Pengenalan dan dasar Pemrogramman Swift

Swift adalah bahasa pemrogramman yang di kembangkan oleh apple untuk di gunakan untuk mengembangkan aplikasi yang akan berjalan di iOS maupun OS X. Bahasa pemrogramman ini di kenalkan oleh apple pada acara WWDC tahun 2014 yang lalu, dan sampai saat ini swift adalah bahasa pemrogramman yang paling banyak di gunakan developer untuk mengembangkan aplikasi di IOS.

Berikut ini adalah beberapa website yang bisa kita kunjungi untuk memulai belajar tentang bahasa pemrogramman Swift ini :

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit basic atau dasar dari bahasa pemrogramman swift ini.

Hello World

Pada umumnya semua developer pasti sudah terbiasa apa hal pertama yang akan di pelajari ketika ingin memulai mendalami bahasa pemrogramman. Ya salah satu yang paling umu yang biasa kita pelajari adalah membuat Hello World. Berikut ini adalah cara bagaimana membuat aplikasi Hello World dengan swift.

Membuat Hello World secara cepat bisa dengan mengetikkan code di bawah ini :

print(“Hello World”)

Atau kita juga bisa dengan menggunakan variable :

let hello: String = “Hello world”
print(hello)

Penggunaan let dan var

Dalam bahasa pemrogramman swift ada dua cara dalam membuat atau mendefinisikan sebuah variable ya itu kita bisa menggunakan let dan var. Berikut ini adalah perbedaan antara let dan var dan kapan kita harus menggunakan let atau var ini.

  • let
    Pada saat kita ingin membuat sebuah variable yang bernilai constant atau tidak akan berubah nilainya maka kita bisa menggunakan let. Jadi setiap variable yang kita buat dengan menggunakan let maka sebuah variable tersebut tidak akan berubah nilainya. Berikut ini adalah contoh membuat sebuah variable dengan menggunakan let :
let umur: Int = 23
  • var
    Dengan menggunakan var ini kita bisa mengubah atau memanipulasi data atau variable nya. Gunakan var ini ketika kita ingin membuat sebuah variable yang datanya atau nilainya akan dinamis atau berubah — ubah. Dan berikut ini cara membuat sebuah varibale dengan menggunakan var :
var jumlahKunjungan: Int = 12

Pada umumnya lebih baik kita menggunakan let jika kita akan membuat sebuah variable, akan tetapi jika variable akan berubah nilainya gunakan let.

Penggunaan Angka

Dalam programming hal yang tidak mungkin kita hindari adalah perhitungan, dan dalam perhitungan pasti berhubungan dengan angka. Nah untuk itu kita perlu memahami bagaimana menggunakan angka untuk setiap data — data yang akan kita olah nantinya. Secara umum type angka yang perlu kita pahami adalah Int dan Double.
 
 — Int (Integer) adalah angka pasti yang bernilai jelas dan type angka ini adalah type angka yang sangat umum di gunakan. Berikut ini adalah cara membuat angka :

let nilaiTerendah: Int = -12
let nilaiTertinggi: Int = 45

- Double adalah angka yang memiliki pecahan, angka ini biasanya angka yang memiliki koma koma di belakangnya. Berikut ini adalah cara membuat data Double pada swift :

let pi: Double = 3.145159
let billAmount: Double = 10.25

String

Salah satu hal lagi yang juga sudah pasti akan kita gunakan pada saat kita mengembangkan sebuah aplikasi adalah String yang mana string ini adalah kumpulan dari beberapa huruf. Berikut ini cara menggunakan String :

let hello: String = “Hello”
let world: String = “World”

Kita juga bisa melakukan string interpolation atau memasukan variable kedalam sebuah string yang akan kita buat. Berikut ini contohnya :

let hello: String = “Hello”
let world: String = “World”
let helloWorld: String = “\(hello) \(world)”

Atau cara lebih simplenya juga bisa menggunakan simbol plus (+) dalam menggabungkan sebuah string :

let hello: String = “Hello”
let world: String = “World”
let helloWorld: String = hello + “ “ + world

5. Booleans

Salah satu bagian logika pemrogramman adalah percabangan dan jika kita berurusan dengan sebuah percabangan maka kita harus memahami sebuah type data yang di sebut dengan Booleans yang mana hanya memiliki dua nilai yaitu benar dan salah. Berikut ini adalah cara membuat sebuah data Booleans :

let isHard: Bool = false
let isEasy: Bool = true

6. Arrays

Berurusan dengan data kita pasti akan berjumpa dengan data yang berjumlah banyak atau lebih dari satu, dan dalam dunia programming kita mengenal yang namanya array yang di gunakan untuk menyimpan sebuah data yang berjumlah banyak atau lebih dari satu. Berikut ini adalah cara membuat sebuah data array pada swift :

