Betapa banyaknya kemudahan yang kita dapatkan

Kita hidup di zaman yang serba mudah. Segala hal sudah tersedia untuk kita. Mau blogging, ada blog platform macam Medium, Wordpress, Blogspot, Tumblr, Jekyll, Hugo, Hexo, dan lain-lain. Mau posting foto ada Instagram. Mau cari resep masakan, tinggal buka Cookpad. Mau antar barang, pesan makanan, dan pergi-pergi ada Traveloka, Gojek, dan Grab. Pokoknya banyak banget kemudahan yang kita dapatkan saat ini. Maka benarlah ketika Allah mengatakan:

فبأي آلاء ربكما تكذبان

Maka nikmat Tuhanmu yang mana lagi kah yang kamu dustakan?

So, dengan berbagai kemudahan yang kita dapatkan saat ini, harusnya kita menjadi orang yang mawas diri, selalu mensyukuri berbagai hal yang menimpa kita, dan tak lupa untuk sering-seringnya mengucapkan Alhamdulillah atas segala hal yang kita dapatkan hari ini. Jikalau Allah mencabut sedikit saja kenikmatan yang kita dapatkan hari ini, belum tentu kita menjadi orang yang sabar.

Maka, dengan berbagai nikmat yang kita dapatkan saat ini, harusnya kita menjadi lebih bersyukur dan lebih banyak berkontribusi pada masyarakat, terutama pada agama. Jadikan hari-hari yang kita lalui ini penuh arti. Bagi kamu yang bisanya menulis, maka tulislah, di Medium misalnya. Bagi kamu yang bisanya membuat aplikasi Android, maka buatlah dan upload ke Play Store. Buat kamu yang bisa membuat aplikasi Apple atau iOS, bisa diupload ke App Store. So, hidup itu harus penuh arti. Jangan sampai kita habiskan untuk kegiatan sia-sia, misalnya aja banyak tidur, banyak makan, sehingga akhirnya kita malas berkontribusi dan malas buat lebih banyak membaca. Karena hidup ini sekali, ayo deh kita isi dengan penuh makna.

Beberapa kontribusi yang telah kulakukan

Aku yang menulis artikel inipun mencoba untuk melakukan sedikit kontribusi pada dunia. Walaupun tidak seberapa, tapi kuharap dapat memberi manfaat bagi yang menggunakannya. Kontribusi itu aku tuangkan dalam bentuk aplikasi web yang kucantumkan dalam web pribadiku.

Selain aplikasi web, akupun membuat beberapa aplikasi android:

So, selama masih memiliki kesempatan, gunakan sebaik-baiknya.