Tips Jitu Cara Mudah Membuat Nama Brand yang Baik

Cara Mudah Mencari Inspirasi Nama Brand yang Berbeda

Sebagai pelaku bisnis, mengekor dan meniru pelaku bisnis lainnya yang sudah lebih senior atau yang sudah lebih terkenal dilarang keras. Baik itu adalah urusan memilih inspirasi nama brand atau bahkan pemilihan logo sekalipun. Setiap pelaku bisnis harus memiliki ciri khas tersendiri yang menjadi modal penting mereka untuk bergabung di dunia bisnis global, tanpa memiliki ciri khas yang unik, niscaya mudah sekali untuk dilupakan dan akhirnya tergerus oleh perkembangan pesat dari pelaku bisnis lainnya yang memiliki semangat lebih besar untuk maju.

Hal yang paling sulit dari membangun sebuah usaha dari nol terkadang bukan masalah modal atau mencari inspirasi produk atau jasa yang akan dipasarkan ke masyarakat, melainkan mencari inspirasi nama brand yang berbeda dan bisa menarik perhatian dari calon konsumen. Apalagi masyarakat Indonesia juga lebih mudah tertarik dengan nama-nama grup, brand atau juga nama produk yang anti mainstream.

Duduk diam di dalam ruangan sambil mencari nama brand yang tepat terkadang sulit memberikan hasil yang sesuai dengan keinginan, maka perlu trik lainnya untuk mendapatkan inspirasi nama brand yang bisa memuaskan masyarakat dan sekaligus mempromosikan perusahaan yang kita kelola, dan berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan:

- Jalan-jalan. Indonesia memiliki banyak lokasi wisata yang luar biasa indahnya dan bisa menjadi lokasi rileksasi yang paling tepat. Oleh karena itu, mendinginkan kepala sambil menikmati indahnya alam Nusantara bisa membantu kita temukan nama brand yang Indonesia banget.

- Banyak membaca. Tak perlu selalu membaca buku manajemen dan ekonomi, atau bisnis dan keuangan, sebab ada banyak sekali bacaan lain di luaran sana yang akan membantu kita temukan banyak ide segar untuk inspirasi nama brand yang akan kita gunakan.

- mengotak-atik nama sendiri. Jangan ragu untuk membuat nama brand yang merupakan susunan ulang nama kita sendiri. Dari keisengan mengotak-atik nama kita sebagai pemilik perusahaan, maka kita bisa menemukan nama brand yang lucu dan menarik perhatian calon pembeli.

- Mencoba singkatan dan akronim. Tidak ada yang melarang jika kita membuat nama brand yang berupa singkatan atau akronim, justru bisa membuat nama brand yang kita pilih terdengar lebih simpel, mudah diucapkan dan sangat mudah untuk diingat oleh konsumen kita kelak.

- Boleh menggabungkan beberapa brand menjadi nama yang baru. Yang penting adalah tidak melakukan plagiasi, terinspirasi boleh, tetapi meniru? Jangan.

Itulah beberapa trik simpel untuk mencari inspirasi nama brand yang bisa dilakukan sebelum launching produk ke pasaran. Satu lagi trik yang tak boleh dilupakan adalah selalu melihat target pasar kita kelak, buatlah nama brand yang menarik bagi target pasar kita supaya mereka tertarik untuk memiliki produk-produk tersebut.

Like what you read? Give Nofero Leonardo a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.