Cara Membuat Daftar Isi Makalah

Daftar isi merupakan suatu rangkaian atau untaian dari beberapa judul yang berada pada setiap Bab dan biasanya daftar isi disertai dengan nomor halaman. Daftar isi digunakan bukan hanya pada makalah, skripsi, thesis, dan karya ilmiah lainnya, daftar isi juga digunakan untuk karya tulis fiksi seperti novel ataupun komik. Daftar isi novel atau karya fiksi biasnya memiliki format berbeda dan lebih simple tanpa dibubuhi titik-titik, namun ada juga yang pakai titik-titik. Berbeda dengan karya tulis ilmiah pembuatan daftar isi harus rapih.

Daftar isi berfungsi untuk memudahkan pembaca dalam mencari judul-judul dan halaman yang akan dituju. Daftar isi apabila belum diberikan nomor halaman, maka daftar isi tersebut tidak bisa disebut sebagai daftar isi, melainkan hanya sebagai kerangka tulisan saja.

Cara Pemberian Nomor Pada Daftar Isi

Pemberian nomor pada judul berbeda-beda untuk judul KATA PENGANTAR, ABSTRAK dan DAFTAR ISI dengan menggunakan penomoran angka romawi.

Contoh

KATA PENGANTAR………………………….. i
DAFTAR ISI……………………………… ii

Sedangkan penomoran untuk bagian isi seperti BAB 1, BAB 2, BAB 3, dan Daftar Pustaka, dengan penomoran angka.

Contoh

BAB I PENDAHULUAN …………………………1
A. Latar belakang …………………………1
B. Rumusan masalah ………………………..3
C. Tujuan penelitian ………………………4
D. Manfaat penelitian ……………………..5

BAB II TINJUAN PUSATAKA dan PEMBAHASAN……….6
A. Tinjauan pustaka ……. ………………..7
B. Pembahasan …………………………….8

BAB IV PENUTUP…………………………….9
A. Kesimpulan …………………………….10
B. Saran …………………………………11
DAFTAR ISI ……………………………….12

Dalam pembuatan daftar isi harus lebih teliti terutama dalam penomoran, hal ini agar tidak terjadi kesalahan dalam penomoran halaman. Agar tampak rapi pembuatan daftar isi juga harus menggunakan aplikasi pengolah kata seperti Ms. Word ataupun sejenisnya. Bagi pemula dalam mengerjakan makalah kadang dalam pembuatan daftar isi suka asal-asalan dan tidak rapi, pembuatan titik-titik dibuat secara manual dengan hanya pencet tombol titik pada keyboard sehingga hasilpun tidak rapi.

Bagaimana Sih Caranya Membuat Daftar Isi Menggunakan Ms. Office Word?

Dengan menggunakan apalikasi pengolah kata seperti Ms. Word dapat mempermudahkan dalam pengerjaan makalah ataupun karya tulis lainnya. Dibawah ini ada beberapa langkah dalam membuat daftar isi dengan menggunakan Ms. Word, diantaranya:

1. Masuk ke aplikasi Ms. Office Word lalu Anda akan disuguhkan halaman atau lembar kerja kosong. Lalu, aktifkanlah ruler pada lembar kerja Anda dengan cara klik tab ribbon lalu centang pada ruller. Ruller ini digunakan untuk mempermudah pembuatan titik pada penomoran daftar isi.

2. Ketiklah “DAFTAR ISI” pada bagian atas, lalu blok judul daftar isi tersebut dan tekan Ctrl + E agar judul dirata tengahkan. Setelah itu buat satu persatu judul Bab dan sub judul sampai selesai.

3. Setelah judul telah di tulis semua, lalu Anda klik pada area ruler sehingga membentuk icon sudut berwarna hitam, klik double pada tanda tersebut nanti akan terbuka perinta untuk pengatur Tabs.

4. Pada jendela pengaturan Tabs, pilihlah pada bagian tabs stop position, pilih aligment right, dan juga pilih leader nomor 2. Klik tombol Set lalu klik tombol Ok.

5. Setelah itu arahkan kursor ke judul Bab, lalu tekan tombol TAB maka secara otomatis titik-titik akan muncul hingga batas Tab yang berada pada ruller.

6. Lakukanlah hal yang sama pada yang lainnya.

Mudah bukan, sebenarnya banyak cara untuk merapihkan daftar isi makalah dengan menggunakan MS. Word salah satunya dengan menggunakan tabel. Cara ini merupakan kombinasi dengan cara atas, cara ini agar daftar isi tersusun lebih rapih lagi. Biasanya cara ini digunakan untuk pembuatan daftar isi yang lebih panjang seperti daftar isi skripsi ataupun thesis yang pembahasannya lebih detail.

Semoga Bermanfaat.

Show your support

Clapping shows how much you appreciated Rosyid Asabri’s story.