Pengantar Bahasa Python

Logo Resmi Python Programming

Selamat tengah malam menjelang subuh teman-teman coders, semoga masih semangat untuk belajar codingnya. Gimana teman-teman, sudah ada gambaran mau fokus ke programming bidang apa ? semoga setelah baca cerita saya pada postingan sebelumnya, teman-teman sudah mulai sedikit dapat gambaran mengenai strategi awal untuk memulai belajar bahasa pemrograman dan sangat baik lagi apabila teman-teman coders sudah punya bahasa pemrograman pilihan yang akan dipelajari.

Oh iya bicara bahasa pemrograman, kali ini saya ingin bercerita sedikit tentang sebuah bahasa pemrograman yang 4 tahun terakhir sedang jadi trending didunia pemrograman, meskipun sebenarnya bahasa ini sudah ada sejak tahun 90'an, namun boomingnya pada era milenium dan era Z ini. Bahkan bahasa ini merupakan salah satu penantang yang kuat untuk bahasa pemrograman legend seperti C, JAVA , C++ dan C# dalam rangking bahasa pemrograman yang dirilis oleh TIOBE.

Rangking TIOBE untuk Bahasa Pemrograman November 2016
Bahasa ini terkenal sangat “manusiawi” hehehe…

Kenapa saya katakan begitu ? karena memang bahasa pemrograman ini sederhana dan simpel namun sangat powerfull. Sederhana dalam arti script programnya mudah dibaca dan mudah dipahami. Saya mengatakan bahasa ini bahasa yang manusiawi bukan berarti saya mengatakan bahasa lain susah dan tidak manusiawi hahahaha… Ini hanya karena script bahasa ini lebih mudah dibaca dan simpel dalam penulisannya dibanding dengan yang lain.

Pada postingan sebelumnya sudah saya singgung juga tentang bahasa ini, dan bahkan saya berani sarankan teman-teman yang baru mulai belajar programming untuk memilih bahasa ini sebagai bahasa pertama yang wajib dipelajari.

Oke saya akan perkenalkan dulu … please wellcome … (jeng jeng jeng jeng)

Contoh Script Python

Yup namanya Python Programming, bahasa pemrograman ciptaan Guido van Rossum programmer asal negeri kincir angin. Python memang sekilas terdengar mengerikan karena kebetulan sama dengan nama salah satu jenis reptile, namun lucunya Python sendiri tidak ada sama sekali kaitannya dengan ular, konon menurut sejarahnya nama Python sendiri muncul karena terinspirasi oleh acara televisi Monty Python.

Untuk sejarah lengkapnya silahkan kunjungi link berikut :

Python mengusung konsep keterbacaan kode dan mudah untuk ditulis, yah memang banyak yang sepakat mangatakan bahwa script python mudah untuk dibaca dan pahami, seperti apasih sederhananya script python itu, mari simak contoh-contoh perbandingan script dibawah ini :

Hello World pada JAVA :

Contoh Script Menampilkan Tulisan Pada Layar Console

Hello World pada PHP :

Concoth Script Menampilkan Hello World pada PHP

Hello World pada C++:

Contoh Script Menampilkan Hello World pada C++

Hello World pada Python :

Contoh Script Menampilkan Hello World pada Python

Dari contoh-contoh script diatas, teman-teman coders bisa melihat sendiri dan membandingkan mana yang lebih mudah dibaca dan simpel penulisannya. Keempat contoh diatas tujuan programnya sama, yaitu menampilkan tulisan pada layar ataupun console. Jika teman-teman coders sudah perhatikan, pasti teman-teman akan sepakat dengan pernyataan bahwa python itu memang mudah dibaca dan simpel dalam penulisannya. Maka karena itulah saya sangat menganjurkan untuk teman-teman memulai dengan bahasa Python ini sebagai bahasa awal belajar Algoritma dasar.

Teman-teman coders juga harus tahu kalau kampus sekelas MIT menggunakan bahasa python ini sebagai bahasa pemrograman dalam belajar Algoritma pemrograman dan Struktur data. Itu artinya memang bahasa ini dianggap efisien dalam proses pendukung pembelajaran.

Dan muncul pertanyaan :

Bahasa Python digunakan untuk bidang apa saja ?

Pasti pertanyaan ini muncul, dan saya juga banyak melihat pertanyaan tersebut ditanyakan dalam group Python Indonesia. Jawabannya secara umum Python sangat bagus digunakan untuk pembuatan program atau pengembangan program pada bidang fokus antara lain :

  • Website Developement ( Back-end )
  • Desktop Programming
  • Raspberry Pi Development
  • Artificial Intellegent Development
  • Machine Learning Development
  • Modelling Blender

dan masih banyak lagi bidang yang bisa dikembangkan bersama bahasa python.

Kemudian selain keunggulannya yang mudah dibaca, python juga mempunyai peluang pekerjaan yang sangat luas bagi para programmernya, baik mulai level junior hingga level senior dan dengan rate salary (gaji) yang terbilang cukup besar. Dan programmer python ini banyak dicari di luar negeri, bahkan tidak sedikit perusahan yang mau menerima programmernya bekerja dengan system remote jarak jauh. Itu berarti peluang berkarir dengan python sangat terbuka lebar. Namun disamping nilai plus tersebut, justru di dalam negeri python masih kalah pamor dengan programmer bahasa lainnya, Jobs yang membutuhkan programmer bahasa python sendiri masih belum sebanyak PHP programmer, Java programmer, atau .NET programmer.

Hal itu sebenarnya disebabkan oleh banyak faktor, yang salah satunya adalah jumlah programmer python expert masih sedikit dan kalah jumlah dengan programmer bahasa lain, namun hal itu justru merupakan sebuah peluang juga. Karena menurut perkembangan terakhir, sudah banyak perusahan-perusahan yang menulis ulang programmnya menggunakan bahasa Python. Salah satu alasannya adalah karena kebutuhan dokumentasi dari prgoram tersebut.

Untuk melihat daftar Jobs python yang sedang dibutuhkan dalam dunia kerja tujuannya sebagai motivasi anda untuk belajar, anda bisa kunjungi alamat berikut :

Python Jobs Board :

Nah untuk bahasan kali ini, memang saya belum akan membahas terlalu jauh tentang Python, ini hanya sebagai pengantar saja dulu. Saya belum membahas tentang kriteria penulisan script pada python, Type Data dan Struktur data pada python, Input/Output pada Python, hingga konsep OOP pada python. Untuk bahasan itu saya keep dulu, nanti akan saya bahas lagi pada lain kesempatan. Semoga bermanfaat :-) .

Horas ma dihita sasudena …

Python logo source : https://www.python.org/community/logos/

TIOBE rank. pict :http://www.tiobe.com/tiobe-index/