Ikan Hias Air Tawar

Beragam jenis spesies ikan hias sangat banyak diminati oleh pecinta ikan, apalagi di Indonesia. Indonesia memiliki sekitar 400 jenis ikan hias air tawar. Dari sekitar 400 jenis ikan air tawar yang ada di Indonesia hanya sekitar 90 jenis ikan yang dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia.

Kenapa ikan hias air tawar lebih mudah dan lebih diminati dari pada ikan laut? Karena dalam sisi perawatan, fasilitas, dan untuk dibuat usaha lebih mudah. Karena untuk budidaya ikan laut memang memerlukan modal dan fasilitas yang memadai.

Jenis ikan di Indonesia yang menjadi primadona dan sangat popular adalah jenis ikan cupang dan arwana. Jenis ikan dari luar negeri pun banyak yang dibudidayakan di Indonesia. Contohnya ikan koi, koki, dan ikan guppy.

Akan tetapi membudidayakan ikan hias tidak semudah yang dibayangkan. Untuk membudidayakan secara masal merlukan keahlian dan pengetahuan secara luas. Tetapi ada jenis yang memang sulit untuk dibudidayakan. Setiap tahunnya pasti terdapat berbagai musim jenis ikan yang menjadi popular.

Contoh pembahasan berbagai jenis ikan hias air tawar yang sangat popular di Indonesia:

Ikan Discus. Ikan Discus ini berasal dari perairan sungai amazon. Ikan ini berbentuk pipih dan memiliki warna sisik yang sangat atraktif. Sangat cocok untuk hiasan di perumahan dan kalau dilihat tidak membuat bosan. Ikan ini cocok hidup di iklim dengan suhu perairan 25–30°C. Ikan ini memiliki sifat berkelompok dengan kawan-kawannya.

Ikan Louhan. Ikan louhan ini pertama kali dikembangan di Malasyia. Yang menjadi keunikan ini terdapat tonjolan pada jidad ikan ini. Ikan ini juga termasuk ikan yang agresif jika di lepas di lingkungan umum. Ciri khas dari ikan ini terdapat pada warna dan tonjolan yang sangat mempesona.

Ikan Arwana. Ikan yang satu ini memiliki tingkat harga yang sangat tinggi. Harga ikan ini bisa mencapai jutaan rupiah. Ikan arwana dapat ditemukan di perairan Kalimantan dan Papua. Dulunya ikan ini menjadi buruan karena harganya yang bisa melangit.

Ikan Cupang. Banyak yang memelihara ikan ini untuk dijadikan kontes karena warna dan sirip yang sangat mengagumkan. Untuk memebudidayakan ikan ini sangatlah mudah dan tidak memerlukan fasilitas yang rumit.

Ikan Koi. Ikan koi ini berasal dari Jepang. Di Jepang sangat popular dan sangat terkenal akan ikan koi ini. Warna yang berbagai macam pada tubuh ikan koi berasal dari hasil persilangan kawin dari beberapa jenis ikan mas dengan ikan warna merah dan putih yang terjadi pada tahun 1820 di Jepang. Kenapa ikan koi ini dibudidayakan sangat banyak? Kerena ikan ini memiliki warna yang indah dilihat.

Dan masih banyak lagi jenis ikan hias air tawar yang sangat popular di Indonesia. Di atas hanya sebagian kecil pembahasan tentang ikan hias.

Show your support

Clapping shows how much you appreciated muhammad miqdad’s story.