Tips Mengurangi Penggunaan Pengawet Makanan

Hidup di zaman yang serba instan seperti sekarang ini tak dapat dipungkiri setiap harinya tubuh mengkonsumsi makanan berpengawet yang berbahaya. Kita tahu bahwa tujuan penambahan bahan pengawet pada makanan adalah untuk menghindari kebusukan makanan, memperpanjang usia makanan, yang pada akhirnya akan menguntungkan produsen makanan.

Makanan seperti mie instan, makanan kaleng, bumbu instan, penyedap rasa, ikan, bahkan tahu di pasaran banyak menggunakan pengawet. Memang pengawet makanan yang digunakan termasuk kategori pengawet yang dibolehkan oleh BPOM, namun jika dibiarkan secara terus menerus zat-zat kimia itu akan teakumulasi oleh tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit seperti jantung, kanker, gangguan pernafasan, tumor, diabetes, kerusakan ginjal dan berbagai penyakit mematikan lainnya.

Kita memang tidak bisa menghindari penggunanaan bahan pengawet ini 100%, namun kita bisa mengurangi kadarnya. Bagaimana saja caranya? Simak tips dari veganesia berikut :

1. Kurangi Kadar Pengawet Pada Makanan

Untuk mengurangi kadar formalin pada makanan seperti tahu, Anda dapat merendamnya ke dalam air panas atau merebusnya selama 30 menit. Sedangkan pada ikan asin, Anda dapat merendamnya dengan garam selama 30 menit. Ini akan menghilangkan formalin hingga 90%. Untuk ikan segar, rendamlah ikan bersama cuka selama 15 menit. Sementara mie instan Anda perlu merebusnya sebanyak 2 kali.

2. Batasi konsumsi makanan berpengawet

Cara yang kedua adalah dengan membatasi konsumsi makanan berpengawet. Anda dapat menggantinya dengan makanan bebas pengawet atau berbasis organik. Tanamkan kesadaran pada diri Anda bahwa makanan berpengawet tak baik bagi tubuh. Tak perlu ekstrim melakukannya, lakukanlah secara bertahap.

3. Buatlah makanan sendiri

Jika Anda ingin menikmati kue, camilan, minuman, ada baiknya Anda membuatnya sendiri di rumah. Makanan atau minuman yang dibuat sendiri tentu lebih higienis dan terhindar dari pengawet berbahaya bukan?

Itulah cara yang dapat Anda terapkan untuk mengurangi penggunaan pengawet pada makanan. Semoga Anda sekeluarga dapat terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Anda juga dapat mengunjungi www.veganesia.com atau follow IG @veganesia untuk berberlanja produk makanan sehat tanpa pengawet, MSG, dan organik.

Sumber : http://pengetahuanpanganpertanian.blogspot.co.id/2015/03/cara-mengurangi-kontaminasi-formalin.html

http://halosehat.com/farmasi/kimia/15-efek-bahaya-pengawet-makanan-hingga-menyebabkan-kematian