Jangan Sombong

Sumber: staticflickr.com

Apa sih sombong itu?

Sombong itu adalah:

  1. Kamu merasa kalau kamu itu sudah hebat, jadinya kamu nggak mau latihan lagi.
  2. Kamu merasa kalau kamu itu hebat, makanya kamu menganggap remeh orang lain.
  3. Kamu merasa dirimu sudah cukup, lantas kamu tak mau berbuat lebih.
  4. Kamu merasa hidup sendiri sudah cukup, sehingga kamu tak mau bergaul dengan kawan.
  5. Kamu merasa tak peduli dengan kaum dhuafa, maka pelit dalam sedekah.
  6. Kamu merasa dah banyak pahala, jadinya nggak mau ibadah.

Sombong itu penyakit hati yang sangat berat dosanya kawan. Ingatlah ketika iblis menolak perintah Allah dengan sombongnya:

Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah kamu kepada Adam,” maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir. (Al-Baqara: 34)

Nah, apa yang terjadi kemudian? Karena kesombongan iblis, akhirnya dia dikeluarkan dari surga seraya memendam dendam kepada keturunan nabi Adam dan bersumpah bakalan menyesatkan mereka:

Dan (ingatlah), tatkala Kami berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah kamu semua kepada Adam”, lalu mereka sujud kecuali iblis. Dia berkata: “Apakah aku akan sujud kepada orang yang Engkau ciptakan dari tanah?” Dia (iblis) berkata: “Terangkanlah kepadaku inikah orangnya yang Engkau muliakan atas diriku? Sesungguhnya jika Engkau memberi tangguh kepadaku sampai hari kiamat, niscaya benar-benar akan aku sesatkan keturunannya, kecuali sebahagian kecil”. Tuhan berfirman: “Pergilah, barangsiapa di antara mereka yang mengikuti kamu, maka sesungguhnya neraka Jahannam adalah balasanmu semua, sebagai suatu pembalasan yang cukup. (Al Israa: 60–62)

Bayangkan coba, sebegitu ngerinya akibat yang ditimbulkan dari sikap sombong ini. Iblis, yang dulunya adalah sepantaran sama para malaikat aja diusir dari surga karena membangkang, sombong lagi. Nah, apalagi kita yang bukan apa-apa ini? Apa sih yang kita sombongin ini? Kita itu nggak punya apa-apa. Kita juga makhluk yang lemah. Coba deh pegang tangan kita. Dagingnya keras kah lunak? Coba pegang telunjuk kita, lalu tarik ke arah punggung tangan dengan kuat, sakit nggak? Pasti sakit kan ya! Memang begitu lemah manusia yang Allah ciptakan ini. Tapi, karena rahmat Allah lah, manusia akhirnya diberi gelar khalifah dari Allah supaya kita menjaga bumi ini dan menjaga perintah-perintah Allah dan Rasul-Nya senantiasa dijalankan di muka bumi ini.