Tips Jitu Sewa Kantor di Jakarta

Suasana kerja di ruang kantor

Tips sewa kantor di Jakarta yang sangat jitu.

Memiliki tempat bisnis sendiri menjadi cita-cita bagi setiap pebisnis atau pengusaha. Namun tidak pebisnis bisa membuat atau membangun tempat bisnis sendiri untuk menjalankan bisnisnya apalagi dengan keterbatasan anggaran. Oleh karena sebab itu para pebisnis harus menyewa sebuah ruang usaha untuk merealisasikan bisnisnya tersebut agar bisnis yang mereka kembangkan bisa berjalan dengan baik. (sewa kantor di Jakarta)

Jakarta adalah pusatnya bisnis di Indonesia, di kota ini banyak sekali perusahaan yang memiliki kantor sebagai lokasi untuk mengembangkan bisnis. Keputusan sewa ruang kantor di Jakarta adalah hal yang benar, karena banyak potensi dan kesempatan yang ada di Ibu Kota Indonesia ini. Akan lebih potensial dan juga realistis bila bisnis Anda kembangkan berada di sebuah lokasi atau tempat yang tepat.

Berikut ini beberapa cara atau tips mencari sewa kantor di Jakarta yang tepat:

1. Luas ruang kantor
Luas ruang kantor sebagai mobilitas bisnis haruslah disesuaikan dengan fungsinya, apakah itu hanya untuk layanan pelanggan, transaksi jual beli, atau ruang kantor yang Anda butuhkan nantinya juga digunakan sebagai ruang seminar, training, workshop, dan gathering. Jika ruang kantor hanya akan digunakan sebagai tempat bertemu dengan klien atau prospek saja, sebaiknya Anda memilih ruang kantor yang tidak begitu luas, namun tetap memberikan kenyamanan bagi karyawan. Yang terpenting, ruang kantor yang Anda sewa dapat menampung seluruh karyawan Anda, agar hal tersebut dapat meminimalisir anggaran.

2. Harga sewa kantor
Harga sewa properti kota-kota besar di Indonesia, terutama di Jakarta selalu naik setiap tahunnya. Harga sewa kantor biasanya di pengaruhi oleh lokasi, kondisi bangunan, dan fasilitas yang diberikan. Agar efisien, Anda bisa memilih beberapa pilihan ruang kantor untuk dijadikan perbandingan harga, agar Anda bisa menemukan harga sewa kantor yang murah atau masuk akal. Anda bisa mendapatkan informasi harga sewa kantor dari agen property, media cetak, dan internet atau website media property seperti ipapa.co.id.

3. Lokasi Kantor
Lokasi kantor sangatlah penting, karena ini akan berhubungan dengan target pasar dan strategi pemasaran. Pilih lokasi kantor yang ramai adan strategis, sehingga alamat kantor Anda dapat dengan mudah ditemukan oleh klien Anda. Alamat kantor yang strategis juga akan meningkatkan image perusahaan.

4. Kondisi gedung yang disewa
Ketika Anda memutuskan sewa ruang kantor yang murah, pastikan kondisi ruang kantor tersebut masih kondisi yang bagus dan layak ditempati. Setidaknya Anda tidak perlu melakukan perbaikan ataupun renovasi kantor hingga masa kontrak sewa ruang kantor selesai. Jika ruang kantor yang akan Anda sewa dalam kondisinya jelek, tentunya akan memerlukan dana tambahan untuk memperbaikinya sehingga anggaran bisa membengkak.

5. Fasilitas penunjang
Pastikan terlebih dahulu apa saja fasilitas penunjang yang ada jika Anda sewa kantor di dalam gedung perkantoran. Dengan fasilitas penunjang yang memadai, tentunya akan memudahkan aktifitas bisnis Anda. Fasilitas penunjang yang harus ada diantaranya adalah bank, ATM center, kantor pos, mini market, food court, kantin, lahan parkir, lift penunmpang dan barang, function hall dan fasilitas penunjang lainnya. Usahakan Anda memilih ruang kantor yang all in one business pack, artinya semua aktifitas bisnis bisa dilakukan dalam satu lokasi.

6. Keamanan lingkungan kantor
Faktor keamanan lingkungan kantor juga harus Anda perhatikan. Karena faktor keamanan adalah hal yang penting dalam kelangsungan bisnis Anda, serta berpengaruh terhadap ketenangan dan kenyamanan karyawan Anda dalam bekerja. Keamanan yang dimaksud adalah perlindungan terhadap adanya aksi-aksi intimidasi dari pihak yang tak bertanggung jawab dan juga aman dari resiko terkena bencana alam seperti tanah longsor atau banjir.

7. Perjanjian sewa kantor
Diperlukan perjanjian tertulis atau surat kontrak bermaterai yang mengatur hak-hak serta kewajiban pihak penyewa (tenant) dan si pemilik gedung. Hal-hal serta semua ketentuan perjanjian kedua belah pihak harus ditulis dengan jelas baik itu mengenai harga sewa kantor, periode sewa kantor, ongkos perawatan, ketentuan perbaikan atau renovasi serta pihak mana yang akan membayar biaya pajak dan hal-hal lainnya terkait permasalahan yang akan muncul di kemudian hari selama masa sewa.

Itulah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan sebelum akan sewa kantor sebagai tempat untuk mengembangkan bisni Anda. Salam sukses