Memajukan Komunitas di WebUnConfID 2018

Halo halo, hari ini saya mau bahas panjang lebar mengenai event webunconfid2018. Sebelumnya apa sih webunconfid2018? Kok ribet banget penamaannya. Kepanjangan dari webunconfid2018 adalah Web Unconference Indonesia 2018, sebuah event keren yang digawangi oleh seorang Developer Advocate / Web Developer Relations dari Google, yaitu om Yohan Totting, dengan mendatangkan beberapa developer TOP skala nasional untuk berkumpul bareng di satu tempat dalam dua hari. Event ini diadakan berdasarkan dua konsep, pertama mengenalkan web technology modern yang digadang gadang mampu meningkatkan kualitas sebuah web dengan konsep Progressive Web App. Yang kedua mengumpulkan leader (atau seseorang yang aktif) dalam sebuah komunitas programmer untuk kumpul bareng dan membicarakan / membahas segala hal mengenai komunitas, tujuannya untuk memajukan dan menambah kualitas dari sebuah komunitas IT di Indonesia.

Apa aja yang dibahas?

Progressing Web Apps adalah sebuah konsep modern dari sebuah website dengan mengedepankan User Experience yang menggabungkan teknologi terbaik dari web dan aplikasi, untuk lebih jelasnya bisa mampir disini. Nah di event ini kita semua membahas mengenai kekuatan PWA dalam sebuah website, masalah apa yang sering ditemui ketika menerapkan PWA, manfaat apa saja yang didapat dari PWA, dll.

Yang kedua, event ini juga membahas tentang seluk beluk luar dan dalam sebuah komunitas IT di Indonesia, mulai dari hambatan apa yang sering di temui di dalam komunitas, bagaimana cara meningkatkan kualitas materi ketika meetup, bagaimana meningkatkan minat member dalam berkomunitas dan berkontribusi, dan sebagainya.

Saya mewakili komunitas Laravel Indonesia

Oh iya, event ini ga bisa sembarang orang bisa ikut, karena om Yohan sendiri yang secara personal mengundang para peserta nya. Di komunitas Laravel Indonesia sendiri ada 3 orang yang dapat invitation langsung dari om Yohan, yakni saya, mas Ramadhan dan mas mas Nipe Harefa. Singkat cerita karena saya orang nya aktif di komunitas, membantu jawab jawab pertanyaan temen temen di komunitas, diskusi di grup via chat, dll jadi om Yohan ngajakin saya untuk ikut event ini :D.

Berangkat bertiga

Dari Surabaya ada 3 orang yang dapat invitation, saya, mas Amirul dari Kawankoding / SidoarjoDev, dan mas Arryangga Aliev (SurabayaDev). Berangkat setelah Isya dan sampai di Jogja dini hari jam 00.00 tanggal 29 September 2018 :D. Sesampai nya disana ketemu guru saya yang udah stay juga, mas Fariz Rizaldy kemudian di susul om Sandhika Galih dari Channel Youtube Web Programming UNPAS dan temen temen lainnya, keren kan? haha

Kegiatan hari pertama

Kegiatan hari pertama ini lebih fokus kepada permasalahan — permasalahan yang sering muncul di konsep PWA dan komunitas. Kita 50 orang peserta melakukan diskusi untuk mengumpulkan sebanyak banyaknya permasalahan yang terjadi di sebuah komunitas IT, setelah itu juga mengumpulkan permasalahan dan pertanyaan yang masih mengganjal mengenai modern web.

Kegiatan hari kedua

Pada hari kedua ini peserta event berdiskusi dan mendapatkan insight dan solusi dari om Yohan mengenai permasalahan — permasalahan yang dikumpulkan di hari pertama. Setelah itu, biasa lah bisa kalian tebak sendiri apa acara berikut nya, yaaaaakkkk foto foto haha.

Manfaat yang didapatkan

Banyak sekali yang bisa saya dapatkan, beberapa diantaranya adalah

  1. Mendapatkan ilmu dan insight baru dari beberapa teman teman keren disana.
  2. Mendapatkan banyak sekali teman teman baru yang dengan mudah membagikan ilmu mereka.
  3. Bisa bertemu dengan developer — developer keren tingkan nasional :D. Jadi bisa tanya tanya langsung mengenai teknologi yang kadang masih menjadi pertanyaan besar buat saya.
  4. Mendapat sebuah dorongan besar bagaimana memanajemen komunitas dan berkontribusi didalam komunitas.