Belajar Ruby — Hello World

Hai para pembaca!!. Ini adalah tulisan pertama saya di medium. Di momen spesial ini ^_^ ciee, saya mau berbagi tentang Ruby. Mungkin yang sudah mengenal ruby dan oke oce, saya minta sarannya jika ada kesalahan di tulisan ini. Ketertarikan saya untuk belajar ruby, awalnya ketika saya membaca salah https://www.codepolitan.com/ruby-on-rails-framework-membuat-web-dengan-gaji-tinggi. Di Indonesia ada beberapa komunitas ruby, seperti Ruby ID, idrails.com.

Oke langsung ya, kali ini saya berbagi tentang dasar ruby. Pertama kita akan membuat yang selalu dibuat ketika orang belajar buat program yaitu “Hello World”. Buat sebuah fle dengan nama 01-HelloWorld.rb, dan masukkan code berikut :

puts "Hello World!"

puts merupakan method yang digunakan untuk menampilkan(print) Hello World!. Simpan file tersebut dan jalan perintah ruby [namafile].rb.

Maka hasilnya akan seperti ini:

Hello World

Demikian tutorial singkat dan mudah ini, mohon maaf jika materinya sangat dasar berhubung saya juga sedang belajar dan ingin berbagi. Jika ada saran dan kritik silahkan berikan komentar anda. Terima Kasih.

Like what you read? Give Nipe Harefa a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.