Menikmati Google I/O 19 di Mountain View, California

Google I/O merupakan salah satu event teknologi terbesar di dunia yang diselenggarakan setiap setahun sekali di kantor Google pusat, yakni Googleplex. Bisa datang ke Google I/O adalah impian bagi developer di penjuru dunia karena Google I/O membahas dengan sangat lengkap mengenai teknologi-teknologi yang sedang Google kembangkan dan akan Google rilis. Seperti Mobile Apps, Web, Cloud, Maching Learning, Google Auto, dan masih banyak lagi.

Saya pun demikian, sejak saya mendalami pengembangan aplikasi android, saya suka menonton acara Google I/O melalui kanal Youtube Google Developers. Saya menonton acara tersebut di Youtube bukan lain karena saya membutuhkan pembaharuan mengenai pengetahuan saya terkait pengembangan aplikasi android.

Seringkali ketika itu saya berharap untuk dapat menyaksikan Google I/O secara langsung di Googleplex, Mountain View, California. Sampai-sampai pada tahun 2017 saya memposting ke sosial media mengenai pemandangan Googleplex yang sangat indah, karena saya sangat ingin mengunjungi dan belajar di tempat itu.

Posting Saya Tahun 2017

Alhamdulillah pada bulan Mei 2019 saya mendapatkan kesempatan untuk menghadiri Google I/O 19 dengan cuma-cuma. Saya diberikan kesempatan ini oleh Google. Terimakasih Developer Student Clubs, Google Developers, dan Google atas kesempatannya!

Saya pergi ke California mewakili Developer Student Clubs Bina Nusantara University. Selain itu, bukan hanya saya saja yang diberikan kesempatan ini oleh Google. Ada beberapa teman DSC yang mendapatkan kesempatan serupa dengan saya. Yakni ada Muhammad Isfhani Ghiath dari DSC Lead STT Terpadu Nurul Fikri, Deni Rohimat dari DSC Universitas Widyatama, Syakir, Hastu, dan Milla. Mereka semua orang yang sangat aktif dalam berkontribusi untuk pengembangan developer di kampusnya masing-masing.

Kami Mewakili Kampus Kami Masing-Masing Untuk Belajar di Google I/O 19

Pada H-1 acara Google I/O dimulai, kami menuju ke tempat pengambilan badge dan merchandise yang disediakan oleh Google untuk oleh-oleh dan “tiket” masuk ke dalam acara Google I/O yang akan diselenggarakan pada esok hari. Kami pergi dari hotel menuju tempat pengambilan menggunakan bus yang disediakan oleh Google. Sesampainya kami di tempat tersebut, kami langsung berbaris dan antri untuk mengambil merchandise dan badge. Di sana terlihat cukup ramai dan terlihat wajah antusias dari orang-orang yang hadir untuk mengambil badge.

Selain mengambil merchandise dan badge, kami juga mempunyai kegiatan lain di H-1 Google I/O. Yaitu menghadiri acara Developer Student Clubs. Acara ini dihadiri oleh DSC Lead dari seluruh dunia yang terpilih untuk datang ke Google I/O. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh para Googlers yang menangani DSC di seluruh dunia.

DSC Lead dan Googlers

Di sana, kami saling berkenalan satu sama lain mengenai profil kami dan juga kami mempresentasikan beberapa kegiatan yang kami lakukan di komunitas kampus kami kepada teman-teman DSC Lead lainnya. Pada sesi ini, saya mempresentasikan kepada teman-teman DSC lainnya mengenai kegiatan yang saya dan Core Team lakukan di DSC Binus University.

Mempresentasikan Kegiatan DSC Lead Binus University

Setelah kegiatan pertama kami selesai, kami pun bersiap diri untuk menghadiri acara selanjutnya. Acara selanjutnya adalah makan malam bersama para Googlers dan teman-teman yang mendapatkan kesempatan hadir ke Google I/O dengan bantuan dari Google Developers. Makan malam ini bertujuan untuk mengakrabkan diri satu sama lain dengan para developers dan Googlers. Intinya acara ini adalah untuk memperluas koneksi kita.

Pada sesi ini, beberapa perwakilan dari setiap negara mempresentasikan kontribusi yang mereka lakukan di negara nya masing-masing.

