Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas kembali tentang sistem transaksi otomatis alias Robot Trading. Tapi kali ini bukan pemrograman sistem robot yang ribet, yang harus mengerti bahasa pemrograman penulisan expert advisor metatrader. Jadi buat rekan-rekan yang tidak mengerti atau malas untuk belajar pemrograman expert advisor, yang akan saya bahas kali ini dapat menjadi solusi yang menggembirakan dan menyenangkan. Kenapa, karena sistem ini sangat sederhana, yang perlu kita pahami hanyalah cara kerja indikator atau sistem transaksi yang kita gunakan selama ini. Baik itu yang menggunakan MA (moving Average), Stochastic Oscillator, Karakter Candle, dan lain sebagainya.

Pada kesempatan sebelumnya saya telah membahas sedikit tentang sistem baru ini, yap… TRADEWORK SYSTEM. Sistem ini menjadi solusi buat kita-kita yang ingin trading dan telah punya sistem transaksi yang bagus, tapi terlalu sibuk untuk ngamatin harga. Alias trading menjadi side income, pendapatan sampingan yang simple dengan sistem transaksi otomatis ini. Apasih keuntungannya menggunakan sistem TRADEWORK?

  1. Algoritma logika pemrograman yang ga ribet
  2. Penerapan sistem transaksi menggunakan indikator yang sering kita pakai tanpa harus membuat script EA
  3. Dapat di backtest di tiap produk, sehingga kita dapat mengetahui kinerja sistem transaksi kita di bulan-bulan sebelumnya
  4. Antar muka yang sederhana, sehingga kita memprogramkan sistem sinyal jual/beli jadi lebih mudah
  5. Dapat dikoneksikan dengan metatrader kita, hanya dengan memasukkan nomor akun dan password trading, langsung sinkron dan otomatis langsung transaksi saat ada sinyal untuk jual/beli
  6. Tanpa perlu menggunakan VPS (virtual private server), karena akan 24 jam aktif. Jadi rekan-rekan yang sibuk dan tidak sempat melihat metatrader, tidak akan kehilangan momen transaksi di setiap waktunya
  7. Dapat diterapkan disetiap timeframe, baik itu M1,M5,M15,M30,H1,H4,D1,W1,dan Mo
  8. Ada management modal, jumlah transaksi, resiko, dan lain sebagainya
  9. Meminimalisir efek buruk Psikologis Trading

Nah, sebelum itu rekan-rekan harus mendaftarkan diri dlu ke www.tradeworks.io. Untuk lebih jelasnya bagaimana langkah-langkah pendaftarannya, rekan-rekan dapat mendownload tutorialnya pada ebook yang telah saya buat sebelumnya disini (ebook tutorial TRADEWORK). Untuk mempersingkat waktu, saya disini akan membahas pemrograman karakter candle yang sering saya gunakan untuk bertransaksi. Kenapa saya membahas ini, karena pemrograman logika candle harus kita sendiri yang melogika. TRADEWORK hanya menyediakan fasilitas penggunaan indikator-indikator saja.

Baiklah kita mulai dengan melogika candle yang berkarakter reversal dan memiliki keakuratan diatas 60%. Kenapa saya membahas ini, karena dengan karakter cndle yang memiliki keakuratan diatas 60%, maka jika dalam 20 hari terjadi transaksi 20 kali, maka kita akan mendapatkan 12 transaksi BENAR dan 8 transaksi SALAH. Kali ini saya akan membahas karakter candle jenis ENGULFING.

Pertama-tama kita harus pahami karakter jenis ini. Karakter jenis ini sama halnya dengan karakter candle dark cloud dan piercing. Dimana perbedaannya adalah pada karakter ini candle harus lebih besar pergerakannya berbalik arah dibanding dengan candle sebelumnya. Setidaknya lebih besar 20%-50% dari candle sebelumnya dan memiliki harga close lebih tinggi dari harga tertinggi candle sebelumnya. Persyaratan ini mutlak harus dipenuhi untuk terjadinya reversal perdagangan.

Bullish dan Bearish Engulfing

Dalam penerapannya kita dapat melakukan entry poin setelah konfirmasi candle engulfing ini terjadi. Contoh kasus dalam chart dapat kita misalkan sebagai berikut :

Harga penutupan candle sebelumnya berada pada level $32.00 dan total pergerakan candle sebelumnya adalah sebesar 50 poin. Maka jika candle sebelumnya memiliki harga sebagai berikut :

  • OPEN : $32.30
  • HIGH : $32.50
  • LOW : $32.00
  • CLOSE : $32.00

Maka candle bullish engulfing harus memiliki :

20%-50% dari total pergerakan candle sebelumnya, missal kita ambil 50% dari total pergerakan sebelumnya, yaitu 50 poin x 50% = 25 poin. Sehingga candle bullish engulfing harus memiliki pergerakan high to low sebesar 50 poin + 25 poin = 75 poin dan harga penutupan harus diatas harga tertinggi candle sebelumnya.

