Tabu

Sebuah kata atau rangkain kata bisa menjadi tabu, padahal dia cuma mengungkapkan sesuatu apa adanya. Dan nama itu sudah ada sebelum menjadi tabu. Mungkin individu di suatu lingkungan menganggap suatu “kata” menjadi tabu. Tapi bukan berarti ini tabu. Ini bukan berarti juga tidak tabu. Apakah sebuah “kata” yang sering di gunakan untuk menyebut sesuatu yang jelek lama kelamaan jadi jelek??, Apakah suatu kebudayaan yang sudah turun temurun akan menjadi/serasa milik nya. Ini seperti cerita pandawa, rama shinta, ini milik Indonesia kah? atau milik orang jawa? atau India?

Baji**** apakah itu tabu, ya di indonesia, mungkin. Tunggu kita cari tahu asal muasal kata “itu”, kata kuncinya, ini duluan siapa?. “itu” adalah sebutan untuk driver (kata kerenya) suatu kreta yang ditarik Sapi atau Kerbau. Dari sini dimulai, ada seorang driver selanjutnya dia di katakan “itu”, atau memang “itu” adalah sebutan/nama seorang driver?

Kata tabu di indonesia biasanya diambil dari sesuatu yang dianggap jelek dan saru, ya dari bagian tubuh manusia, ataupun nama hewan2 yang Najis. Oke nama “Anjing” disini ini berkonotasi negatif, tapi kalo di negeri jepang yang menganggap anjing adalah bagian dari keluarganya, ini merupakan sesuatu yang lucu. Kamu lucu kayak anjing(aku bayangkan kamu di Japan), kamu lucu kayak ANJING(aku bayangkan di indonesia), kalo di jawa Koe lucu koyo Asu, iyo koe Asu☺.

Aku menyebutnya Nilai rasa bahasa, dan apapun lah terserah… ini cm pandanganku saja, aku juga tidak memaksakanya untuk mu, aku juga gak menyuruh mu atau seseorang untuk membenarkanya. Ngerti panggon wae….

Show your support

Clapping shows how much you appreciated alam ybs’s story.