Perwakilan dari Indonesia

Setelah acara makan malam selesai, kami pun kembali ke Hotel untuk istirahat untuk kegiatan yang lebih besar lagi besok, yaitu hari H nya Google I/O 19 berlangsung.

Pagi hari pun tiba. Kami pun harus bersiap diri untuk menuju ke Amphitheatre menggunakan bus yang telah disediakan. Setelah sampai di lokasi tujuan, kami pun harus mengantri panjang untuk pemeriksaan dan registrasi masuk ke Google I/O menggunakan badge yang telah kami ambil di hari sebelumnya. Terlihat dari antrian wajah orang-orang yang sangat antusias untuk menghadiri acara ini.

Setelah melewati antrian yang panjang, kami pun berhasil masuk ke dalam area Google I/O. Setelah masuk, kami sangat antusias untuk menjelajahi seluruh tempat yang ada di Google I/O.

Namun, sebelum kami menjelajahi tempat ini, kami harus menghadiri acara pembuka terlebih dahulu yang bertempatkan di Main Stage Google I/O. Acara pembukaan ini akan dihadiri oleh CEO Google, yaitu Sundar Pichai. Selain itu, yang membuat kami lebih excited lagi adalah, kami mendapatkan kursi Reserved. Yang artinya kami bisa duduk di barisan paling depan.

Melihat CEO Google, Sundar Pichai dari dekat

Acara pembuka Google I/O disuguhi oleh beberapa pengumuman mengenai teknologi-teknologi baru yang diciptakan oleh Google. Seperti Update pada Google Lens, Android Q, Google Devices, Google Pixel, Google Maps, Google AI, Google Assistant, dan masih banyak lagi.

Setelah acara pembuka pertama selesai, kami pun mengambil makanan yang disediakan oleh Google I/O. Makanan di sini sangat tidak terbatas, jadi kamu dapat mengambil snack, minuman, dan lainnya secara gratis. Setelah makan, kami mengunjungi beberapa area untuk mencari tau dan menggali pengetahuan baru.

Pasti Kalian Sering Lihat di Youtube Firecast 😁

Selain mengunjungi beberapa area, kami juga mengikuti beberapa conference, seperti menghadiri conference What’s New in Android, What’s New in Android Development Tools, Android Q, dan lainnya.

Apalagi mereka, pasti sudah familiar ya 😆

Setelah kita mengikuti beberapa sesi dan mengunjungi beberapa area, kami akan menuju ke Googleplex untuk melihat secara langsung foto ikonik yang biasa kita lihat di Internet. Perjalanannya tidak terlalu jauh dari area Google I/O. Kita hanya perlu berjalan sekitar 10 menit dari area Google I/O untuk menuju ke Googleplex.

Setelah berjalan selama beberapa menit, kami pun sampai di tempat ikonik dari Googleplex. Di sana kami mengambil beberapa foto untuk kita abadikan.

Setelah kami mengabadikan momen kami di tempat ikonik itu, kami lanjut menuju ke Android Lawn Statue. Tempat ini berisikan patung-patung versi os android. Setiap android memperbarui versi OS nya, maka Google akan membuat patung Android tersebut.

Salah satu statue di Android Lawn Statues

Kegiatan kita tidak terhenti sampai situ saja. Di sebelah persis Android Lawn Statue ada toko merchandise Google. Lalu, kita memutuskan untuk melihat-lihat barang yang dijual oleh Google di sana. Barang yang dijual beragam, mulai dari jaket, kaos, Google Home, topi, stiker, dan lainnya. Kami pun membeli beberapa barang di sana untuk dijadikan kenang-kenangan.

Setelah kami membawa beberapa barang dari toko merchandise. Kami pun kembali ke area Google I/O untuk mengikuti beberapa kegiatan seperti conference, mencoba beberapa experiment di sana, menghadiri community lounge, dan masih banyak lagi.

Artikel yang saya tulis ini adalah rangkuman dari 3 hari kegiatan selama saya berada di Google I/O. Maaf saya tidak menuliskan secara detail, namun yang ingin saya bagikan di artikel ini adalah experience saya ketika berada di Google I/O 2019. Terimakasih telah membaca artikel saya, semoga menjadi motivasi dan bermanfaat bagi kalian yang ingin berangkat ke Googleplex. Jika ingin bertanya, jangan sungkan untuk tanyakan ke saya 😁

Sekian, sampai jumpa di artikel berikutnya~