAM

Muhammad Irvansyah
2 min readMay 3, 2017

--

Kurang lebih lima bulan sudah bekerja di XL dan bergabung di program XL Millennial Apprentice batch 26. Program yang saat ini sudah berganti nama lagi untuk rebranding agar packaging menjadi lebih fresh mengikuti perkembangan saat ini.

Kalau bertanya soal benefit? Secara material masih banyak yang lebih tinggi angkanya, kalau yang dicari adalah uangnya mungkin disini bukan tempatnya. Tetapi to be fair, disini kami menyebutnya dengan istilah pocket money/uang saku sebesar 4,5 juta bersih. Bagi saya jumlah tersebut sangat cukup untuk seorang fresh graduate yang belum bisa memberi value apa-apa terhadap perusahaan sebesar ini.

Kemudian apa juga ada jaminan untuk bisa menjadi karyawan tetap disini? Tidak, disini tidak ada jaminan tersebut. Tetapi soal development yang diterima? Saya bisa menggambarkan secara umum kalau sebagai orang yang baru masuk di dunia kerja, value saya naik berkali-kali lipat dengan segala training serta environment yang sangat mendukung.

Environment di XL sangat casual dan anak muda, jangan heran kalau lihat pekerja XL selalu tampil santai. Hal itu juga yang membuat saya sangat nyaman saat masuk dan mencoba adaptasi. Batch kami terdiri dari 49 orang, banyak ya? Tetapi masing-masing dari kami berbeda unit dan jobdesc sehingga memudahkan kami untuk lebih cepat mengerti bisnis XL dengan cara bertukar cerita sesame apprentice serta lebih mudah bagi kami untuk terlibat banyak dalam projek XL.

Proses seleksi yang dijalani juga tidaklah rumit. Saya memulai dengan seleksi administrasi, tes psikotes, tes Bahasa inggris, forum group discussion, wawancara user dan terakhir medical check-up. Pasti sampai dengan saat ini, kalian juga sudah pernah mengikuti proses seleksi kerja. Sedikit saran dari saya, kuncinya adalah be confindent.

Saya masuk mulai bulan Januari 2017 di divisi Trade Marketing bagian Commerce Planning & Target Settings. Sedikit keren ya namanya, intinya saya memberi support dan membantu segala bentuk pekerjaan tim saya yaitu mengurus counter pulsa, tukang pulsa, sales pulsa se-Indonesia dan masih banyak lagi yang mungkin tidak perlu dijelaskan karena memakai istilah-istilah yang cukup rumit.

Sampai saat ini menurut saya, ini merupakan pekerjaan pertama yang sangat bagus bagi karir saya kelak. Worth to try, untuk para fresh graduate apalagi yang tertarik dengan dunia internet, teknologi dan telekomunikasi. Untuk yang sedang mencoba tes disini, semangat!! Nanti kalau sudah dapat, boleh cari saya. Ipang, anggota rangers kusut lantai 20 siap membantu.

Berikut sedikit cerita saya dan teman-teman apprentice yang dapat dilihat di link ini :https://www.youtube.com/watch?v=uieFN7LkzvE

--

--