Membuat data array :

var nomorPunggung: [Int] = [12, 7, 6, 8, 20 ,1]

Memambahkan data baru pada sebuah array :

nomorPunggung.append(99) // [12, 7, 6, 8, 20 ,1, 99]

Mendapatkan jumlah dari sebuah array seperti berikut ini :

let count = nomorPunggung.count // 8

Mendapatkan data dari index array

let nomorPunggungPertama = nomorPunggung[0] // 12

Dictionaries

Dictionaries adalah sebuah data yang berbentuk key — value, pada kondisi tertentu kita akan lebih mudah menggunakan dictionary untuk pengolahan data pada aplikasi yang kita kembangkan. Misalnya kita memiliki sebuah data orang yang memiliki nama dan usia berikut ini cara bagaimana kita menyelesaikan masalah itu dengan membuat sebuah data dictionay :

let cindy: [String: String] = [
"name" : "Cindy",
"age" : “12th"
]

Dan berikut ini adalah cara untuk mengambil data dictionary

let cindyAge = cindy["age"]

Dan seperti berikut ini jika ngin merubah datanya

cindy["name"] = "Cindy syantikk"

Specifying Types

Dalam membuat sebuah variable pada swift bisa kita lakukan dengan dua cara yaitu memberi type data secara manual atau secara otomatis. Berikut ini adalah contoh membuat sebuah variable tersebut :

Manual

let name: String = "cindy"
let age: Int = 23

Otomatis

let name = "cindy"
let age = 23

Akan tetapi jika kita membuat object data dari sebuah class yang kita buat sendiri kita perlu membuat type variable itu secara manual, karena penetuan type data secara otomatis ini hanya bisa di gunakan type data dasar dari swift seperti integer, string, double, dan yang lainya.

Any and AnyObject

Any and AnyObject adalah sebuah type instance dari object yang ada pada swift. Any and AnyObject ini digunakan untuk object dari type data dan type class. Berikut ini adalah penjelasanya :

  • Any merepresentasikan dari semua bentuk object bisa type data seperti Int String dan yang lainya.
  • AnyObject merepresentasikan dari sebuah object class, tidak bisa digunakan untuk Int, String dll.

Optionals

Optionals adalah sebuah konsep dasar yang penting dalam pemrogramman dengan menggunakan swift untuk membuat codingan kita menjadi lebih baik. Caranya cukup sederhana dengan hanya menambahkan simbol tanda tanya (?) setelah type data. Optionals ini memungkinkan untuk kita gunakan dalam dua kondisi berikut ini :

  1. Ada sebuah data yang berbeda type data misalkan String akan tetapi masih mengandung data yang akan di buat optional misalnya Int.
  2. Ada sebuah data yang berbeda type data akan tetapi tidak bisa atau tidak mengandung data yang akan di optional.

Berikut ini contohnya :

let sourceData: String = "12"
let sourceIntOptionalData: Int? = Int(sourceData) // 12
let sourceData: String = “12absc”
let sourceIntOptionalData: Int? = Int(sourceData) // nil

Kita juga bisa memberikan percabangan untuk mengecek apakah optional ini nilai datanya sesuai dengan yang di harapkan atau tidak, berikut ini caranya

if let benarAngka = sourceIntOptionalData {
print(“Benar itu adalah angka”)
}else{
print(“Salah itu bukanlah angka”)
}

Functions

Untuk memperudah kita dalam mengembangkan sebuah aplikasi maka kita perlu mengelopmpokan code — code yang kita tulis ke dalam sebuah funtion atau method. Berikut ini adalah cara dalam membuat sebuah fungsi pada swift :

func sapa(){
print(“Hello world”)
}
sapa()

Sebaiknya ketika kita membuat sebuah fungsi atau method ketika kita memanggil sebuah fungsi tersebut kita memgil pada baris berikut nya. Kita juga bisa membuat sebuah fungsi dengan sebuah parameter seperti berikut ini :

func panggil(sapaan: String) -> String{
return “Hello \(sapaan)”
}
let panggilCindy: String = panggil(“Cindy”)

Sampai disini dulu pengenalan dasar swift ini kita lanjut pada tulisan selanjutnya.

Show your support

Clapping shows how much you appreciated Ahmad Rosid’s story.