  • OPEN : $32.00
  • HIGH : $32.70
  • LOW : $31.95
  • CLOSE : $32.65

Setelah kita temui candle bearish engulfing tersebut, kita dapat melakukan entry posisi di level harga close candle engulfing, yaitu pada level $32.65. Dengan target taking profit sebesar total pergerakan candle engulfing yaitu sebesar 75 poin dari level entry kita, yaitu pada level $33.40.

Dapat kita simulasikan seperti gambar di bawah ini :

Dimana dapat kita lihat pada chart bagaimana reversal yang terjadi setelah candle engulfing terjadi.

Setelah kita mengetahui bagaimana karakter ini bekerja, sekarang kita akan melogika pemrogramannya. Langkah pertama adalah

1. Pilih “Create New Strategy

2. Pilih “Entry Signal

3. Edit judul sinyal menjadi “JUAL”, kemudian geser tombol hingga menjadi “Bear Signal”, dan pilih menu “BAR”

4. Kita akan memulai memprogram karakter candlenya “Logika Jual”

Pada langkah ini kita akan menemui submenu baru yaitu “when”, disini adalah pemrograman transaksi JUAL dimana “when” adalah program KAPAN transaksi jual akan dieksekusi. Nah dari karakter engulfing yang ada, kita harus memulai mengidentifikasi bagian-bagian candle, seperti harga high, low,close, dan opennya. Karena pemrograman ini berdasarkan karakter 4 variable tersebut. Dalam hal ini kita akan memprogram transaksi JUAL, yang berarti ada 2 candle sebelumnya yang akan kita jadikan patokan. yup, lihat gambar karakter engulfing diatas, bearish engulfing teridentifikasi setelah candle kedua jatuh melebihi harga low candle sebelumnya. Kemudian tentukan timeframe yang akan kita gunakan, sebagai contoh saya menggunakan timeframe H4. Sehingga logika pemrogramannya jadi seperti ini:

LOGIKA:

Current H4 High greater than or equal to Previous H4 high AND

Current H4 Close equal to Previous H4 Open AND

Current H4 Open greater than Previous H4 Close AND

Current H4 Low greater than Previous H4 Low

5. Logika “Beli”

LOGIKA:

Current H4 High greater than Previous H4 high AND

Current H4 Close greater than Previous H4 Open AND

Current H4 Open equal to Previous H4 Close AND

Current H4 Low greater than or equal to Previous H4 Low

Nah. setelah kita memprogramkan logika karakter candlenya, saatnya kita melakukan Backtest dari sistem kita. Jika kita merasa yakin dengan program transaksi menggunakan karakter jenis ini, rekan-rekan dapat mengaktifkan sistemnya dan kemudian mensinkronkan dengan akun trading yang rekan-rekan miliki.

Untuk hasil rill dari program karakter jenis candle ini adalah sebagai berikut:

Disini saya menggunakan modal sebesar $200 dan hasil yang saya dapatkan adalah $59.07 dengan drawdown $55 Jumlah transaksi 64 kali selama 2 bulan ini. Dengan kata lain dalam 2 bulan ini saya mendapatkan keuntungan sebesar 29,5% dan ditiap bulannya berkisar 14,75% dari modal sebesar $200. Dengan pengaturan resiko sebanding yaitu 1:1 Stop Loss dan Take Profitnya. Untuk cara pengaturan management modal,resiko dan strateginya akan saya bahas di artikel selanjutnya. Bagaimana, menarik tidak? Dengan sistem ini saya hampir tidak pernah membuka metatrader dan mempercayakan pada sistem yang saya buat. Saya hanya mengecek ditiap bulannya. Menurut saya ini lumayan untuk dicoba lho. Tekanan psikologis dapat kita minimalisir dengan tidak terjun langsung ke pasar.

Baiklah, mungkin sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat dan sukses selalu.

Print This Post

http://www.mypipconsulting.com/2016/09/21/membuat-sistem-robot-trading-tanpa-harus-pakai-script-expert-advisor/

Show your support

Clapping shows how much you appreciated Mypip Consulting’s story.