3 Langkah Mengubah Totalitas Menuju Loyalitas

Memahami Brand Feelings untuk Loyalitas Merek

Brand feelings itu sendiri adalah perasaan atau aksi yang dilakukan oleh para konsumen terhadap sebuah produk, brand atau merek tertentu, misalnya konsumen yang setia terhadap produk kosmetik yang dikeluarkan karena paling cocok dengan kulitnya, atau karena harganya yang ekonomis namun memberikan hasil akhir yang baik. Konsumen tersebut akan memilih merek yang sudah ia percayai selama ia membutuhkannya, dan mereka juga biasanya tak segan untuk mengikuti berbagai promo dari merek tersebut untuk mendapatkan bonus atau keuntungan tambahan.

Loyalitas konsumen pada merek yang kita keluarkan harus menjadi perhatian, sebab kegiatan konsumsi masyarakat pada produk tersebut tentunya akan memberikan keuntungan yang tak sedikit untuk pihak perusahaan atau pihak produsen. Maka karena itu, sebagai tanda terima kasih maka kita harus memberikan timbal balik yang baik untuk mereka, di antaranya adalah dengan meningkatkan kualitas produk atau banyak memberikan promo. Di Indonesia sendiri kita banyak melihat brand Ternama yang memberikan banyak promo istimewa untuk pelanggannya.

Lalu sebenarnya apa manfaat dari loyalitas konsumen? Sebagai efek dari brand feelings yang diberikan oleh konsumen, maka dari loyalitas konsumen akan memberikan manfaat sebagai berikut ini.

- Mengurangi Biaya Pemasaran atau Reduced Marketing Cost

Jika dikaitkan dengan biaya pemasaran, maka hasilnya akan jauh lebih hemat jika mempertahankan pelanggan lama daripada menggaet pelanggan-pelanggan baru, salah satunya dengan menawarkan harga yang jauh lebih hemat dibandingkan dengan produk kompetitor, tentu saja setelah mempertimbangkan biaya produksi dan lain sebagainya. Jadi singkatnya brand loyalty yang meningkat akan memperkecil biaya pemasaran dan sebuah ciri yang paling nampak dari pelanggan yang mereka membeli suatu produk karena harganya yang memang murah.

- Meningkatkan Perdagangan atau Trade Leverage

Jika produk yang diluncurkan di pasaran sudah memiliki konsumen yang loyal sendiri, maka bisa dipastikan jika peningkatan perdagangan pun akan terjadi, bahkan saat merek tersebut mengeluarkan produk baru yang belum diketahui kelebihan dan kekurangannya secara jelas. Karena loyalitas dari konsumen itulah, sebuah brand akan terus bertahan dan penjualannya stabil. Karena masyarakat cenderung memilih produk atau merek yang sudah biasa mereka gunakan.

- Menarik Minat Para Pelanggan yang Baru atau Attracting New Customers

Semakin banyak pelanggan yang merasa sangat puas akan sebuah produk, maka semakin banyak pula calon pelanggan yang tertarik untuk mencoba produk tersebut. Itulah yang disebut dengan brand feelings, baik di Indonesia maupun negara lain pun demikian.Tanpa perlu memberikan program promosi atau sejenisnya, pelanggan loyal kita yang akan menawarkan produk tersebut ke rekannya dengan memberitahu kelebihan dan keuntungan mengenakan produk tersebut. Dengan begitu, akhirnya menarik pelanggan baru.

Show your support

Clapping shows how much you appreciated Nam khoepen’s story.