#24 Selanjutnya apa

Hari ini (ketika tulisan ini ditulis) aku menghabiskan waktu luang dengan cara yang tidak keren. Tidur-tiduran dengan hasil mimpi yang aneh, scrolling Twitter, ngecek berulang-ulang udah berapa orang yang ngeliat Instagram Stories-ku.

Sepanjang hari yang kulakukan hanyalah tindakan konsumtif nggak jelas. Rasanya meehh. Flat ☹️. Sebenernya, yang bikin aku ga menikmati hari minggu ini adalah aku ga punya perencanaan.

Tindakan konsumtif akan berjalan baik ketika direncanakan dengan tepat. Saat nonton The Day After Tomorrow di tv, aku memikirkan postingan selanjutnya di Medium. Saat aku membuka aplikasi menulis, aku malah ngecek timeline Instagram.

Tidak fokus dan tidak menikmati.

So, hari terus berganti, umur makin tua, kesempatan berlalu gitu aja, dan penyesalan akan datang.

Ini saran untukmu: Rencanakan apa selanjutnya.

Rencanakan setengah jam lagi kamu ingin melakukan apa, rencanakan besok minggu mau kemana. Rencanakan kamu ingin beli apa aja pas ke Indomaret. Rencanakan kapan harus membuka Instagram.

Rencana berguna sebagai panduan kedepan. Kamu tau apa yang selanjutnya kamu lakukan, pikiranmu ga ngambang sana-sini saat sedang boring. Rencanamu ga harus super keren. Mulailah dari hal-hal kecil namun dengan frekuensi harian.

Menjalani hari dengan punya rencana jauh lebih menyenangkan daripada bengong bingung mau ngapain dan ujung-ujungnya bolak-balik ngecek sosmed.

Thanks for reading, love, and share 😊
🍡 <- this is for you