[Pasca Kuliah Kemana(?)]

Hampir setiap malam selalu dihantui perasaan ini. Nanti setelah lulus kuliah, kamu mau ngapain? Hmm, hal yang cukup membuat bimbang.

Setiap keputusan yang saya ambil harus melalui beberapa pertimbangan, karena setiap keputusan harus disyukuri.

Beberapa hari ini saya berpikir ulang. Bener nggk sih langkahku selanjutnya ini. Saya termasuk orang yang manut sama orang tua. Saya nggk mungkin mengecewakan orang tua saya. Langkah selanjutnya ya bekerja, karena disini saya mahasiswa ikatan dinas, mau gak mau ya harus melanjutkan kontrak.

Nah sebelum menuju bekerja, ada selang waktu kurang lebih 6 bulan. Nggk mungkin dong 6 bulan dianggurin, apalagi saya termasuk tipe yang nggk bisa diem. Ini yang bikin galau berhari-hari, 6 bulan yang menetukan, karena kalau salah langkah tentu akan sia-sia.

Beberapa hal yang ada di pikiran saya. Pertama kembali ke tempat lama (pesantren) untuk menyelesaikan hafalan, berat rasanya kalo belum diselesaikan karena itu adalah tanggungjawab. Kedua traveling, ya karena traveling benar-benar memberikan pengalaman yang luar biasa. Selama beberapa tahun silam, traveling membuat saya mendapatkan hal-hal yang luar biasa, yang membuka pikiran saya, memperluas jaringan, yang tentunya hal ini menjadi bekal kedepannya, apalagi nanti harus siap ditempatkan di seluruh Indonesia, yang tentu akan menunjang karir saya kedepannya. Yang ketiga antara mungkin dan tidak mungkin. Pengen banget rasanya ngelanjutin kuliah di ITS, ya bagi saya pendidikan itu penting, kalau mungkin kenapa enggak. Cuma ada beberapa hal yang mengganjal. Yang lain-lainya seperti terlibat dalam kegiatan sosial, bantu-bantu di organisasi yang diikuti, lebih mendalami lagi pelajaran di kuliah supaya gak jadi lulusan yang abal-abal, prepare untuk kerja dan karir dan masih banyak opsi-opsi lain, tentunya bukan menikah lahyaaaaa. Hahaha.

Maafkan spam ini, kalau kamu baca, terus mau kasih saran-saran boleh banget, karena jujur masih butuh banget banyak pertimbangan.

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.