5 Penyebab Vario Bergetar Saat tarikan Awal [Ternyata Ini!!]

5 Penyebab Vario Bergetar Saat tarikan Awal — Untuk pemilik sepeda motor honda vario, pastinya anda pernah mengalami hal yang serupa seperti pada saat mesin dinyalakan terjadi getaran yang tidak normal pada sepeda motor. Jika hal tersebut terjadi tentu saja ada sebuah masalah atau kendaa yang terjadi pada sepeda motor honda vario.

Vario Bergetar Kotor

Terus dari manakah sumber masalah seperti getaran yang muncul tersebut ?, karena biasanya penyebab utamanya adalah pada bagian roller serta v-belt yang sudah mengalami keausan atau kerusakan ataupun sudah melewati masa dan batas usia pakai. Tetapi sering kali meskipun sudah diganti ternyata getaran tidak hilang atau sembuh.

Lalu bagaimanakah cara untuk mengatasinya?, berikut inilah penyebab serta sumber dari getar yang ditimbulkan dari sepeda motor Honda vario tersebut.

Penyebab Getaran Pada Honda Vario

1. Kerusakan Pegas CVT

Pada bagian pegas CVT yang kondisinya sudah melar dapat mengakibatkan getaran menjadi tidak normal serta dapat mengurangi tenaga yang dihasilkan. maka untuk mengatasinya adalah dengan mengganti pegas yang sudah melar dengan pegas yang baru.

2. Masalah Pada Driven Pulley

Getaran yang terbilang cukup tinggi ini juga bisa menjadi indikasi bahwa Driven Pulley sudah mengalamai keausan, maka cek terlebih dahulu, jika memang Driven Pulley sudah tidak layak pakai maka segera ganti.

3. Masalah Oil Seal Pada Driven Pulley

Jika pada drive belt terkena oli, maka dapat disebabkan oleh seal pada driven pulley yang memang sudah bocor. Bocornya oli ini memang akan mengganggu sekali kinerja drive belt maka akan dapat menimbulkan getaran pada sepeda motor.

4. Bosc Pada Crank Case Atau Poros Engkol

Bila bosc tersebut sudah mengalami aus maka saat putaran poros engkol yang tidak stabil atau oblak) inilah yang menyebabkan getaran pada sepeda motor vario ketika berjalan.

5. Kesalahan Saat Servis Sepeda Motor

Mungkin kesalahan ini jarang diketahui mekanik serta pemilik kendaraan bermotor tipe matic, kesalahannya pada saat motor di standar dua dan mengegas motor atau bahasa kerennya blayer gas.

Pada saat ban berputar cepat tiba-tiba direm secara mendadak, memang kelihatannya sepele akan tetapi saat mengerem mendadak pully bagian belakang akan berhenti mendadak, dan efeknya pully belakang menjadi oleng.

Jika hal itu terjadi pada saat berjalan otomatis sepeda motor matic akan bergetar.

Demikian informasi tentang terjadinya getaran pada Honda vario, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda, terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.

Baca Juga Artikel: