UI/UX Case Study: Memudahkan Pengguna untuk Berlangganan Netflix dengan Memperbaiki Tampilan dan Fitur Aplikasi Netflix Mobile

Nur Hanifah Rahmah
6 min readDec 11, 2022

--

Pengantar

Halo, nama saya Hani. Saat ini saya sedang mempelajari UI UX Saat ini, saya sedang mempelajari UI UX di ZenPro Boot Camp. Saat saya menyelam lebih dalam ke dunia UI UX, saya telah belajar banyak hal seperti Design Thinking, Wireframing, Usability Testing, dan masih banyak lagi. Dalam tugas akhir saya, saya ingin membahas studi kasus tentang aplikasi Netflix.

Ringkasan

Di era digital ini, banyak orang cenderung menonton melalui streaming film online. Netflix pun memanfaatkan kesempatan tersebut dengan mengembangkan sebuah aplikasi. Aplikasi Netflix merupakan layanan streaming berbasis langganan yang memungkinkan anggotanya menonton acara TV dan film di perangkat yang terhubung ke Internet.

Pernyataan Masalah

Tapi , setelah saya riset dan baca review feedback aplikasi Netflix di Google PlayStore dan juga Appstore, aplikasi ini banyak mendapat review dan komentar buruk. Banyak pengguna mengkritik aplikasi ini karena pilihan paket berlangganan yang mahal dan kurang variatif, metode pembayaran yang tidak banyak, tampilan yang kurang nyaman, bug dan masih banyak yan lainnya.

Peran dan Tanggung Jawab

Untuk tugas akhir ini, saya membuat proses end-to-end dari UX research, UX design, UI design, dan Usability Testing.

Proses

Untuk membuat aplikasi yang bermanfaat bagi pengguna, saya menerapkan Design Thinking dalam membuat proyek ini.

Design thinking adalah pemecahan masalah yang kreatif dan kolaboratif untuk menghasilkan solusi yang lebih berempati dan inovatif.

Langkah 1: Empathize

Saya berempati dengan pengguna untuk mengetahui motivasi dan masalah mereka, sehingga saya dapat menemukan solusi untuk membantu mereka mencapai tujuan.

Pengamatan komentar

Pada langkah ini, saya mengamati komentar aplikasi Netflix dari google play store dan Appstore untuk menemukan motivasi dan pain point pengguna.

Setelah itu, saya membuat rencana penelitian untuk membantu saya memvalidasi data.

Research Plan

Research Background

User merasa tidak nyaman dengan tampilan UI dari aplikasi Netflix versi terbaru terutama di halaman Home karena terlalu banyak scroll dan sulit menemukan film yang direkomendasikan.

Research Objectives

  • Memahami perilaku pengguna saat menggunakan Netflix.
  • Memahami kesulitan pengguna saat mencari rekomendasi film di Netflix.
  • Memahami perilaku pengguna saat menentukan langganan Netflix yang digunakan.

Methodology

In-depth Interview

Sample Specification

· Pekerja dan Mahasiswa

· Umur 18–40

· Pengguna Netflix

· Mengetahui dan menggunakan aplikasi Netflix

Key Information Areas

- Profil pengguna

- Perilaku pengguna ketika mereka ingin menentukan untuk berlangganan

- Perilaku pengguna ketika memilih paket langganan

Timeline

Pembuatan dan review research plan : 30 Nov 2022

Rekrut partisipan : 01 Des 2022–02 Des 2022

Conduct interview : 02 Des 2022–03 Des 2022

Report : 04 Des 2022

User Interview

Untuk mengetahui lebih jelas langkah-langkah membeli produk Netflix secara online, saya melakukan wawancara mendalam dengan enam pengguna yang pernah menggunakan aplikasi Netflix.

Langkah 2 : Define

Setelah mendapatkan insight dari pengguna, saya membuat membuat Customer Journey Map untuk menemukan peluang apa saja yang bisa diimplementasikan dalam produk. Langkah selanjutnya adalah membuat Prioritization Matrics untuk memutuskan peluang utama apa yang akan diimplementasikan dalam produk berdasarkan peta perjalanan pengguna. Untuk mengembangkan produk, saya juga membuat Affinity Diagram untuk mengorganisir berbagai ide yang masih kacau dan kemudian dikelompokkan berdasarkan tema-tema.

User Persona

Perkenalkan Jessie, salah satu user Netflix yang berharap aplikasi Netflix bisa lebih baik lagi, agar bisa menggunakan Netflix dengan lebih nyaman.

Customer Journey Map

Dengan peta perjalanan pengguna, saya dapat memahami bagaimana pengalaman pengguna saat menggunakan aplikasi Netflix, dan saya juga dapat menentukan peluang berdasarkan pain point pengguna yang berguna untuk mengembangkan produk.

Prioritization Matrics

Dari rangkuman peluang yang ditemukan di Customer Journey Map, saya membuat Prioritization Matrics untuk mempertimbangkan peluang mana yang akan diimplementasikan ke dalam produk. Saya memprioritaskan membuat paket langganan baru mingguan dalam aplikasi, membuat akses masuk sebagai tamu ke dalam Netflix, metode payment yang baru.

Langkah 3 : Ideate

Saya mulai membuat ide dengan membuat User Flow, Information Architecture, membuat wireframe, dan mock-up.

User Flow

User Flow digunakan untuk menggambarkan langkah-langkah pengguna untuk menyelesaikan tugas menggunakan produk. Ada tiga alur pengguna utama: User flow daftar/login, User flow masuk sebagai tamu, User flow masuk ke beranda, dan User flow saat berlangganan.

User Flow Login

User Flow Masuk sebagai Tamu

User Flow Home Netflix

User Flow Berlangganan

Information Architecture

Dari ZenPro Kelas bootcamp, Information Architecture adalah metode yang digunakan untuk membuat dokumentasi semua aliran, konten, dan persyaratan desain dari aplikasi atau situs web.

Wireframe

Saya membuat wireframe berdasarkan Information Architecture. Untuk meningkatkan efisiensi, saya membuat wireframe di atas kertas dengan alternatif desain.

UI Design

Design System

Langkah 4 : Prototype

Link Prototype :

https://www.figma.com/proto/ypd81SNUwCCxQxn8DmI5uN/Netflix-Redesign?node-id=32%3A609&scaling=scale-down&page-id=32%3A608&starting-point-node-id=32%3A609

Langkah 5 : Test

Usability Testing

“Usability Testing bertujuan untuk mengevaluasi solusi untuk suatu produk dengan menguji pengguna yang representatif untuk menyelesaikan masalah secara efektif.”

Saya melakukan usability testing pada prototype Netflix saya. Setelah peserta melakukan tes, saya menanyakan kesulitan dan tujuan peserta mengklik bagian lain.

Penutupan

Demikian penjelasan proyek studi kasus saya. Melalui semua data dan penerapan design thinking, saya mendapatkan banyak insight dan membuat beberapa ide peluang dengan harapan agar pengguna aplikasi Netflix dapat menggunakan aplikasi dengan lebih nyaman. Saya juga belajar membuat pengujian misi lebih jelas dan memvalidasi dengan peserta setelah pengujian.

Banyak ilmu baru yang saya dapatkan dalam menyelesaikan project ini, semoga bermanfaat untuk saya kedepannya. Jangan ragu untuk berkomentar, saya sangat terbuka untuk menerima umpan balik dan saran. Terima kasih atas waktu dan perhatiannya untuk membaca

--

--