Ikan Hias Air Tawar

Ikan hias merupakan jenis ikan baik yang berhabitat di air tawar maupun di laut yang dipelihara bukan untuk konsumsi melainkan untuk memperindah taman dan ruang tamu. ikan hias air tawar salah satu yang di gemari oleh kalangan masyarakat Indonesia, baik yang mudah maupun yang tua semua berlomba ingin memiliki salah satu ikan hias yang di pelihara di rumahnya. Dan juga menambah nuansa alami yang di miliki di dalam rumah untuk memperindah isi dalam rumah agar di dalam rumah semakin cantik, ikan hias juga mempunyai tergolong banyak jenisnya ada ikan hias yang ditaruh didalam akuarium atau dikolam khusus untuk menaruh sekumpulan ikan-ikan lengkap dengan tumbuhan air lainnya, seperti bunga teratai dan juga air mancur yang mengalir terus menerus hingga semakin indah.

baca juga tentang budidaya ikan lele

Untuk habitat ikan hias terdapat dua habitat yaitu ikan hias air tawar dan juga ikan hias air asin atau ikan hias yang hidup dilaut, tetapi untuk ikan hias sendiri biasanya paling sering dan banyak peminatnya adalah ikan hias air tawar, karena selain indah ikan hias jenis ini akan lebih mudah hidup dan kita juga tidak susah payah untuk mencari air laut setiap minggunya, repot juga jika kita harus mencari air laut ketika kita ingin mengganti air yang ada dikolam maupun air akuarium. Untuk memelihara ikan hias anda harus lebih memperhatikan akan kesehatan ikan-ikan tersebut, karena tidak mudah untuk merawat ikan-ikan khusus ini, karena ikan ini juga tergolong mahal untuk masalah harga bisa mencapai satu ikan ratusan ribu rupiah.

Ikan bawah laut seringkali dinilai mempesona dan tergoda dengan keindahannya sehingga banyak yang rela menghabiskan uang menyelam dan menikmatinya di bawah laut. Kemajuan di eraglobalisasi memungkinkan orang menikmati panorama air laut didalam ruangan. Ikan-ikan rias ini untuk kesenangan, oleh karena itu bentuk, ukuran, warna. Ikan hias air tawar merupakan jenis ikan hias yang habitatnya di ai tawar. Biasanya pemeliharaan ikan hias air tawar akuarium atau di kolam. Dari berbagai pakan ikan salah satunya pakan ikan hias alami yang masih kecil adalah rotifera,yaitu organisme yang mudah ditemui di daerah perairan payau, tawar, maupun laut yang dalam keadaan normal berkembang biak secara bertelur tanpa kawin(partogenesis).

Cara perkembangbiakkan ikan hias ada beberapa macam:

  1. Ikan-ikan hias yang beranak.
  2. Ikan-ikan hias yang bertelur berserakan.
  3. Ikan-ikan hias yang meletakkan telurnya pada suatu subtrat.
  4. Ikan-ikan hias yang menetaskan telurnya dalam sarang busa.
  5. Ikan-ikan yang mengeramkan telurnya di dalam mulut.

cara-cara pemeliharaan ikan hias yang beranak (live bearer), misalnya:

1. Ikan Guppy (Poecilia reticulata Guppy)

2. Ikan Molly (Poelicia latipinna Sailfin molly)

3. Ikan Platy (Xiphophorus maculatus Platy)

4. Ikan Sword tail (Xiphophorus helleri Sword tail)

Ciri-ciri Induk Jantan dan Betina

Induk Jantan

Mempunyai gonopodium (berupa tonjolan dibelakang sirip perut) yang merupakan modifikasi sirip anal yang berupa menjadi sirip yang panjang.

1.Tubuhnya rampaing.

2.Warnanya lebih cerah.

3.Sirip punggung lebih panjang.

4. Kepalanya besar.

Induk Betina

1. Dibelakang sirip perut tidak ada gonopodium, tetapi berupa sirip halus.

2. Tubuhnya gemuk

3. Warnanya kurang cerah.

4. Sirip punggung biasa.

5. Kepalanya agak runcing.

3. Hal yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan.

1. Air yang diperlukan adalah ari yang cukup mengandung Oksigen (O2) dan jernih.

2. Suhu air berkisar antara 15 ~ 27°C.

3. pH yang disukai agak sedikit alkalis, yaitu berkisar 7 ~ 8.

4. Makanan yang diberikan dapat berupa makanan alami (cuk, cacing, kutu air) dan makanan

buatan, diberikan secukupnya.

