Bahaya Anak Susah Makan

Selamat datang di halaman resmi medium.com yang dapat membantu Anda untuk mencari solusi kesehatan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai bahaya anak yang susah makan. Anak yang sudah makan memang sering terjadi namun apakah Anda tahu bahaya anak yang terus menerus menolak untuk makan ? mari kita simak di bawah ini.

Bahaya Anak Yang Susah Makan

Anak usia balita merupakan masa bermain. Pada masa ini, anak kadang lebih tertarik terhadap mainan dibandingkan makanan. Perlu kiat khusus untuk menghadapi ini.

Melihat anak susah makan, tentu dapat membuat orangtua menjadi resah. Namun seringkali para orang tua memaksa anak — anaknya untuk makan maupun menghabiskan makanannya.

Bagi orang tua yang sering melakukan hal tersebut, sangatlah di sayangkan karena hal tersebut bukan solusi untuk membuat si buah hati menjadi lahap makan.

Penyebab umum anak susah makan

  1. Kebanyakan jajan diluar
  2. Merasa bosan dengan menu makanan
  3. Sedang sakit plu atau batuk
  4. Tidak mendapatkan perhatian khusus dari orang tua
  5. Keenakan makan diluar

Penyebab anak susah makan seperti di atas, merupakan penyebab umum yang sering di alami oleh kebanyakan anak anak.

Bahaya anak yang susah makan

  1. Timbulnya penyakit
    Kekurangan nutrisi menyebabkan anak lebih rentan terserang berbagai penyakit. Endah mengatakan sulit makan pada anak berusia kurang dari 11 tahun yang tidak ditangani secara tepat berisiko meningkatkan penyakit saat mereka dewasa.
  2. Menghambat pertumbuhan
    Nutrisi sangat memengaruhi pertumbuhannya. Kurang makan yang berarti kurang nutrisi akan menghambat atau justru menghentikan tumbuh kembang anak, khususnya pada penambahan berat dan tinggi badan.Penghambatan pertumbuhan tinggi badan anak akan berefek buruk permanen jika anak mengalami sulit makan pada usia empat tahun.
  3. Timbulnya penyakit
    Kekurangan nutrisi menyebabkan anak lebih rentan terserang berbagai penyakit. Endah mengatakan sulit makan pada anak berusia kurang dari 11 tahun yang tidak ditangani secara tepat berisiko meningkatkan penyakit saat mereka dewasa. Sebanyak 86 persen anak yang mengalami sulit makan berisiko mengalami serangan penyakit saat usia 20 tahun, 43 persen pada usia 16–20, dan 33 persen antara usia 11–15 tahun.
  4. Timbulnya gangguan makan
    Sulit makan berkelanjutan juga akan menyebabkan terjadinya tiga gangguan utama terkait makan, seperti makan berlebihan secara kompulsif atau binge eating disorder, anoreksia dan bulimia, keduanya kelainan muntah sesudah makan yang dialami saat anak beranjak dewasa.

Itulah beberapa bahaya anak susah makan. Jika beberapa gejala di atas dialami oleh anak bunda segeralah Anda mengambil tindakan yang tepat dan efektif.

Demi menjaga kesehatan dan agar tidak beberapa hal yang dapat terjadi yang tidak di inginkan.

Sumber Postingan : https://goo.gl/j14m33