Berita Hari Ini: Salah Satu Pendiri GoJek Hengkang, Kenapa?

Pihak GoJek telah membenarkan hengkangnya Mikey | PT. Equityworld Futures Pusat

Pengumuman pengunduran diri dari Mikey ini telelah dia ungkapkan di akun Facbook (FB) pribadinya. Dia menuliskan pada tanggal (18/10/16).

Dan hal ini membuat publik bertanya-tanya kenapa hal tersebut dilakukan olehnya. “Its been such an amazing 6 year journey, but with a sad and heavy heart, my time in GO-JEK has come to an end, I would like to thank everyone who has helped me along the way, inside and outside of the company,” demikian tulis Moran.

Diketahui Mikey yang bersama dengan Nadiem Makarim yang telah mendirikan layanan GoJek yang dimualinya pada tahun 2010 lalu. Mereka yang memulainya dari nol hingga sekarang menjadi sebuah perusahaan yang besar dan mendapatkan dana hingga triliunan.

Pada Minggu lalu, unjuk rasa yang dilakukan oleh para driver yang dilakukan di depan kantor GoJek, mereka semua menuntut untuk merubah perhitungan performa dari sistem saat ini, karena performa saat ini dianggap menekan kepada driver.

Mikey yang mengaku kemundurannya dari GoJek tersebut merupakan langkah yang sulit untuk dia pilih, akan tetapi dia juga memiliki kepercayaan kepada para petingginya dan para pegawainya dalam menjalakan untuk lebih berkembang lagi.

Mikey yang belum diketahui kemana dia akan mejalankan kariernya setekah menyatakan mundur dari GoJek yang sudah dia kembangkan tersebut. Akan tetapi, dia yang menyatakan akan terus memberikan dukungan kepada perusahaan layanan transportasi online tersebut.

Pihak GoJek sendiri telah membenarkan hengkangnya salah satu pengurusnya yaitu Mikey, dan pihaknya juga telah menuliskan tanggapan dan menyebutkan karier yang akan dipilih oleh Mikey setelah mengambil keputusan ini.

Michaelangelo Moran atau yang sering dipanggil Mikey Moran adalah salah satu pendiri (co-founder) GoJek, kali ini dia akan mengundurkan diri dari startup dalam perusahaan penyedia layanan transportasi berbasis online tersebut.

Mikey adalah salah satu orang penting yang menyatakan hengkang dari GoJek, sebelumnya juga ada Vice President of Technology Product Go-Jek, Alamanda Shantika Santoso, yang telah menyatakan mundur dari perusahaan ini.

Ala panggilan akrabnya, telah menyatakan kemundurannya pada awal Oktober lalu. Sedangkan GoJek yang saat ini mengalami tekanan dari para pengemudinya untuk melakukan perubahan terkait denga sistem performa yang telah diterapkan saat ini.

Lagi, Petinggi Gojek Hengkang | PT. Equityworld Futures Pusat

Nadiem Makarim mengaku sedih dengan keputusan itu. Menurut Nadiem, Andil Moran di Gojek adalah pencipta logo Gojek yang menempel pada jaket yang dipakai ribuan mitra Go-Jek. Selain itu, Michaelangelo Moran yang biasa dipanggil Mikey oleh Nadiem, merupakan sosok yang membangun brand Gojek hingga banyak dikenal oleh segala lapisan masyarakat.

Wanita ini mengaku ingin membesarkan dunia digital Tanah Air. Wanita berusia 27 tahun ini juga mengatakan dirinya akan berkonsentrasi pada Femaledev dan mempersiapakan sebuah proyek yang masih dirahasiakannya.

“Jadi Mikey menyisakan kenangan tersendiri, baik di kubu Gojek, maupun terhadap diri saya sendiri khususnya. Saya jujur sedih karena harus merelakan keputusan yang dipilh Mikey. Namun saya menghormati keputusan dan keinginan Mikey untuk mandiri,” ujer pria kelahiran 1984 ini dalam keteranga persnya Rabu (19/10/2016).

Menurut Nadiem, keputusan untuk hengkang daro Gojek, karena Mikey ingin serius menjalani passion yang selama ini dimilikinya yaitu sebagai Disc Jokey atau DJ. Namun demikian kepergian Mikey tak akan mempengaruhi inovasi-inovasi yang akan terus disodorkan Go-Jek.

Layanan yang identik dengan julukan ojek online ini akan terus berupaya menghadirkan berbagai solusi. Tujuannya tentu saja menyejahterakan mitranya, dan juga untuk menjawab kebutuhan sehari-hari para pelanggan setianya. “Mikey masih akan tetap menjalani peran strategis sebagai advisor bagi Go-Jek Indonesia,” pungkas Nadiem.

Entah apa yang terjadi di internal perusahaan Gojek. Satu persatu para pendiri dan petingginya, memilih hengkang dari perusahaan ojek online tersebut. Setelah Alamanda Shantika Santoso yang menjabat Vice President, kini giliran Michaelangelo Moran yang juga pendiri Gojek.

Sebelumnya, pada awal Oktober 2016, intrenal Gojek juga digemparkan dengan kepergian salah satu petingginya. Alamanda Shantika Santoso yang menjabat sebagai Vice President ini memutuskan meninggalkan perusahaan ojek online itu.

Michaelangelo Moran Mundur Jadi Co-Founder, Bagaimana Nasib Go-Jek? | PT. Equityworld Futures Pusat

Keputusan Moran itu sudah pasti membuat Nadiem Makarim sedih bukan kepalang. Namun Nadiem tetap menghormati keputusan Moran dan menjelaskan bahwa Moran akan menjadi advisor Go-Jek Indonesia.

“Manajemen Go-Jek dan saya selaku CEO akan meneruskan semangat yang juga dimiliki Mikey ketika kami membangun perusahaan ini bersama co-founder lainnya, bahwa Go-Jek akan terus menghadirkan berbagai solusi untuk meningkatkan kesejahteraan mitra driver dan juga memudahkan kehidupan sehari-hari pelanggan. Selain itu, Mikey masih akan tetap menjalani peran strategis sebagai advisor bagi Go-Jek Indonesia.

“Dia adalah perancang logo Go-Jek yang sekarang bisa kita lihat digunakan oleh ratusan ribu mitra driver. Mikey pula yang mengawali pembangunan tim brand di Go-Jek hingga banyak dikenal oleh segala lapisan masyarakat,” kata Nadiem melalui keterangan resminya.

“Salah satu co-founder Go-Jek yang juga sahabat saya Mikey Moran telah membuat keputusan personal untuk mengundurkan diri dari perusahaan dan melanjutkan passion-nya. Tentu saja hal ini merupakan keputusan besar yang membuat kami di Go-Jek, terutama saya, merasa sedih, namun sekaligus mendukung sepenuhnya keputusan Mikey Moran untuk bisa melanjutkan hal yang selalu dia senangi di dunia seni dan hiburan,” lanjutnya.

Michaelangelo Moran memutuskan untuk mundur sebagai co-founder Go-Jek. Moran yang juga pendiri dan sekaligus membuat logo khas Go-Jek itu memilih hengkang karena ingin serius menjalani impian lainnya selama ini.


Originally published at ptequityworldfuturesnews.blogspot.com.