4. Teknik Pemijahan.

Pemilihan induk. Pilihlah induk yang berukuran relatif besar, bentuk tubuh yang mengembung serta mempunyai warna yang indah. Induk-induk yang telah dipilih dimasukkan dalam satu bak untuk beberapa pasang induk. Namun apabila menghendaki keturunan tertentu dapat pula dilakukan dengan cara memisahkan dalam bak tersendiri sepasang-sepasang. Bak-bak pemijahan harus dikontrol setiap hari. Setelah lahir, anak-anak ikan harus cepat-cepat diambil dan dipisahkan dari induknya agar tidak dimakan oleh induknya.

5. Perawatan benih

Anak-anak ikan yang baru lahir belum membutuhkan makanan, karena masih mengandung kuning telur (yolk egg). Setelah 4 ~ 5 hari anak ikan baru dapat diberi makanan berupa kutu air yang sudah disaring, atau kuning telur yang telah direbus dan dihancurkan. Setelah mencapai ukuran medium (2 ~ 3 cm) dapat diberikan makanan cacing, kemudian setelah mencapai ukuran dewasa (5 ~ 7 cm) dapat diberi makanan cuk. Disamping makanan alami dapat pula diberi makanan tambahan berupa cacing kering, agar-agar dll.

Pemberian makanan sebaiknya 2 kali sehari, hendaknya jangan berlebihan, karena dapat menyebabkan pembusukan yang dapat meerusak kualitas air. Pergantian air. Air dalam bak atau aquarium jangan sampai kotor/keruh, karena dapat menyebabkan kematian anak ikan. Kotoran dapat dibersihkan setiap 2 ~ 3 hari sekali dengan cara disiphon, air yang terbuang pada waktu penyiphonan sebanyak 10 ~20% dapat diganti dengan air yang baru.

Merawat Aquascape Air Tawar

Berikut ini beberapa cara merawat aquascape air tawar kesayangan anda yang bisa dipraktikkan sendiri dirumah.

1. Seimbangkan Penguapan Air

Penguapan air yang ada dalam akuarium dapat membuat konsentrasi bahan-bahan seperti garam, kalsium, bahan kimia serta bahan polutan masil metabolisme ikan meningkat dan lebih pekat sehingga menyebabkan ikan sakit dan mati. Penguapan air akan terjadi lebih banyak pada akuarium yang mendapat cahaya yang berlebih atau terkena caha matahari langsung.

Untuk mengatasi kepekatan substrat dalam air akibat penguapan, bisa dilakukan dengan menambahkan air baru kedalam akuarium dan tergantung dari banyaknya air yang menguap. Cara lainnya adalah menjaga agar akuarium tidak panas dan tidak terkena cahaya yang berlebihan dan menyebabkan suhu air meningkat.

2. Membersihkan Kaca Akuarium

Aquascape yang berisi tanaman air hidup membutuhkan cahaya atau penyinaran yang baik, namun disisi lain juga menyebabkan pertumbuhan lumut didinding kaca akuarium yang mengganggu pandangan kita. Beberapa langkah yang dapat digunakan untuk mengatasi ini adalah dengan menambahkan hewan pemakan lumut seperti siamese pemakan alga, siput malaysia, siput kolam ataupun udang red cherry.

baca juga tentang budidaya ikan koi

Langkah lain yang juga bisa dilakukan adalah dengan menggunakan obat anti lumut atau alga seperti Stop Algae dan Vitriol 5%. Penggunaan obat ini harus mengikuti aturan yang tertera dalam kemasan obat tersebut karena jika berlebih akan mematikan tanaman air aquascape kita.

Cara lain adalah melakukan pembersihan manual menggunakan alat pembersih seperti silet, busa resin atau dacron. Pembersihan ini tidak berdasarkan aturan, tetapi lebih berdasarkan pantauan kita saja jika terlihat lumut di dinding akuarium kita bisa membersihkannya.

Penggantian air juga dapat dilakukan untuk menjaga kejernihan air akuarium terutama akuarium yang jumlah ikannya cukup padat. Frekwensi penggatian air bisa dilakukan tiap minggu sebanyak 20–30 persennya atau tiap bulan sebanyak 50–60 persennya dari volume air akuarium.

Ingat, air yang ditambahkan ini sebaiknya diendapkan selama semalam dan di aerasi untuk mengurangi kadar kaporit yang mungkin ada dalam air tersebut. Karena kadar kaporit yang tinggi bisa mematikan ikan dan tanaman air aquascape.

3. Pemupukan Tanaman Air

Tanamana air juga membutuhkan nutrisi agar dapat tumbuh baik dan sehat, sehingga pemupukan tanaman dalam air juga merupakan hal penting karena jika tidak diberi nutrisi maka tanaman akan tidak tumbuh dan mati yang ahirnya mengganggu keseimbangan aquascape.

4. Mengecek Sistem Filter Air

Kebersihan filter harus dijaga karena kotoran yang mengendap pada filter dapat memperberat kerja filter dan mengurangi pergerakan air aquarium. Jadi bersihkan filter setidaknya seminggu sekali agar kwalitas air tetap terjaga baik.

