Zat Adiktif yang Merenggut Masa Depan Generasi Penerus Bangsa

Zat adiktif merupakan zat yang dapat menimbulkan kecanduan bagi pemakainya. Zat ini dapat berakibat buruk apabila disalahgunakan.

Disekitar kita, ada zat adiktif yang diperdagangkan bebas di tengah-tengah masyarakat. Namun tidak semua orang tahu bahwa produk tersebut termasuk ke dalam zat adiktif.

Zat adiktif ini sangat berbahaya apabila digunakan dalam jangka waktu yang lama. Ironisnya, zat adiktif ini banyak digunakan oleh anak-anak jalanan karena mereka meniru orang-orang yang ada disekitar mereka.

Apakah anda tahu apa itu lem Aibon atau lem Fox?

Ya benar sekali. Lem yang biasa digunakan untuk memambal ban atau menambal barang yang menggunakan kulit dan karet lainnya.

Lem tersebut merupakan produk yang mempunyai campuran kandungan zat adiktif di dalamnya.

Awalnya saya merasa penasaran dengan para anak jalanan yang menghirupinya dengan memasukkannya di dalam plastik.

Setelah saya telusuri, ternyata mereka memang sudah terbiasa dalam menghirup lem-lem tersebut.

Mereka belum tahu dampak mengerikan yang dapat ditimbulkan oleh barang yang mereka gunakan setiap hari itu.

Biasanya ketika mereka menghirup lem tersebut, mereka akan merasakan sensasi santai atau sering juga disebut dengan istilah “nge-fly”.

Kemasan kaleng yang kecil dan mudah di bawa ke mana-mana mempermudah mereka untuk mengkonsumsinya kapanpun dan dimanapun.

Sungguh sangat miris melihatnya, generasi-generasi penerus masa depan bangsa, rusak karena ketidaktahuan diri mereka sendiri.

Kita sebagai orang yang peduli terhadap masa depan bangsa dan mengetahui bahaya dari perbuatan menghirup zat adiktif tersebut tak boleh tinggal diam.

Hal ini harus segera dicegah. Dibutuhkan sinergi antara masyarakat dan kepolisian untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan yang lebih parah terhadap generasi muda kita.

Kepolisian dengan instansi terkait harus segera mengeluarkan peraturan dalam membatasi penggunaan zat adiktif yang semakin tak terkendali ini.

Bahaya zat adiktif ini harus disosialisasikan kepada rakyat secara luas, agar mereka lebih selektif dalam menggunakan barang-barang yang mempunyai kandungan-kandungan berbahaya seperti lem Aibon dan Fox ini misalnya.

Mari kita selamatkan masa depan anak bangsa dengan mencegah dan memberikan mereka penyuluhan atau nasehat mengenai dampak negatif yang dapat ditimbulkan.

Zat Adiktif sangatlah berbahaya bagi organ-organ vital di dalam tubuh manusia.

Otak dan syaraf motorik dapat rusak apabila zat adiktif ini dikonsumsi secara terus menerus.

Di samping itu, senyawa-senyawa yang bercampur dengan zat adiktif ini dapat mengakibatkan timbulnya kanker pada bagian paru-paru dan saluran pernafasan lainnya.

Tentu saja kita tidak ingin generasi-generasi penerus bangsa kita rusak bahkan sebelum mereka dewasa.

Mari kita satukan tekad, dan himpun kekuatan dalam mencegah penyebaran penggunaan zat adiktif yang sangat merugikan ini.

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.