investasi akan digunakan untuk meningkatkan pangsa pasar

MatahariMall Dapat Suntikan Dana Rp1,3 Triliun | PT. Equityworld Futures Pusat

Pihak MatahariMall.com mengatakan investasi tersebut akan digunakan untuk meningkatkan pangsa pasar dan memperkuat kedudukannya sebagai pemain e-commerce O2O di Indonesia.

Mitsui & Co saat ini memang tengah serius mencari lahan investasi di berbagai negara. Perusahaan tersebut dikatakan sedang mencari perusahaan e-commerce di luar Jepang yang memiliki valuasi perusahaan lebih dari USD1 miliar. Investasi Mitsui & Co terhadap MatahariMall dikatakan akan dikucurkan secara bertahap selama 12 bulan.

“Kami sangat gembira menyambut Mitsui sebagai mitra kami. Kerja sama ini adalah validasi kuat terhadap visi kami, dan kami berharap bisa terus bertumbuh ke tahap selanjutnya,” ujar CEO MatahariMall.com, Hadi Wenas.

“Visi kami adalah menjadi perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia dan menjadi mesin penggerak pertumbuhan industri e-commerce di kawasan ini.”

MatahariMall.com mengumumkan pihaknya telah mendapatkan dana investasi baru sebesar USD100 juta atau sekitar Rp1,3 triliun. Dana investasi tersebut berasal dari perusahaan asal Jepang Mitsui & Co, dan diklaim telah membuat MatahariMall.com sebagai perusahaan teknologi dengan valuasi perusahaan tertinggi di Indonesia.

Sebenarnya, ini bukanlah kali pertama Mitsui & Co menanamkan investasi di Indonesia. Sebelumnya, perusahaan asal Jepang tersebut juga pernah menjalin kerja sama dengan Lippo Group, induk dari MatahariMall.com dalam di bidang telekomunikasi, yaitu dengan Bolt, dan bidang televisi berbayar BIGTV. Mitsui & Co dan Lippo Group juga pernah bekerja sama dalam hal pembangunan infrastruktur data center.

MatahariMall Dapat Kucuran Dana Investasi Rp1,3 Triliun | PT. Equityworld Futures Pusat

Dari siaran yang diterima CNNIndonesia.com, kucuran dana tersebut dipimpin oleh perusahaan Mitsui & Co asal Jepang dengan partisipasi pemodal baru dan yang sudah ada.

Meski tidak menjelaskan secara rinci, anak perusahaan Lippo Group ini menyatakan investasi itu bakal digunakan untuk meningkatkan pangsa pasar di Indonesia dan memperkuat layanan khususnya O2O sebagai salah satu pemain besar di sektor ekonomi digital.

Sebagai bentuk keseriusan Lippo Group mengembangkan MatahariMall, sebelumnya kelompok bisnis ini pada Maret 2015 menggelontorkan investasi sebesar US$500 juta untuk membangun MatahariMall dengan transaksi penjualan sebesar US$1 miliar.

MatahariMall dikenal dengan model bisnis online to offline (O2O) yang memungkinkan pelanggan untuk membayar, mengambil, atau mengembalikan barang di 131 cabang departement store Matahari yang ada di seluruh Indonesia.

Perusahaan penyedia layanan e-commerce MatahariMall.com mengumumkan telah mengantongi investasi tambahan senilai US$100 juta atau setara Rp1,3 triliun.

“Kerjasama ini adalah validasi kuat terhadap visi kami yakni menjadi mesin penggerak pertumbuhan industri e-commerce Indonesia dan kami berharap bisa terus bertumbuh ke tahap selanjutnya,” ungkap CEO MatahariMall.com Hadi Wenas dalam pernyataan resminya.

MatahariMall.com Raih Investasi US$ 100 Juta | PT. Equityworld Futures Pusat

Investasi yang dikucurkan bertahap selama 12 bulan ini mengukuhkan MatahariMall.com sebagai salah satu perusahaan teknologi papan atas di Indonesia.

“Saya senang dengan kerja keras tim MatahariMall.com. Kami juga gembira menyambut Mitsui sebagai mitra kami. Kerja sama ini diharapkan akan menumbuhkan kinerja perseroan ke depan,” kata CEO MatahariMall.com, Hadi Wenas, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (19/10).

