Praktek Kerja Lapangan di Papua

Praktek Kerja Lapangan di PT. Nabire Baru, Papua

Praktek Kerja Lapangan di PT. Nabire Baru

PT. Nabire Baru selaku perusahaan dibidang perkebunan kelapa sawit yang ada di Kabupaten Nabire Papua, setiap tahunnya membuka kesempatan bagi mahasiswa-mahasiswi yang ingin merasakan pengalaman magang atau praktek kerja lapangan di perusahaan tersebut. Khususnya bagi mereka yang mengambil jurusan atau fakultas pertanian.

Praktek kerja lapangan (PKL) merupakan sebuah proses pengajaran dengan memberi kesempatan kepada mahasiswa dari berbagai jurusan untuk magang di tempat kerja secara nyata, baik di instansi swasta, maupun instansi pemerintahan lainnya. Dengan adanya PKL, mahasiswa bisa menerapkan ilmu yang didapatnya di bangku kuliah untuk diimplementasikan di perusahaan magang tersebut layaknya didunia kerja sesungguhnya.

Bagi mahasiswa sendiri kegiatan magang bukanlah hal yang asing bagi mereka, karena magang merupakan syarat khusus yang diterapkan oleh hampir semua kampus untuk dijalani di beberapa semester sebelum mereka mengakhiri kegiatan perkuliahannya. Selanjutnya ilmu dan pengalaman yang didapatkan nantinya di perusahaan magang juga bisa menjadi bekal untuk bersaing dan mendapatkan pekerjaan di dunia kerja sesungguhnya nantinya.

Secara umum praktek kerja lapangan bertujuan untuk memberi gambaran kepada mahasiswa tentang dunia kerja sesungguhnya. Sedangkan secara khusus tujuan praktek kerja lapangan adalah bertujuan agar tiap-tiap mahasiswa dapat mengembangkan potensi ilmu pengetahuannya, melatih keterampilannya, menambah kreatifitas dan memberikan motivasi bagi mereka untuk meraih cita-cita yang diinginkan.

Seperti halnya yang dilakukan oleh mahasiswa Diploma III Budidaya Tanaman Perkebunan dari Fakultan Pertanian dan Teknologi Pertanian Universitas Negeri Papua ini. Pada tanggal 4–31 Juli 2014 mereka melakukan praktek kerja lapangan di PT. Nabire Baru Papua dengan materi pelajaran praktek kerja lapangan antara lain : Land Clearing, Pembibitan, Penanaman, Perawatan serta Administrasi.

Diawal praktek kerja lapangan dilakukan sosialisasi HR bagi seluruh peserta praktek kerja lapangan di PT. Nabire Baru tentang terkait peraturan tenaga kerja bagi mahasiswa, yang disampaikan oleh Asistant IR Bpk. Yapet Magal. Pengenalan materi terkait EHS juga dilakukan dengan melakukan sosialisasi yang sama kepada mereka dan disampaikan oleh EHS Asistant Manager Bpk. Bistok Leo Marpaung.

Selain itu diakhir kegiatan praktek kerja lapangan di PT. Nabire Baru Papua tepatnya di tanggal 31 Juli 2014 dilakukan evaluasi praktek kerja lapangan bagi mahasiswa Universitas Negeri Papua tersebut. Berdasarkan hasil penilaian praktek kerja lapangan oleh Plantion, HRD dan CSR Departement PT. Nabire Baru selama kegiatan yang mereka lakukan sejak tanggal 4 Juli — 31 Juli 2014 seluruh peserta dinyatakan lulus.

Kegiatan praktek kerja lapangan ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa magang untuk bisa bekerja nantinya di PT. Nabire Baru sesuai dengan kriteria dan kemampuan yang dimiliki mereka dan memenuhi syarat penerimaan karyawan/staf di PT. Nabire Baru. Serta kedepannya kegiatan praktek kerja lapangan ini akan terus dilakukan setiap tahunnya guna memberikan kesempatan kepada mahasiswa dari universitas manapun yang ingin merasakan pengalaman dalam melakukan praktek kerja lapangan di PT. Nabire Baru di Kabupaten Nabire Papua ini.

Praktek kerja lapangan di Papua, lokasi lahan kelapa sawit PT Nabire Baru
Show your support

Clapping shows how much you appreciated Nabire Baru Harapan Baru’s story.