This Is How You Make Your Brand logo Interesting

Tips Memilih Logo Merek yang Menarik untuk Sebuah Brand

Logo merek merupakan unsur vital yang kerap menjadi pusat perhatian dari sebuah produk. Di samping kualitas produk yang dipasarkan, logo juga menjadi salah satu hal yang tidak bisa dipandang sepele. Fungsi dari logo adalah sebagai ciri, pembeda, dan ikon dari produk yang kita pasarkan. Tentu saja logo yang digunakan harus memiliki filosofi, keunikan, serta mencakup dari keseluruhan produk yang dipasarkan. Jika kita sering makan di restoran junk food tentunya tidak asing dengan logo M milik MC donald’s.

Meskipun logonya sangat simpel namun itulah yang menjadi ciri khas dari restoran fast food tersebut. Ciri khas tersebut kemudian menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pembeli yang merasa bahwa yang familiar lah yang layak untuk dibeli produknya.

Nah sampai di sini tentu sangat terasa bahwa sebuah logo merek memiliki fungsi yang sangat penting dalam penjualan atau marketing. Berikut tips-tips untuk memilih logo merek yang menarik dan memiliki nilai tambah di mata customer.

1. Mengandung Filosofi dari Produk atau Perusahaan

Filosofi di sini tentunya yang berkaitan dengan perusahaan atau produk yang dipasarkan. Filosofi tersebut juga bisa diambil dari visi dan misi perusahaan, jenis produk, keunggulan produk dan lain sebagainya. Mengapa harus demikian?

Logo adalah ikon pertama yang dilihat orang ketika memikirkan sebuah brand. Tentu saja harus mewakili keseluruhan atau isi dari brand tersebut. Misalkan kita akan membuka usaha kedai es krim bertema sweet dan full colour khas anak remaja. Maka kita bisa membuat design logo dengan ornamen pelangi, bunga ataupun warna warni pastel yang menarik mata remaja karena memang itulah pangsa pasar yang ingin kita cakup.

Berbeda ketika kita membuat usaha kedai kopi yang menilik pasar pecinta kopi dengan usia 20 tahun ke atas, kita bisa membuat design yang lebih simpel dan tidak terlalu mengeksplor gambar atau karakter. Semua itu ditujukan untuk memberikan gambaran kepada calon pembeli seperti apa produk yang kita tawarkan.

Namun jika kita kesulitan mendesign sendiri logonya maka kita bisa meminta bantuan pada consultant design yang memang menyediakan jasa untuk konsultasi perihal logo merek yang akan kita buat. Lebih profesional tentunya hasil lebih memuaskan.

2. Buatlah Design Logo yang Mudah Diingat dan Simpel

Kecenderungan untuk memilih logo yang eye catching daripada logo yang polos atau terlalu gelap memang benar adanya. Maka dari itu buatlah design logo yang simpel, namun menarik perhatian. Bisa dengan dibubuhi gambar-gambar lucu ataupun kata-kata yang bersifat mengajak.

Dengan begitu, calon pembeli akan penasaran dan kemudian mencoba produk yang kita tawarkan. Hindari peilihan warna yang terlalu terang dan ornamen yang terlalu ramai. Jika kita ingin memasukan ornamen bintang, bunga dan buah maka pilhlah salah satu yang menurut kita paling pas untuk brand kita. Untuk bahan referensi kita bisa melihat contoh-contoh logo dari perusahaan dan produk yang sudah ada, namun ingat, hindari plagiatisme ya. Cukup jadikan referensi saja untuk menambah ide.

Pekerjaan memilih logo merek untuk sebuah brand bukanlah hal yang mudah ya. Maka dari itu, mintalah bantuan dari consultant design logo untuk diberikan masukan agar logo yang dipilih lebih maksimal. Jika sudah begitu maka kita bisa memulai usaha dengan modal yang maksimal pula.

Nah itulah beberapa tips memilih logo merek yang menarik untuk menunjang penjualan. Semoga artikel ini banyak membantu bagi teman-teman yang baru memulai usaha dan sedang bingung memilih logo merek. Selamat mencoba!