Mengapa Saya Mengambil Kuliah Permodelan, Generator Data, dan Analisisnya

Naufaldoindrapratama
3 min read4 days ago

--

Gambar 1.1 Pekembangan Era Digitalisasi

Dalam pertumbuhan teknologi digital yang pesat, termasuk revolusi industri kelima, ranah data menjadi semakin rumit dan mengharuskan manusia untuk sadar akan teknologi digital. Saat ini, hampir semua aktivitas yang melibatkan manusia memiliki aura digital; mulai dari berbelanja daring hingga bekerja, dan lain sebagainya. Di sinilah saya percaya kita perlu memulai upaya untuk belajar agar tidak hanya tetap relevan tetapi juga mampu memenuhi kebutuhan dunia di masa depan. Dan pemodelan serta penghasil data beserta analisisnya sangat penting.

Ada beberapa motivasi yang muncul dalam diri saya mengapa saya mencoba mempelajari pemodelan, generator data. Yang pertama adalah untuk mengembangkan diri.

“Nothing we learn in this world is wasted.” — Eleanor Roosevelt

saya juga tertarik mempelajari permodelan dan generator data karena ingin terus mengembangkan diri. Proses belajar ini akan memaksa saya untuk berpikir secara kritis, logis, dan kreatif. Saya juga akan tertantang untuk terus belajar hal-hal baru, karena bidang data science terus berkembang dengan pesat. jika pengembangan ini sudah berproses, dengan kata lain selaras juga dengan bekal mengembangkan karir saya di masa depan. Banyak perusahaan, baik startup maupun perusahaan besar, membutuhkan tenaga kerja yang mampu mengolah data untuk mendapatkan wawasan yang berharga. Dengan menguasai keterampilan ini, saya berharap dapat membuka peluang karir yang lebih luas di berbagai bidang.

Di salah satu bahan kajian yang akan dibahas pada kelas ini adalah prinsip dasar permodelan sederhana dan pembangkitan data. Bedasarkan beberapa sumber yang saya baca, ada beberapa output yang akan didapatkan dari mempelajari hal ini. Seperti, memahami sistem yang komplek. Yang dimaksud hal ini adalah kita menjadi dapat menyederhanakan masalah. Selain itu, dengan memahami sistem yang kompleks, kita dapat melakukan simulasi untuk melihat bagaimana sistem bereaksi terhadap perubahan pada input atau parameter. Ini sangat berguna untuk menguji hipotesis dan merancang eksperimen. Salah satu keuntungan lainnya adalah kita dapat memvisualisasikan data dan mengidentifikasi pola yang mungkin tidak terlihat secara langsung.

Selanjutnya yang dipelajari dari kuliah ini adalah aplikasi praktis permodelan sederhana dan pembangkitan data dan beberapa manfaat yang didapat dari mempelajari hal ini adalah dapat memecahkan masalah nyata. dalam hal ini, memungkinkan kita untuk membuat model sederhana yang dapat mensimulasikan berbagai skenario dan memprediksi hasil yang mungkin terjadi. Ini sangat berguna dalam berbagai bidang, seperti bisnis, engineering, dan ilmu sosial.

Selanjutnya, yang dipelajari pada kuliah ini adalah pengetahuan komprehensif pemodelan dan generasi data. Salah satu manfaat utama dari mempelajari pemodelan dan generasi data adalah kemampuan untuk memahami dunia yang semakin kompleks. Melalui pemodelan, kita dapat menyederhanakan sistem dan fenomena yang rumit menjadi representasi matematis atau komputasional. Hal ini memungkinkan kita untuk mengidentifikasi pola, tren, dan hubungan sebab-akibat yang tersembunyi di dalam data. Dengan demikian, kita dapat membuat prediksi yang lebih akurat tentang kejadian di masa depan dan mengambil keputusan yang lebih baik. Mempelajari pemodelan dan generasi data juga dapat membantu mengembangkan sejumlah keterampilan kritis yang sangat dibutuhkan di jika nantinya saya akan terjun ke dunia kerja yang salah satu keterampilan yang dibutuhkan adalah mampu bisa memodelkan data. banyak sekali bidang yang berisan dengan materi ini, seperti jika ingin lebih lanjut mempelajari neural network, convolutional neural network, dan recurrent neural network, setidaknya kita dapat memahami permodelan dan generasi data.

Ada hal lain sebagai motivasi saya dan penyemangat saya mempelajari tentang permodelan data dan generator data. saya ingin lebih mendalami bidang energi. Dan pada masa kuliah ini saya ingin mengambil spesialisasi energi. ada beberapa hal yang saya garis bawahi dan kaitannya mengapa saya mempelajari permodelan dan generator data. Dunia energi saat ini sedang mengalami transformasi besar-besaran. Peralihan menuju energi bersih, meningkatnya permintaan energi, dan kompleksitas sistem energi semakin mendesak kebutuhan akan solusi yang inovatif dan berbasis data. Di sinilah permodelan dan generator data memainkan peran yang sangat krusial.

Sistem energi terdiri dari berbagai komponen yang saling terkait, mulai dari sumber energi hingga distribusi. Melalui pemodelan, para ahli energi dapat mensimulasikan berbagai skenario, memprediksi kinerja sistem, dan mengidentifikasi potensi masalah sebelum terjadi. Dengan menggunakan data historis dan real-time, model dapat dioptimalkan untuk meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, dan memaksimalkan produksi energi. Selain itu juga, pentingnya permodelan dan generator data dalam bida energi adalah untuk memenejemen energi yang lebih efisien. Hal yang dimaksud adalah dengan menggunakan sensor dan perangkat IoT, data konsumsi energi dapat dikumpulkan dan dianalisis untuk mengidentifikasi pola penggunaan dan area yang perlu perbaikan.

--

--