Jangan Buang-buang Waktumu!

Aku selalu percaya bahwa ketika kita bekerja dengan maksimal, maka hasilnya pun akan maksimal.

Kita seharusnya fokus mengerjakan pada apa yang seharusnya kita tuntaskan. Bukan malah teralihkan pada tugas-tugas lain yang sifatnya hanya sekedar bumbu.

Kita lebih suka memperbanyak bumbu daripada resep intinya.

Lalu, apa yang terjadi?

Keasinan. Kemanisan. Kepahitan. Kegurihan. Semua yang berpartikel ke…an tak sedap dirasa.

Bisakah kita fokus pada apa yang seharusnya kita kerjakan?

Misalnya aja begini, kita punya buku. Kita ingin membacanya. Lantas, apa jadinya kalau dikit-dikit kita hias-hiasi bukunya, dikit-dikit kita kutip quote-quote dari buku untuk diupdate ke Facebook atau Twitter, dikit-dikit kita foto bareng sama buku terus dimasukin ke Instagram. Terus, kapan selesainya?

Begitu pula ketika blogging.

Baru nulis dikit. Eh, kayaknya yang ini kata-katanya kurang pas. Eh, kayaknya yang bagian sini stylenya kurang mantep. Oh iya, meta descriptionnya belum tepat. Kok, belum ada alt sama title di gambarnya. Keyword densitynya kurang 10% lagi…

Terus, kapan selesai nulisnya?

Atau ketika lagi blogging, ngelihat blog kita, kayaknya tampilannya kurang marem. Dicari desain blog di google. Nyasar ke sugeng.id, nyasar ke blognya Om Djogzs, nyasar ke Themeforest, nyasar ke BTemplates. Terus, kapan nulisnya?

Aku jadi keinget sama kawan-kawan di Isykarima dulu.

Fokusnya cuma satu: menghapal Quran. Itu aja.

Nggak usah dipikirin lagi dah, Qurannya kurang bagus desainnya, fontnya masih serif, font sizenya kurang besar. So, ngabis-ngabisin waktu aja! Kapan ngapalnya?

Oke, ini sindiran buat diri sendiri. Maaf ya kalau tersindir juga. Ini fakta kok.

Jadi, kalau kita nulis, fokus nulis aja. Kalau kita baca buku, fokus baca buku aja. Kalau kita ngaji, fokus ngaji. Kalau kita ngapal Quran, fokus aja ngapal Quran.

Terus, kapan ngasih bumbunya?

Di akhir aja. Itu juga buat nutupin yang kurang-kurang aja. Yang penting hidangan intinya dimantapkan dulu.

Oke? Siap menapaki kehidupan lagi?


Sumber gambar: kampusupdate.com