Jenis-jenis ikan rias air tawar

Ø Ikan oskar (Astronotus ocellatus) memiliki ukuran dan gerakan yang mirip dengan ikan nila Ikan ini memiliki warna dasar hitam dengan warna batik oranye yang menonjol.

Ø ikan koi masih memiliki hubungan kerabat dengan ikan mas dan ikan maskoki. Tubuh ikan ini bulat memanjang menyerupai torpedo. Ikan koi umumnya berwarna hitam, putih, merah, kuning, perak dan keemasan. Ikan ini tidak memiliki kemampuan menyimpan kelebihan makanan dalam bentuk lemak, maka pemelihara ikan koi harus memberi makan sedikit-sedikit namun sering

Ø Ikan cupang (Beta splendens) memiliki bentuk badan yang memanjang dengan warna yang beraneka ragam yaitu coklat, hijau, merah, biru, kuning, abu-abu dan putih. Sirip ikan ini panjang menjuntai hingga terlihat seperti seluruh tubuh ikan tertutupi sirip yang berwarna-warni. Tubuh cupang betina rata-rata lebih kecil dibandingkan dengan ikan cupang jantan.

Ø Ikan koki/maskoki (Carassius auratus) adalah jenis ikan air tawar yang hidup di perairan dangkal dengan aliran air yang tenang dan berudara sejuk.Ikan maskoki memiliki mata yang besar dan agak menonjol keluar, warna sisik bervariasi dari putih, metalik, merah, kuning, merah kekuningan, hijau, hitam atau gabungan dari warna-warna tersebut. Warna-warna pada tubuh ikan maskoki ditentukan oleh kandungan pigmennya.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Kolam

Ø Jenis Ikan Hias Air Tawar Wakin

Ikan wakin juga termasuk jenis ikan hias air tawar yang dapat dipelihara di kolam

Ø Jenis Ikan Hias Air Tawar Kumpai

Ø Jenis Ikan Hias Air Tawar Koki

Ikan mas koki adalah salah satu ikan hias yang sangat lucu, postur tubuhnya yang bulat dan pendek menjadikan ikan mas koki terlihat kesulitan saat berenang, gaya berenangnya geal geol terlihat sangat lucu.

Cara dan langkah — langkahnya:

§ Membuat Ikan Mas Koki Beradaptasi

pertama yang harus dilakukan adalah membuat ikan mas koki nyaman atau beradaptasi terhadap lingkungan baru. Membuat ikan mas koki beradaptasi adalah langkah awal yang sangat penting, agar supaya ikan mas koki pilihan anda tidak stres dalam lingkungan baru dan akhirnya berujung dengan kematian. Langkah ini sangatlah mudah, caranya anda harus memasukan ikan mas koki beserta kantong plastiknya ke dalam akuarium hias anda, dan biarkan mengapung selama kurang lebih satu jam.

Ø Jenis Ikan Hias Air Tawar Koi

Ikan koi jenis ikan hias air tawar yang harus dipelihara di kolam ikan hias, karena keindahanya memang dari segi punggungnya. Ikan hias yang satu ini sangat indah, dan keindahan ikan koi terletak pada warnanya, akan tetapi kesempurnaan dalam keindahan. jika ikan koi dipelihara di akuarium, warnanya tetap terlihat cerah dan bagus. Seperti misalnya ikan koi kohaku, ikan ini akan benar-benar istimewa jika kiwa ( batas tepi warna ) jelas, jika warna putih ikan koi kohaku dan warna merahnya serta kiwa akan nampak jelas jika dilihat dari atas. Setelah anda memutuskan untuk menambah koleksi ikan hias anda dengan ikan koi, tentunya untuk memperindah. Untuk membuat ikan koi sehat diperlukan perawatan yang baik, perawatan yang baik terhadap ikan mas koi juga dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas warnanya, Di samping itu memelihara dan merawat ikan koi dengan penuh kasih sayang.

Cara Memelihara Dan Merawat Ikan Koi

§ Membuat Kolam Ikan Koi Yang Nyaman Dan Indah

Yang harus perlu diperhatikan dalam membuat kolam ikan koi adalah kedalaman kolam, banyak yang beranggapan keindahan ikan koi akan terlihat sempurna jika koi terlihat dengan jelas, makanya banyak juga yang mendesain kolam ikan koi dengan kedalaman yang agak dangkal atau kurang kedalamannya. Sebenarnya boleh-boleh saja membuat kolam ikan koi dangkal, tetapi seperti yang kita ketahui bahwasanya ikan koi dapat tumbuh dengan ukuran yangbesar, Nah jika koi ditempatkan pada kolam yang dangkal seiring dengan pertumbuhan koi, maka bentuk tubuh koi akan menjadi kurang bagus atau bongkok. Bukan hanya tubuh koi, jika tetap memelihara ikan koi di kolam yang dangkal, warna koi pun akhirnya akan pucat karena terkena sinar matahari.

