Bukan Main Ternyata Ini Rahasia Cara Memilih Nama Perusahaan yang Baik dan Benar

Tips Memilih Nama Perusahaan yang Bagus untuk Pengusaha Baru

Memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis tentu adalah pilihan yang tidak sembarangan. Ketika kita memutuskan diri untuk menjadi pebisnis maka ada banyak hal yang harus kita korbankan. Terlebih ketika baru saja memulai, ada banyak hal yang harus kita relakan untuk kemajuan bisnis yang baru dirintis. Kesiapan mental, modal, dan segala persiapan awal untuk launching bisnis baru adalah hal-hal yang harus kita siapkan dengan matang. Salah satu persiapan yang paling mendasar adalah apakah nama dari usaha yang akan kita rintis?

Ada banyak sekali pilihan nama yang bagus untuk perusahaan. Namun tentunya ada beberapa hal yang harus difikirkan sebelum memilih nama tersebut. Berikut beberapa tips yang bisa dijadika acuan dalam langkah memilih nama perusahaan yang bagus untuk anda pengusaha baru.

1. Pilih Kata-kata yang Mengandung Doa

Nama adalah doa. Hal tersebut benar adanya karena setiap kita menyebut nama tentu ada doa-doa dan harapan yang baik di dalamnya. Begitu juga dengan pemilihan nama untuk sebuah perusahaan. Pilihlah kata-kata yang bermakna baik misalkan maju, jaya, berkah, sukses, makmur dan lain sebagainya. Pemilihan kata-kata baik tersebut diharapkan menjadi doa dan pengaruh positif pada perusahaan tersebut.

2. Piih Kata yang Mencerminkan Jenis Usaha

Tips kedua adalah dengan memilih kata yang sesuai dengan jenis usaha anda. Jika usaha yang dijalankan di bidang penyalur tenaga kerja maka anda bisa menyisipkan kata sumber daya dalam nama perusahaan. Atau jika usaha anda bergerak di bidang makanan organik maka anda bisa menyisipkan kata sehat atau alami sebagai nama perusahaan. Hal ini ditujukan agar masyarakat bisa menangkap jenis perusahaan apa yang dijalankan sehingga lebih tertarik untuk membeli atau bergabung dengan perusahaan tersebut.

3. Tidak Terlalu Panjang, Hindari Pemborosan Kata dan Sisipkan Akronim

Pemilihan nama yang bagus untuk perusahaan tidaklah mudah, namun tidak sulit juga. Kita cukup memilih nama yang simpel namun mudah diingat. Hindari penggandaan kata atau pemborosan kata misalnya PT. Jaya Kuasa Dirgantara Makmur Sentosa.

Kata Jaya dan Kuasa bermakna sama sehingga cukup satu saja yang digunakan. Untuk menambah keunikan nama juga gunakanlah akronim atau singkatan yang berfungsi untuk menghemat kata dalam nama utama (nama panjang bisa dibubuhkan dalam kurung) dan juga sebagai daya tarik tersendiri karena akronimnya bisa membentuk kata-kata yang unik dan kekinian.

4. Hindari Pemakaian Lokasi

Membubuhkan lokasi kota di mana anda membuka usaha adalah hal yang wajar untuk memudahkan masyarakat mengetahui lokasi tersebut. Namun sebaiknya hindari hal ini dikarenakan kemungkinan pindah perusahaan itu mungkin saja terjadi. Jika bertahun-tahun sudah menggunakan nama Kota Jakarta misalnya, kemudian perusahaan anda pindah ke Bandung maka masyarakat akan asing dengan nama perusahaanya bahkan mengira bahwa perusahaan itu rival dari yang lama.

5. Hindari Kata-kata Umum dan Pasaran

Tips yang terakhir adalah hindari pemilihan kata-kata yang umum atau rangkaian kata yang umum dan banyak digunakan. Misalnya Jasa Sablon Murah. Nama perusahaan tersebut tentunya sudah sangat banyak digunakan dan tidak spesifik menunjukan sebuah perusahaan. Jika begitu masyarakat tidak akan mengingat secara rinci perihal perusahaan ada dikarenakan nama yang ada sangat pasaran dan tidak memiliki ciri lain dengan perusahaan sejenis.

Itulah beberapa tips memilih nama perusahaan yang bagus untuk anda pengusaha muda. Jika dirasa tidak bisa memilih sendiri, anda bisa meminta bantuan dari consultan untuk berdiskusi perihal nama yang bagus dan pas untuk perusahaan anda. Selamat mencoba semoga bermanfaat!