Membuat Image Slider Dengan ViewPager

Karna beberapa ada yang bertanya bagaimana cara membuatnya kali ini saya coba sempatkan untuk membuat tutorial nya dan mudah — mudahan bisa bermanfaat buat kamu semua.

Jadi bagaimana cara kerja dari slider ini? Sebenarnya cukup simple kita hanya perlu membuat infinitive viewpager dan kemudian kita tambahkan handler untuk auto scroll view nya. Akan tetapi kadang memang yang kita anggap spele dan mudah itu tidak seperti yang kita bayangkan. So memang ini sedikit ribet tapi bisa kita buat kok. Yuk kita langsung coding aja gimana cara buat nya.

SliderView

Ok disini yang pertama kita mau buat sliderview yang kita extends dari view pager ini berfungsi untuk kita mencustom scroll dari view pagernya, karena secara default scroll view pager yang ini terlalu cepat dan kita tidak bisa mengaturnya untuk itu kita perlu mengcustom sendriri.

SliderPagerAdapter

Seperti yang kita ketahui untuk menggunakan view pager kita perlu yang namanya view pager. Nah SliderPagerAdapter ini akan kita gunakan sebagai view pager dari slider yang akan kita buat yang fungsinya akan membuat efek slider terus — menerus.

SliderIndicator

Nah slider indicator ini akan kita gunakan untuk membuat titik — titik yang akan bergerak sesuai dengan perubahan atau pergerakan slider yang akan kita buat. Ini juga bisa kamu custom jika kamu ingin indicator yang lebih keren mungkin.

FragmentSlider

Nah untuk segala view yang akan kita buat di slider kita nantinya akan kita tampung semua di fragment slider ini. Dan yang perlu di perhatikan simpan semua data yang akan kamu gunakan di fragment ini dengan menggunakan class Bundle jangan langsung di injectkan ke constractur dari fragment ini. Karena fragment ini ketika di buat objectnya harus memiliki constructor yang kosong atau tidak memiliki parameter.

Implementations

Ok sekarang kita sudah selesai membuat core dari slider yang akan kita buat dan waktunya untuk mengimplementasikan nya. Yang pertama kita buat adalah untuk layoutnya seperti berikut ini.

Dan berikut ini installasi di activity.

Dan apa yang akan terjadi adalah seperti ini.

BOOMMMM gimana jadi kan? Mudah to? :D :D :D

Yups segini aja untuk sourcenya silahkan download disini ya.

Silahkan di share tutorialnya ke media social kalian siapa tau ada yang mengalami masalah yang sama pingin buat slider jua. Dan sampai jumpa di tutorial — tutorial selanjutnya ya guys. And don't forget to happy codingss.

Show your support

Clapping shows how much you appreciated Ahmad Rosid’s story.