Cara membuat Contact Tags Pada Odoo 16

Muhammadrafisetiawan
3 min readOct 8, 2023

--

Artikel ini dibuat untuk menyelesaikan tugas medium dari mata kuliah ERP, Program Pendidikan Vokasi Jurusan Bisnis Kreatif, Universitas Indonesia

— Muhammad Rafi Setiawan (2206836773)

Cara Membuat Contact Tags Pada Odoo 16

Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan cara menambahkan Contact Tags di Odoo 16. Untuk dapat melakukannya, kita harus mengaktifkan modul Contact terlebih dahulu.

Pertama-tama kita perlu login ke akun dan membuat database. Setelah login, layar berikut akan muncul.

Home Page awal dari database Odoo

Kemudian, klik tombol menu di pojok kiri atas. Setelah itu, pilih dan klik Contact. Selanjutnya akan muncul daftar contact di database. Seperti inilah tampilannya.

Isi list contact yang tersedia

Di bagian Konfigurasi Bilah Navigasi, klik dan pilih contact tags. Selanjutnya akan muncul daftar contact tags yang diambil dari data demo yang disediakan oleh Odoo 16.

Daftar contact tags yang terdapat pada data demo yang disediakan Odoo 16

Karena kita ingin membuat contact tags, kita perlu mengklik tombol create. Dua kolom dapat diisi, yaitu tag name dan parent category. Selain itu, ada field Active dan Color. Jika parent category dibiarkan kosong, contact tags yang dibuat menjadi parent category. Pertama, saya ingin membuat contact tags dengan tag name logistik. Karena saya ingin menetapkan logistik sebagai parent category, saya mengosongkan field parent category. Lalu saya mengklik tombol Save.

Contact tags dengan tag name logistik

Selanjutnya saya ingin membuat contact tags dengan tag name mobil toyota yang baru. Lalu saya isi kolom field parent category dengan logistik karena parent category dari mobil toyota yang baru adalah logistik. Lalu saya mengklik tombol Save.

Contact tags dengan tag name mobil toyota

Terakhir, saya ingin membuat contact tags dengan tag name kangkung dan pisang. Selanjutnya, saya mengisi kolom parent category sebagai sayuran dan buah karena kategori tag namenya adalah kangkung dan pisang. Lalu saya mengklik tombol Save.

Contact tags dengan tag name pisang
Contact tags dengan tag name kangkung

Berikut ini adalah daftar contact tags yang saat ini ada di database saya.

Semoga artikel yang saya buat dapat memberikan manfaat

Sekian dan terima kasih

#erp #odoo #universitasindonesia #bisniskreatif #2022B

--

--