Bacaan Ringan #002

Pemenang Pulitzer diumumkan; bocah Daffa unjuk kekuatan supernya. Di Thailand, seorang wanita ‘mengadopsi’ boneka jadi anaknya; Jorge Lorenzo resmi ke Ducati, dan ada bacaan bagus tentang kiat menghadapi online trolling.

via Poynter

1. CONTENT / AWARDS

SIAPA SAJA PEMENANG PULITZER?

— Salah satu penghargaan bergengsi di dunia jurnalistik, konten, dan seni, Pulitzer diumumkan pekan ini. Salah satu nama populer yang menang tahun ini adalah Lin-Manuel Miranda yang berjaya tahun ini karena drama musikal “Hamilton”.

Berikut adalah sejumlah pemenang beberapa kategori bergengsi Pulitzer. Daftar lengkap pemenang dan nominasinya bisa disimak di sini:

EXPLANATORY REPORTING

“An Unbelievable Story of Rape” (Winner)

— Penelusuran tentang tuduhan sumir soal pemerkosaan yang membuat Marc Patrick O’Leary harus mendekam di penjara selama 327 tahun (Propublica)

Pekerja asal Thailand dan Burma ‘terkurung’ dalam sebuah ruangan sempit tempat mereka bekerja di Benjina, Indonesia (via AP, Dita Alangkara)

PUBLIC SERVICE

Seafood from Slaves” (Winner)

— Liputan dari berbagai sudut pandang yang dilakukan selama 18 bulan untuk menginvestigasi perdagangan manusia dalam industri perikanan di Asia Tenggara (AP)

Syed Rizwan Farook danTashfeen Malik, pelaku penembakkan di San Bernardino (via LATimes, FBI)

BREAKING NEWS REPORTING

San Bernardino Terror Attack” (Winner)

— Salah satu kasus teror yang paling banyak dibicarakan tahun ini. Melibatkan sepasang muslim hingga perseteruan antara FBI vs Apple (LATimes)

Gambaran potensi gempa dahsyat di Zona Cascadia (via The NewYorker, Christoph Niemann)

FEATURE WRITING

The Really Big One” (Winner)

— Feature tentang potensi gempa besar di Amerika Utara (Zona Cascadia). Belum baca banyak artikel ini karena nggak ngerti, terlalu teknis, :p. Tapi katanya artikel ini adalah masterwork dari peliputan dan penulisan dengan tema lingkungan (The New Yorker)

FEATURE WRITING

Insane, Invisible, In Danger” (Winner)

— Salah satu liputan paling seru. Bercerita tentang chaos di sebuah rumah sakit jiwa di Florida karena pemerintah memotong anggaran untuk mengelola instansi tersebut. Tak ada supervisi, tak ada pekerja, tinggal orang-orang gila yang terancam nyawanya (Tampa Bay)

Daffa menghalangi motor yang melintas di trotoar dengan sepadanya (via Detik)

2. NEWS / VIRAL

DAFFA, PENGHALANG MOTOR BANDEL

— Hari ini Daffa masuk daftar salah satu pahlawan di media sosial. Aksi bocah berumur 9 tahun ketika menghalangi motor-motor yang melaju di trotoar diapresiasi positif netizen (Detik)

Boonmi bersama boneka-boneka yang dianggapnya sebagai anak sendiri (via Mashable)

3. TRAVEL / WORLD

THAILAND: MAMANYA ANAK-ANAK (BONEKA)

— Di Negara Gajah Putih, Mananya Boonmi dikenal sebagai early adopter untuk sebuah hobi baru: boneka Luk Thep. Bukan boneka biasa, Luk Thep adalah boneka yang ‘diberi nyawa’ oleh para pemiliknya (Mashable)

Jorge Lorenzo menunggangi motor Yamaha musim ini (via BBC, AP)

4. SPORT / NEWS

JORGE LORENZO RESMI KE DUCATI

— Musim balapan MotoGP 2017 bakal makin seru. Juara dunia Jorge Lorenzo resmi akan memacu motor Ducati. Dengan kesepakatan ini, tiga pabrikan utama MotoGP musim depan masing-masing akan memiliki kans juara yang lebih merata (via BBC)

What you say online is still you saying something — even if you’re shielded by an anonymous account; even if you’re saying it just to be provocative, or performative, or God only knows why else. You on the web is still you, just like you on the telephone is you. Technology doesn’t magically make a person’s behavior inauthentic, or pretend, or inconsequential.

5. CONTENT / NET

ONLINE TROLL, BAGAIMANA MENGHADAPINYA?

— Artikel seru tentang cara efektif menghadapi online troll. Kadang kala, mundur selangkah untuk kelak maju beberapa langkah lebih baik ketimbang bersifat reaktif terhadap para troll ini (The Atlantic)

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.