§ Pengisian Air Yang Bagus Pada Kolam Ikan

Air dan tempat merupakan kunci dalam cara memelihara dan merawat ikan koi agar sehat. Jika air yang digunakan dari sungai ataupun sumur, maka air harus diendapkan terlebih dahulu sebelum ikan koi dimasukan.

Dan ketika mengisi air pada kolam, perlu diperhatikan jarak air ke bibir kolam minimal 25 cm, hal demikian dimaksudkan agar ikan koi tidak melompat ke keuar kolam.

Untuk memaksimalkan air pada kolam, kolam bisa di lengkapi dengan saluran pembuangan di bagian bawah, dan pipa untuk menyalurkan air bersih pada bagian atas.

Ikan hias air tawar bentunya yang kecil menjadikan ia sebagai ikan yang mudah dipelihara. Disamping merupakan ikan terindah, harga jual ikan termahal juga salah satunya dari budidaya ikan hias aquarium atau aquascape.

Biasanya jenis ikan hias akuarium merupakan ikan ramah lingkungan yang hidupnya di air tawar dimana tujuan dari pemeliharaan ikan ini sebagai hiasan atau memperindah ruang dan bukan untuk di konsumsi.

Dalam pemeliharaannya, ikan hias air tawar biasanya ditempatkan di dalam akuarium. Selain ikan hias air tawar, ada juga jenis ikan hias air laut. Namun dalam pemeliharannya di masyarakat, ikan hias air tawar lebih banyak peminatnya. Selain jenisnya ada banyak, dalam merawat dan hal pakan, ikan hias air tawar lebih mudah untuk diusahakan.

jenis ikan hias yang habitatnya dalam air tawar.

1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Cupang

nama ikan hias air tawar ini, karena jenis ikan hias cupang memang sudah populer di masyarakat Indonesia. Ikan hias cupang juga banyak kita jumpai di pasar-pasar tradisional yang kisaran harga nya sekitar Rp 5.000- ratusan ribu. Jika ingin memelihara ikan hias cupang jangan sampai 2 ikan atau lebih di letakkan dalam botol karena ikan hias cupang termasuk juga ikan adu.Jika ingin mengetahui perbedaan antara ikan jantan dan betina, dapat di perhatikan pada bagian tubuhnya

2. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Guppy

Ikan Hias Jenis Guppy yaitu jenis ikan hias yang paling populer di Indonesia setelah ikan cupang. Ikan hias guppy memilki bentuk tubuh seperti wanita yang mengenakan rok. Bentuknya juga menarik karena panjangnya dari kepala sampai ekor kurang dari 2,5 cm.Berasal dari daerah Amerika Selatan, ikan ini mudah beradaptasi di lingkungannya. Sehingga peredarannya di dunia sangat cepat. Ikan hias guppy mulai di kenal di Indonesia pada tahun 1920-an sebagai ikan hias akuarium. Ikan hias guppy memiliki warna dan sirip yang indah. Pada ikan jantannya lebih cenderung menarik di bandingkan dengan betina yang siripnya terlihat agak kusam. Harga ikan guppy Rp: 2.000- ratusan ribu.

3. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Arwana

Jenis Ikan Arwana merupakan salah satu ikan hias yang masih populer sampai saat ini. Bahkan ada yang mengatakan kalau ikan hias arwana tidak akan pernah menurun peminatnya. Sisiknya yang unik dapat memikat siapa saja yang melihat ikan hias ini. Ikan hias arwana mempunyai ukuran tubuh yang besar, bahkan bisa mencapai hampir 1 meter. Ukuran telurnya yang besar dan hampir mirip dengan telur puyuh menjadikannya termasuk dalam golongan ikan purba. Ikan hias arwana memiliki banyak sebutan lain seperti arwana super red, silok, ikan payang, kalasa, siluk,naga, khayangan dan nama latin Scleropages sp. Ikan hias arwana dapat kita jumpai pada perairan tawar di daerah Kalimantan dan Papua.

4. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Oscar

Ikan hias jenis oskar merupakan jenis ikan yang banyak digemari oleh pecinta ikan hias dalam maupun luar negeri. Oscar memilki bentuk tubuh lebar layaknya ikan gurame atau nila yang sering kita jadikan sebagai lauk.

Ikan memang sangat unik, disamping bisa hilangkan rasa lelah dengan memelihara ikan peliharaan akan membantu kita untuk mehilangkan rasa stres, dengan melihat gaya dan warna ikan akan meredahkan stress karena beban hidup kita.

Sumber : ikan piranha

Like what you read? Give mus min a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.