[MUDAH] Cara Memperbaiki Ban Mobil Habis Sebelah /Tidak Rata

Cara Memperbaiki Ban Mobil Habis Sebelah /Tidak Rata — Ban mobil yang habisnya tidak rata memang mengindikasikan bahwa ada yang tidak normal pada salah satu komponen kaki-kaki mobil. bukan hanya ban habisnya tidak rata, tetapi habisnya tidak normal juga akan membuat ban menjadi cepat habis serta boros.

bagaimana cara memperbaiki ban mobil yang habis tidak rata atau ban habis sebelah baik itu bagian luarnya atau bagian dalam saja. berikut ini adalah caranya.

Ban Mobil Tidak Rata Sporing

Ban yang habis sebelah dapat diakibatkan oleh kerusakan pada Ball joint, Tie rod, Karet bos sayap serta Rack End. Bahkan bukan cuma itu saja, jika setelan keselarasan ban juga sudah tida pas maka bisa mengakibatkan ban menjadi habis sebelah.

Cara Memperbaiki Ban Mobil Habis Sebelah / Tidak Rata

Untuk memperbaiki ban mobil yang habis tidak rata yang harus dilakukan anda mencari dulu apakah yang rusak atau aus dikomponen kaki-kaki mobi. caranya anda mendongkrak mobil anda. Dalam mendongkrak posisinya jangan dari sayap tapi dari chasisnya.

Dongkrak sampai ban menggantung. selanjutnya goyangkan ban ke kanan kiri serta atas bawah. jika ada yang goblak langsung periksa. apakah yang goblak. bagian yang goblak pada Kaki-kaki mobil baik itu Tie rod, ball joint, dan bos sayap dapat membuat keselarasan roda kanan serta kiri berubah.

Ban Mobil Tidak Rata Balancing

Setelah diperiksa semua bagian yang goblak pada kaki-kaki mobil, selanjutnya dalam posisi ban tidak didongkrak, maka lihat posisi berdirinya ban. Kondisi ban lurus atau miring.

Jika ban miring biasanya ball joint mengalami aus atau oblak tetapi jika sudah menggantinya kemungkinan masalahnya dari sayap. Memang untuk beberapa jenis mobil seperti kijang terdapat setelan di baut sayap yang dapat digeser.

Jika ban sudah tegak lurus, maka yang harus dilakukan tinggal menyelaraskan kembali roda kanan serta kiri. istilah kerennya adalah Spooring.

untuk melakukan pengerjaan spooring ini tentu untuk mendapatkan hasil yang akurat anda harus membawa mobil ke bengkel khusus Spooring.

Berikut ini adalah sekilas tentang cara spooring mobil sederhana ini pada pengerjaanya hanya menggunakan kunci yang digunakan untuk mengendurkan mur pengunci batang terot serta untuk pengukuran bisa memakai meteran serta benag kasur yang biasa dipakai untuk proyek bangunan.

Cara Spooring Roda Mobil Pakai Meteran dan Benang

  • Spooring Pakai Benang

Untuk Spooring memakai benang cukup mudah. caranya tinggal mencari saja benang kasur yang biasa digunakan buat di bangunan. Lingkarkan benang tadi ke semua roda. Kemudian ikat ujung2 benang bisa dengan per atau pada bagian lain yang penting benang dapat melingkari kesemua bagian roda. Dan posisi benang di tengah diameter ban.

perhatikan posisi benang antara ban depan dan ban belakang, posisi benang tidak boleh menyentuh bagian yang bagaimana cara menyetel. tidak boleh terlalu kendor dan gak juga renggang.

cara menyetelnya dilakukan pada Tie Rod . pada tie rod atau terdapat mur pengunci, kendurkan dan putar batang yang menyambung pada terot tersebut. bagian yang harus pas tidak boleh kendor dan juga renggang dari benang.

Spooring Pakai Meteran

Jika untuk yang menggunakan meteran ini banyak yang menggunakanya di mobil besar seperti truk. karena truk ban belakang double jika pakai benang tidak bisa lurus.

cara ini juga dapat dilakukan jika mobil anda tidak pakai jenis atau ukuran ban yang sama dengan depan dan belakangnya. Cara untuk menyetelnya diukur dengan meteran. pada ban depan bagian depan serta belakangnya. ukurannya di samakan. untuk menyetelnya mulai dari tie rod atau terot

caranya cukup mudah serta hasil yang didapat juga dapat memuaskan. tetapi tetap hasil yang lebih akurat tentu menggunakan alat khusus seperti yang terdapat pada bengkel spooring yang sudah menggunakan mesin atau alat yang canggih.

Ban Mobil Tidak Rata Kendala

Demikian informasi tentang cara mengetahui ban mobil tidak rata, semoga dapat menambah wawasan dalam dunia otomatif, terimakasih sudah mengunjungi artikel ini

Baca Juga Artikel: