Tips Membuat Email Marketing

« Back to home Posted on

Tips Membuat Email Marketing yang Baik. Email marketing menjadi sarana pemasaran yang cukup efektif. Kecanggihan teknologi internet membuat pemasaran produk dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Segalanya menjadi lebih mudah, cepat, dan yang paling penting dalam sebuah pemasaran adalah jangkauan yang luas. Salah satu yang dapat dilakukan yaitu adanya email marketing.

Anda tahu apa itu? Email marketing adalah email (surat elektronik) yang dikirimkan perusahaan kepada pelanggannya, biasanya terkait adanya produk baru atau promosi tertentu.

Walaupun email sudah dianggap tidak terlalu masa kini dalam marketing nyatanya masih banyak perusahaan yang melakukannya dan ternyata menghasilkan. Eits, menghasilkan kenaikan omzet atau tidak? Hasilnya ternyata tergantung dari email yang Anda kirim!

Judul yang Menarik

Menarik seperti Judul email (subject) sangat penting dipikirkan karena bisa jadi (calon) klien malah menghapus email Anda sebelum sempat membacanya. Judul yang menarik biasanya berupa pertanyaan yang bersifat umum bukan promosi misalnya: “Ingin tahu cara berbisnis online?. Dengan pertanyaan, akan memancing sang calon klien untuk mengetahui isi jawabannya. Selain itu, Anda dapat mengaitkan produk dengan isu terkini (newsletter) yang selain promosi produk, tapi menyelipkan latar belakang mengapa produk Anda dibutuhkan, misalnya isu pengangguran.

Mulai dengan bercerita

Jangan jadi freelancers pembohong! Judul email marketing yang menarik tadi jangan sekedar dijadikan pancingan untuk membuka email tapi buat calon klien tetap ingin membaca email Anda sampai akhir. Hal ini bisa dilakukan dengan menceritakan sedikit dari judul tersebut. Misalnya judul “Ingin tahu cara berbisnis online?” Mulailah dengan menceritakan permasalahan yang ada misalnya pengangguran membuat orang-orang dipaksa untuk mandiri berbisnis lalu kaitkan dengan cara paling mudah untuk berbisnis yaitu dengan online dan benefit yang akan didapatkan ketika mereka mulai berbisnis online.

Manfaatkan tautan

Selain sosial media, email marketing menjadi cara efektif marketing dengan mengirimkan tautan website (blog) Anda dalam email. Selesai bercerita tadi, kaitkan cerita tersebut dengan produk Anda. Misalnya Anda adalah seorang website designer. Kaitkan bisnis online dengan jasa yang Anda tawarkan kepada mereka. Untuk info lebih detail klik (website/blog) Anda. Gunakan kata “Anda” atau Nama

Klien senang jika diperlakukan secara khusus, Anda dapat melakukannya dengan cara di setiap kalimat sapaan awal gunakan: “Hai, Puput!” dan selanjutnya gunakan sapaan “Anda” karena bersifat general untuk semua kalangan dan seolah-olah klien email itu memang ditujukan untuknya.Jika tidak mau repot, Anda dapat melakukannya melalui layanan autoresponder, yang otomatis email tersebut ditujukan kepada semua contact yang ada di email Anda. Buat daftar unsubscribe

Mungkin akan lebih mudah dan efektif jika kita mengirimkan email marketing kepada orang-orang yang memang akan tertarik membaca email tersebut. Buat daftar nama penerima email yang kira-kira tidak akan tertarik melihat email kita bisa siapapun termasuk karyawan sendiri.


Originally published at zhop.co on January 9, 2015.

A single golf clap? Or a long standing ovation?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.