Susahkah belajar “coding” itu ?

Contoh Script “Hello World” di bahasa Java
Hello World pada Java Programming

Ini merupakan postingan pertama saya di medium. Saya ingin sedikit bercerita tentang pengalaman saya awal mula terjun ke dunia programming. Dan akan membahas tentang satu pertanyaan yang sering muncul dari seorang pemula yang baru akan mulai belajar pemrograman.

“ Susahkah Belajar “Coding” itu ? “

Pertanyaan diatas sering muncul terutama bagi seseorang yang masih baru akan mulai terjun kedalam dunia pemrograman. Kadang tidak sedikit juga yang menyerah diawal karena mendengar jawaban yang sedikit “menakut-nakuti” dari pernyataan diatas.

Memang jika ditanya susah atau tidak jawabannya adalah relatif, karena setiap orang itu pasti mempunyai kemampuan untuk memahami sesuatu yang berbeda-beda. Dan pola belajar juga sangat menentukan untuk mulai menekuni dunia pemrograman ini. Saya pribadi percaya bahwa jika masih memiliki pola belajar yang salah, maka akan menimbulkan kesusahan dalam proses pembelajaran. Dan akan sangat terbantu jika anda menemukan mentor atau mempunyai pembimbing yang berperan untuk mengarahkan anda ketika sedang belajar.

Untuk memulai memang ada baiknya harus diawali dari hal-hal mendasar terlebih dahulu. Seperti belajar Algoritma dasar, pemilihan bahasa pemrograman yang tepat untuk mendukung proses pembelajaran. Saya pribadi menyarankan bagi teman-teman yang masih baru akan terjun kedunia pemrograman untuk mengawalinya bersama bahasa PYTHON.

Kenapa Python ? jawabannya simpel, karena bahasa Python memang bahasa pemrograman yang mudah dipelajari dan scriptnya mudah dibaca namun sangat powerful, bahkan sudah support OOP (Object Oriented Programming). Bahasa Python itu hampir sama seperti bahasa Inggris dalam penulisannya, dalam arti struktur penulisannya tidak terlalu banyak keyword aneh-aneh dan tidak terlalu banyak tanda baca, seperti kurung kurawal, titik koma yang sering dikeluhkan oleh pemula.

Namun ada sedikit kekurangan di Python bagi pemula, yaitu tidak adanya proses deklarasi spesifik dari suatu variabel. Ini akan sedikit membuat bingung para pemula karena pada Python suatu variabel akan otomatis terdeklarasi sesuai dengan jenis tipe data nilai yang mengisi variabel tersebut. Namun bagi yang sudah paham bahasa pemrograman, hal ini merupakan sesuatu yang menarik karena sedikit membantu menghemat waktu untuk proses deklarasi variabel.

Belajar OOP di Python sangat mudah dipahami, saya sendiri merasakan manfaat yang sangat besar karena mengawali dengan Python. Ketika saya Hijrah ke bahasa pemrograman lain, saya tidak terlalu kesusahan untuk belajar memahami bahasa tersebut. Sekarang saya sedang belajar JAVA (yang terkenal susah hihihi :-D ), namun karena saya sudah mengerti konsep OOP pada Python, jadi saya pribadi tidak merasa terlalu kesusahan untuk memahami konsep OOP pada JAVA. Dan alhamdulillah sekarang masih berjalan lancar perkenalan saya dengan Java Programming, meskipun masih “newbie” hehehe.

Karena pada dasarnya bahasa pemrogramn itu adalah tools bisa dibilang konsep umumnya sama saja. Dan hanya dibedakan oleh fitur dan syarat(sifat-sifat dasar) serta format penulisannya.

Jadi disini saya punya tips untuk teman-teman yang baru akan memulai , yaitu :

  • Tentukan arah bidang yang ingin anda tekuni, misalnya : Website Programming , Mobile Programming, Desktop Programming , dll
  • Mulailah dari mempelajari Algoritma Dasar Pemrograman.
  • Pilih bahasa pemrograman yang menurut anda nyaman dan sesuai dengan bidang yang akan anda tekuni. Saran saya awali dengan Python.
  • Pelajari sifat-sifat dasar atau karakteristik dan konsep dari bahasa pemrograman yang telah anda pilih. Misal format penulisan.
  • Perbanyak latihan, try and error. Percayalah ini akan sangat membantu.
  • Gabung dengan komunitas / group belajar programming dan aktif bertanya.
  • Bersabar dan Berproses.

Mungkin cerita kali ini sampai disini saja dulu, nanti saya akan lanjutkan dan masih akan membahas tentang seputar awal mula belajar pemrograman dan berbagi pengalaman saya dalam belajar dunia pemrograman ini. Semoga bermanfaat :-) … Horas