MatahariMall.com yang didukung Grup Lippo, telah berhasil mendobrak pasar. Perusahaan memanfaatkan kekuatan tim, merek, jaringan online to offline (O2O) terbesar, jasa pengiriman, produk eksklusif dan harga bersaing.

Grup Lippo adalah salah satu perusahaan yang aktif di ruang digital Indonesia. Selain MatahariMall.com, Lippo membangun MBiz, perusahaan e-commerce terdepan di Indonesia. Selain itu melalui Venturra Capital, Lippo berinvestasi di lebih dari 24 start-up teknologi di Asia Tenggara.

Hadi mengatakan, visi MatahariMall.com adalah menjadi perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia sekaligus mesin penggerak pertumbuhan industri e-commerce di Tanah Air. “Negara dengan jumlah penduduk terbesar di Asia Tenggara ini semakin aktif di dunia online dan saat ini ada momentum e-commerce Indonesia.

Chairman MatahariMall.com Emirsyah Satar menambahkan, MatahariMall.com tumbuh pesat dalam setahun terakhir. Pendanaan kali ini menunjukkan kepercayaan investor kepada MatahariMall.com dalam jangka panjang di Indonesia. “Keahlian Mitsui di bidang teknologi dan logistik akan menunjang pertumbuhan MatahariMall.com,” kata Emirsyah.

Dia mengatakan, investasi tersebut akan digunakan untuk meningkatkan pangsa pasar dan memperkuat posisi sebagai pemain e-commerce O2O terkemuka.

MatahariMall.com adalah perusahaan e-commerce teranyar yang menerima modal dari Mitsui. Pada Maret 2016, Mitsui memimpin pendanaan terhadap Mercari, perusahaan e-commerce terkemuka di Jepang, yang memiliki nilai perusahaan lebih dari US$ 1 miliar.

Perusahaan e-commerce business to consumer (B2C) terkemuka di Indonesia, MatahariMall.com memperoleh investasi senilai US$ 100 juta yang dipimpin oleh perusahaan asal Jepang, Mitsui & Co melalui penambahan saham.

COO ITC Mitsui & Co, Nobuaki Kitamori mengatakan, Mitsui meyakini peluang e-commerce di Indonesia sangat bagus. Salah satunya ditunjukkan perkembangan MatahariMall.com yang begitu pesat sejak berdiri. “Mitsui berkomitmen terhadap visi jangka panjang MatahariMall.com dan berharap dapat membantu MatahariMall.com dalam merealisasikan rencana itu,” kata dia.

Mitsui dan Grup Lippo telah menjalin kemitraan dan investasi di bidang teknologi dan media di Indonesia, termasuk penyedia layanan koneksi Internet 4G Bolt, layanan jaringan televisi berbayar BIG TV, dan Pusat Data seluas 80.000 meter persegi.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara juga menyambut baik investasi ini. “Investasi ini adalah tonggak baru bagi e-commerce Indonesia. Kami akan memberi dukungan penuh kepada MatahariMall.com sehingga dapat memetik manfaat besar dalam revolusi digital ini,” katanya.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani mengatakan, investasi ini positif bagi industri e-commerce Indonesia. “MatahariMall.com terbukti paling siap memanfaatkan dinamika digital dan MatahariMall.com,” kata dia.

Mitsui kata Rosan, telah memiliki rekam jejak bagus berinvestasi di Indonesia. “Mereka telah mengenal pasar dengan sangat baik dan memiliki strategi jangka panjang,” kata dia.

Lippo Group juga menjadi pemodal Grab, perusahaan layanan angkutan terdepan di Asia Tenggara. Kemudian, pada awal tahun ini, Grup Lippo mengumumkan kemitraan dengan Grab untuk menyelenggarakan sistem pembayaran universal di Indonesia. Pada awal bulan ini, Bloomberg juga memberitakan bahwa Grup Lippo akan memasuki bidang teknologi finansial.

Equity World

Like this:

Like Loading…

Related


Originally published at ptequityworldfuturesnews.wordpress.com on October 19, 2016.

Show your support

Clapping shows how much you appreciated Nazuli ikhsan’s story.